Jumat, 13 November 2020

Peneliti Temukan Gejala COVID-19 yang Terasa Saat Makan Pedas

 Semakin banyak pasien COVID-19 yang mengeluhkan gejala tak biasa. Gejala COVID-19 gangguan indra penciuman dan perasa yang semula jarang ditemui, bahkan kini menjadi gejala khas COVID-19.

Baru-baru ini, sebuah penelitian dalam jurnal Chemicel Senses mengungkap gejala COVID-19 yang bisa menyebabkan masalah sensorik. Para peneliti mencatat adanya dampak kemestesis pada pasien COVID-19, apa itu?


Kemestesis adalah sensasi yang diinduksi secara kimiawi yang diaktifkan melalui sistem sentuh.


"Dengan kata lain, sensasi sejuk dari mentol atau iritasi, atau kesemutan atau rasa terbakar dari cabai," sebut peneliti, dikutip dari Express UK.


"Namun, laporan ini telah meremehkan atau gagal membedakan efek potensial pada rasa, mengabaikan kemestesis, dan umumnya kekurangan pengukuran kuantitatif," lanjut peneliti.


Sehubungan dengan hal ini, para peneliti berusaha untuk menyelidiki dampak COVID-19 terkait kemestesis.


Apa kaitan antara kemestesis dan COVID-19?

Untuk menyelidiki kaitan tersebut, para peneliti mensurvei 4.039 pasien memiliki gejala COVID-19 seperti ini. Ada 2.913 wanita, 1.118 pria, dan delapan lainnya, berusia 19 hingga 79 tahun.


Temuan penelitian menunjukkan bahwa kerusakan kemosensori terkait COVID-19 tidak terbatas pada bau tetapi juga memengaruhi rasa dan kemestesis. Namun, hingga saat ini gejala COVID-19 tersebut belum bisa dipastikan menjadi gejala umum yang ditemui pada pasien, beberapa gejala umum atau khas COVID-19 menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang perlu diwaspadai adalah sebagai berikut.


Demam

Batuk kering

Sakit dan nyeri

Sakit tenggorokan

Diare

Konjungtivitis

Sakit kepala

Ruam pada kulit, atau perubahan warna pada jari tangan atau kaki.

Gejala serius meliputi:


Kesulitan bernapas atau sesak napas

Nyeri atau tekanan dada.

https://cinemamovie28.com/movies/triumph-in-the-skies/


6 Langkah Jaga Tahan Tubuh, Yuk Lakukan Setiap Hari


Pandemi COVID-19 sudah berlangsung selama berbulan-bulan. Banyak masyarakat yang kini mulai jenuh karena pandemi pasti membatasi gerak hingga aktivitas keseharian mereka. Selain itu, masyarakat juga saat ini tak bisa beraktivitas normal seperti sebelum pandemi.

Namun yang harus diingat, jenuh bukan berarti harus abai terhadap pandemi. Masyarakat tetap diimbau untuk melakukan langkah-langkah preventif agar tidak mudah terinfeksi virus Coron, misalnya dengan tetapi mematuhi protokol kesehatan hingga menjaga daya tahan tubuh.


Dilansir dari covid19.go.id, ada enam langkah yang bisa dilakukan masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus Corona maupun berbagai penyakit lain. Langkah-langkah mudah ini harus rutin dilakukan ya.


Berjemur di Bawah Matahari


Mumpung lagi rumah aja, jangan lupa untuk menyempatkan berjemur di bawah matahari pagi. Mudah kok, berjemur bisa dilakukan di teras rumah minimal 10-15 menit dan 2 sampai 3 kali dalam seminggu.


Olahraga Rutin


Langkah selanjutnya adalah olahraga rutin setiap hari minimal 30 menit. Olahraga bisa dilakukan di rumah saja atau sekitaran lingkungan rumah serta usahakan jangan membuat kerumunan.


Minum Air Putih


Minum air putih kurang lebih 2 liter per hari ternyata bermanfaat buat menjaga daya tahan tubuh. Perlu diingat lagi yah, air putih dan bukan air yang lain.


Konsumsi Vitamin atau Suplemen


Masyarakat bisa mengonsumsi vitamin atau suplemen tambahan untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Namun sebagai catatan, lebih baik vitamin atau suplemen dikonsumsi sesuai anjuran dokter.


Konsumsi Makanan Sehat dan Gizi Seimbang


Pola makan maupun jenis makanan juga harus dipilih-pilih yah biar tetap sehat. Utamakan konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.


Tidur yang Cukup


Tidur secukupnya itu minimal 7-8 jam per hari. Lalu jangan keseringan begadang dan ingat menjaga kesehatan itu penting di masa pagebluk ini.


Selain menjaga daya tahan tubuh, penting juga buat masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan agar tidak mudah terinfeksi virus. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

https://cinemamovie28.com/movies/get-out/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar