Minggu, 22 November 2020

Bio Farma Dapat Izin Darurat Vaksin Polio Pertama dari WHO

 PT Bio Farma (Persero) telah mendapatkan Emergency Use Listing (UEL) atau izin penggunaan darurat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk vaksin polio nOPV2. Izin tersebut merupakan EUL pertama yang diberikan WHO untuk vaksin.

Menurut Juru Bicara Satgas COVID-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr. Reisa Broto Asmoro, vaksin baru polio produksi Bio Farma tersebut telah didaftarkan WHO dalam penggunaan darurat di berbagai belahan dunia.


"WHO telah resmi mendaftarkan vaksin polio terbaru produksi Bio Farma dengan sebutan nPOV2 ke dalam daftar penggunaan darurat untuk digunakan di berbagai belahan dunia. Terutama untuk membantu melenyapkan polio di negara-negara Afrika," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (17/11/2020).


Hal ini ia ungkapkan dalam Dialog 'Perhitungan Rugi-Rugi Kena Penyakit' di Media Center Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).


dr. Reisa menilai produksi vaksin polio ini akan menyelamatkan banyak anak di dunia yang terkena penyakit polio. Sehingga keberadaan vaksin juga diharapkan dapat melenyapkan penyakit polio di dunia.


Sebagai informasi, selain mewabah di Afrika, negara-negara di wilayah Mediterania Timur, Pasifik Barat dan Asia Tenggara juga terkena dampak wabah polio. Mengutip situs resmi WHO, dunia telah membuat kemajuan luar biasa menuju pemberantasan polio dengan mengurangi kasus polio hingga 99,9% dalam 30 tahun terakhir.

https://nonton08.com/movies/conjuring-curse/


Hadapi Lonjakan Kasus COVID-19, Jateng Tambah 520 Kamar Isolasi


 Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan menambah 520 kamar isolasi untuk menangani pasien COVID-19. Selain itu ruang ICU juga akan ditambah 104 kamar.

Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo usai rapat penanganan COVID-19 di kantornya. Ia menjelaskan per rumah sakit yang ditunjuk akan ditambah 10 ruang isolasi. Sedangkan untuk ICU masing-masing ditambah 2 ruangan.


"Kalau tempat tidur tambah 10 per rumah sakit dikali rumah sakit yang ditunjuk jadi ada tambahan 520. ICU-nya 2. Dua itu kurang lebih nanti ada sekitar 104," kata Ganjar di kantornya, Selasa (17/11/2020).


Ganjar mengakui memang sempat ada kabar mengejutkan soal data lonjakan kasus Corona di Jateng. Tercatat di minggu ke-44 ada tambahan 2.319 kasus, minggu ke-45 naik 3.903 kasus dan minggu ke-46 sekitar 3.646 kasus.


"Kemarin kita tinggi sekali ya, di koran serem. Kita cek ada data delay yang lumayan. Data delay lumayan, jadi kalau data delay dimasukin jadi satu ada peningkatan tinggi. Berikutnya, hasil tesnya kita makin bagus maka ya kemungkinan besar penambahan akan makin kelihatan," jelas Ganjar.


Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo mengatakan penambahan ruang isolasi tersebut akan beserta dengan peralatannya.


"Dari pertemuan dengan direktur rumah sakit milik pemerintah daerah ada 52 itu sepakat ada penambahan. Itu juga dengan alatnya seperti ventilator dan lainnya," kata Yulianto.


Waduh! Norovirus Kembali Serang Warga China, 30 Anak Terinfeksi


 Infeksi norovirus lagi-lagi menyerang masyarakat di China. Kali ini dilaporkan 30 siswa di Sekolah Menengah Fuzhou 40 di Provinsi Fujian dinyatakan terinfeksi norovirus.

Seorang warga Fuzhou mengatakan pada media lokal Strait News bahwa sejumlah siswa di sekolah tersebut telah menderita diare sejak Selasa pekan lalu. Pihak sekolah kemudian menyebut diare tersebut disebabkan infeksi norovirus.


"Semua siswa di sini makan dari sekolah jadi kami menduga ada yang salah dari makanan kantin sekolah. Sekolah akhirnya meliburkan kelas selama dua hari," kata seorang warga bernama Chen.


Zhang, selaku kepala sekolah, membenarkan telah terjadi wabah norovirus yang terkonsentrasi di sekolah tersebut.


Ia membantah wabah norovirus terjadi akibat sanitasi yang buruk di sekolah. Zhang meyakini infeksi norovirus adalah masalah epidemiologis dan tidak ada hubungannya dengan makanan siswa-siswi yang disediakan oleh katering sekolah.


"Sampai Kamis siang, semua sudah sembuh, kecuali satu siswa yang masih sakit ringan," kata Zhang.


Ini bukan kali pertama China kembali diserang wabah norovirus. Pada 29 Oktober lalu, sejumlah pelajar taman kanak-kanak di Provinsi Liaoning, timur laut China, terinfeksi norovirus. Hal itu menyebabkan taman kanak-kanak tersebut ditutup sementara.


Sebelumnya di bulan yang sama, wabah norovirus juga menyerang sebuah universitas di Provinsi Shanxi, utara China.


Norovirus adalah penyakit yang sangat menular dan menginfeksi sekitar 685 juta orang di seluruh dunia tiap tahunnya. Pengidap norovirus biasanya mengalami gejala gastrointestinal seperti mual, muntah, sakit perut dan diare dalam waktu 24 jam setelah makan.

https://nonton08.com/movies/curse/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar