Minggu, 15 Maret 2020

Istana Air yang Indah di Bali

Kalau liburan di Karangasem, Bali, sempatkan wisata ke Taman Soekasada Ujung. Istana air ini begitu indah dipandang mata.

Selain keindahan alam dan keelokan pura yang ada, Pulau Bali juga memiliki bangunan bekas istana yang indah dan tetap terawat sampai sekarang, Taman Soekasada Ujung namanya. Lokasi wisata ini terletak di Desa Ujung, Jl Raya Taman, Tumbu Kecamatan Karangasem Kabupaten Karangasem, Bali.

Setelah membeli tiket seharga Rp 15.000 per orang, kami masuk ke taman melalui jembatan dengan bunga bougenville yang menjulur di atasnya dan sampailah kami di depan sebuah kolam besar dengan bangunan putih besar di seberang kolam. Pepohonan nampak di seluruh penjuru taman dan menjadikan tempat ini terasa sejuk, terlebih dengan keberadaan kolam di beberapa tempat.

Taman yang sering disebut dengan water palace ini dibangun pada tahun 1909 di bawah pemerintahan Raja Karangasem yang terakhir bertahta. Dengan luas sekitar 10 ha, taman ini memiliki beberapa bagian yang menarik untuk disusuri.

Siapa sangka pada tahun 1963 taman ini pernah hancur akibat letusan Gunung Agung, dan sekitar tahun 2000 pemerintah merenovasi taman dan bangunan semirip mungkin dengan aslinya, hingga mulai tahun 2003 taman ini kembali dibuka untuk umum.

Bagian-bagian dari taman ini adalah Balai Gili berupa bangunan putih yang langsung nampak saat kita memasuki taman. Untuk masuk ke Balai Gili terdapat jembatan penghubung di bagian depan dan belakang. Balai ini digunakan untuk beristirahat keluarga raja.

Bangunan lain adalah Balai Kapal yang berfungsi sebagai tempat mengamati kapal yang melewati Selat Lombok, karena terletak di dekat pantai pemandangan laut terlihat jelas dari Balai Kapal. Di tempat ini juga terdapat Balai Bundar yang dahulu sering dijadikan tempat bersemedi raja, sedang saat ini Balai Bundar kerap dijadikan lokasi berlatih yoga.

Selain beberapa bangunan yang telah disebutkan di atas juga terdapat bangunan lain seperti Pura Manikan, Balai Kambang, Balai Lunjuk, Balai warak dan kolam air mancur yang masing-masing memiliki fungsi berbeda.

Taman Soekasada ini cukup luas sehingga untuk berkeliling diperlukan waktu dan tenaga karena ada bagian yang berada di tempat tinggi. Cukup melelahkan memang namun ketika sampai di ketinggian dan melihat panorama sekitar pengunjung akan berdecak kagum karena keindahannya. Taman yang hijau dengan bangunan megah sementara di kejauhan laut yang biru menyempurnakan pemandangan.

Melihat Sungai Martapura dari Ketinggian

Menikmati pemandangan Sungai Martapura dari ketinggian di Banjarmasin, ada pilihanya spotnya. Traveler bisa langsung datang ke Menara Pandang Banjarmasin.

Menara Pandang Banjarmasin diresmikan pada tahun 2014. Landmark Kota Banjarmasin ini berdiri tegak di pinggir Sungai Martapura.

Menara setinggi 21 meter itu merupakan salah satu dari objek wisata menarik yang ada di kawasan siring Sungai Martapura, bersama dengan patung bekantan dan Rumah Anno 1925.

Dari menara pandang kita bisa menikmati keindahan pemandangan Kota Banjarmasin dari ketinggian. Tapi utamanya kita bisa menikmati kesibukan kapal yang berlalu-lalang di Sungai Martapura.

Tepat di seberang Menara Pandang Banjarmasin, terdapat sebuah panggung terapung yang dimodifikasi dari sebuah tongkang berukuran besar. Jika ada suatu pagelaran, panggung terapung ini digunakan untuk pementasan.

Pada saat saya mencoba naik ke atas Menara Pandang Banjarmasin tidak dipungut bayaran. Namun memang perlu usaha lebih untuk sampai ke bagian atas menara, sebab saya tidak menemukan adanya lift, jadi harus menaiki anak tangga untuk menuju ke atas.

Sesampainya di atas menara pandang, memang cukup sesuai dengan segala upaya yang telah dikeluarkan dalam menaiki anak tangga, sebab pemandangan di atas menara memang sangat menarik.

Sebetulnya menara pandang sendiri menyerupai sebuah gedung pada umumnya namun memiliki bentuk yang khas dan menarik. Di masing-masing lantai dipergunakan untuk ruangan kantor unit pelaksana teknis pemerintah Kota Banjarmasin maupun UKM. Area sekitar Menara Pandang Banjarmasin juga biasanya menjadi lokasi bazar ataupun suatu festival.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar