Sabtu, 27 Februari 2021

Survei nPerf: Ini Operator Seluler Terbaik Indonesia di 2020

 Tak hanya Speedtest, nPerf juga mengukur performa layanan telekomunikasi operator seluler Indonesia, mulai dari kecepatan internet, performa saat berselancar, hingga soal streaming. Siapa yang juaranya?

Ada lima operator seluler yang dianalisis oleh nPerf ini, yaitu Hutchison 3 Indonesia (Tri), Indosat Ooredoo, Smartfren, Telkomsel, dan XL Axiata.


Untuk mengetahui koneksi internet para operator seluler ini, nPerf menggunakan 1.682.019 tes yang digunakan pengguna lewat aplikasinya, baik versi Android maupun iOS di tahun 2020. Setelah itu, nPerf menyaringnya dengan berdasarkan 1.178/927 pengujian yang relevan.


Sasaran skor nPerf mencerminkan pengalaman pelanggan mengacu pada lima faktor, yakni kecepatan internet unduh, kecepatan internet unggah, latensi, streaming, dan browsing.


Hasilnya secara keseluruhan, Telkomsel yang jadi pemenang operator seluler di 2020, setelah unggul dalam hal kecepatan internet unduh, kecepatan intenet upload, browsing, dan streaming video.


Menurut nPerf, kecepatan internet unduh Telkomsel bisa mencapai 8,2 Mbps, kecepatan internet unduh 5 Mbps, performa browsing terbaik dengan kecepatan 35,3%, dan performa streaming terbaik dengan kecepatan 62,9%.


Sedangkan kategori lainnya, seperti rasio kesuksesan dimenangkan oleh Tri dan urusan latensi dimenangkan oleh Smartfren.


nPerf mengatakan dengan latensi paling baik dari di antara operator seluler Indonesia lainnya, Smartfren dinilai bagus untuk para gamer dan tarif koneksi 4G dan 4G+.


Sebagai catatan, survei yang dilakukan nPerf ini tidak hanya melihat kualitas jaringan 4G saja, tapi juga jaringan 2G dan 3G.


"Ketika kita melihat kecepatan unduh, kami melihat bahwa sebagian besar operator seluler memberikan kecepatan yang dibatasi untuk penggunaan intensif, seperti streaming video dalam definisi tinggi," ujar nPerf.

https://tendabiru21.net/movies/trivisa/


Tokopedia e-Commerce yang Paling Banyak Dikunjungi pada Januari 2021


Platform belanja online Tokopedia memimpin pasar e-commerce atau marketplace di Indonesia dalam hal jumlah kunjungan. Tokopedia unggul di atas Shopee, Lazada, Bukalapak dan lainnya.

Data SimiliarWeb periode Januari 2021 memuat Tokopedia berada di peringkat pertama dalam kategori e-commerce and shopping atau Marketplace di Indonesia. Pada periode tersebut, Tokopedia memiliki traffic share sebesar 32,04% atau naik 14,18%. Lalu marketplace dengan logo burung hantu hijau ini memiliki 129,1 juta pengunjung bulanan.


Kunjungan ke Tokopedia didominasi melalui mobile sebesar 62,7%, sedangkan dari desktop 37,3%. Sementara rata-rata durasi kunjungan ke Tokopedia sebesar 6 menit 37 detik.


Shopee berada di peringkat kedua. Shopee memiliki traffic share sebesar 29,78% dan jumlah kunjungan bulanan sebanyak 120 juta. Shopee paling banyak diakses melalui mobile sebanyak 72,4% dan desktop 21,3%. Rata-rata durasi kunjungan 6 menit 30 detik.


Di posisi ketiga ada Bukalapak dengan traffic share 8,23%. Jumlah pengunjung bulanan Bukalapak sebanyak 33,16 juta. Bukalapak paling banyak diakses melalui mobile 78,7% dan desktop 21,3%. Rata-rata waktu kunjungan 4 menit 10 detik.


Lalu di posisi keempat ada Lazada dengan traffic share 7,11%. Kunjungan bulanan sebanyak 28,66 juta. e-commerce ini paling banyak diakses melalui mobile 80,7%, sedangkan desktop 19,3%. Rata-rata kunjungan ke Lazada sebanyak 6 menit 34 detik.


Sementara di peringkat lima ada Blibli dengan traffic share 4,22% dan jumlah kunjungan bulanan sebanyak 16,99 juta. Blibli paling banyak diakses melalui mobile dengan porsi 64,7% dan desktop 35,3%. Rata-rata durasi kunjungan 3 menit.


Selanjutnya dari data yang sama, peringkat enam hingga 10 secara berurutan ditempati oleh iPrice, Amazon, Cekresi, Ralali, dan JD.ID.

https://tendabiru21.net/movies/the-vampire-bat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar