Minggu, 29 November 2020

Satgas COVID-19 Bogor Sebut Habib Rizieq ODP Corona, Samakah dengan Suspek?

  Satgas COVID-19 Kota Bogor mengasumsikan Habib Rizieq sebagai orang dalam pemantauan (ODP) Corona, mengingat munculnya klaster Petamburan.

"Dengan asumsi yang bersangkutan adalah ODP, kenapa kita bilang ODP? Karena, yang bersangkutan dari klaster Petamburan ada ter-update ada 34 yang positif. Maka kita minta kepada yang bersangkutan melakukan swab," ujar Ketua Bidang Penegakan Hukum dan Pendisiplinan Satgas COVID-19 Kota Bogor Agustian Syah kepada wartawan di Kota Bogor, Sabtu (28/11/2020).


Kriteria ODP atau Orang Dalam Pemantauan diberikan kepada mereka yang pernah memiliki kontak erat dengan pasien positif COVID-19 atau orang dengan demam atau gejala pernafasan dengan riwayat dari negara atau area transmisi lokal.


ODP biasanya memiliki salah satu gejala COVID-19. Gejala tersebut adalah gangguan pernapasan, seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan sesak napas. Biasanya, ODP harus menjalani isolasi di rumah dan kondisinya akan dipantau selama dua minggu.


Istilah ODP saat ini sebenarnya sudah tidak digunakan lagi. Dalam pedoman terbaru dari Kementerian Kesehatan, istilah ODP diubah menjadi suspek.


Perubahan ini tertuang dalam Kepmenkes HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease yang disahkan pada Juli lalu. Adapun yang dimaksud dengan suspek yakni:


a. Orang dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan pada 14 hari sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah Indonesia yang melaporkan transmisi lokal.


b. Orang dengan salah satu gejala/tanda ISPA dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala, pernah kontak dengan kasus konfirmasi atau probable COVID-19.


c. Orang dengan ISPA berat/pneumonia berat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit DAN tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan.


Jika dilihat dari statusnya, Rizieq Shihab kemungkinan besar masuk ke dalam kriteria Kontak Erat atau mereka yang pernah kontak dengan kasus probable atau konfirmasi positif COVID-19 adlam radius 1 meter dan dalam jangka waktu 15 menit atau lebih.

https://movieon28.com/movies/vengeance-a-love-story/


Duh, Dokter Ini Dicap Munafik Setelah Rayakan Pesta Ultah Tanpa Masker


Seorang dokter asal Manhattan, Amerika Serikat, baru saja mendapat kritik tajam dari publik. Mikhail Varshavski atau yang lebih populer disapa dr Mike, kedapatan tengah berpesta di sebuah kapal di Miami, AS, tanpa menggunakan masker.

Laporan dari New York Post memperlihatkan dr Mike dengan bertelanjang dada, sedang menikmati sampanye dengan beberapa rekannya tanpa memakai masker. Pesta tersebut disinyalir adalah perayaan ultah dr Mike yang ke-31.


Setelah video dan foto dari acara tersebut viral, publik pun mengecap dr Mike sebagai munafik. Pasalnya dr Mike sebelumnya selalu aktif dalam mensosialisasikan pengunaan masker untuk menghentikan penyebaran COVID-19.


"Ini buruk sekali. Dia menempatkan pasiennya di kondisi yang sangat berbahaya," kata salah satu pengguna Reddit, Emily.


"Kamu seharusnya menjadi contoh. Saya mengagumi dan menghormati Anda. Sekarang semuanya lenyap," kata pengguna lain dengan akun Irisheyez.


Di awal penyebaran virus Corona, dr Mike yang mendapat gelar 'dokter paling seksi' dari majalah People di kuarter pertama 2020 ini kerap berpesan pada publik lewat media sosial dan televisi untuk tidak lengah dan tetap menjalankan protokol kesehatan.


"Tolong, jika Anda pergi keluar di depan umum dan akan berada di sekitar orang lain, kenakan masker. Tidak masalah apakah itu sutra, katun, atau masker bedah. Tujuan dari masker ini adalah untuk membatasi tetesan pernapasan yang Anda keluarkan ke orang-orang sekitar, "jelas dr Mike kepada Maria Bartiroma dari Fox Business pada bulan Juli lalu.


Juru bicara dr Mike memberikan penjelasan pada New York Post bahwa kliennya hanya melepaskan masker ketika menyelam dan berenang. Namun, foto-foto yang beredar memperlihatkan dengan jelas dr Mike duduk dan foto berdekatan dengan banyak orang tanpa mengenakan masker wajah.

https://movieon28.com/movies/500-days-of-summer/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar