Selasa, 31 Maret 2020

Arak Bali Dimanfaatkan untuk Pembuatan Disinfektan dan Hand Sanitizer

 Polda Bali dan Universitas Udayana menyiasati bahan pembuatan disinfektan dan hand sanitizer dengan arak Bali di tengah wabah virus Corona. Seperti apa?
"Atas hal tersebut, Kapolda mengajak Unud untuk bekerja sama dalam pembuatan cairan disinfektan dan hand sanitizer," kata Kapolda Bali Irjen Petrus Reinhard Golose kepada wartawan, Senin (30/3/2020).

Polda Bali menyerahkan 3000 liter minuman tradisional arak Bali untuk diteliti dan diekstrak menjadi alkohol murni 96% sesuai dengan standar. Proses ekstrak pemurnian alkohol menggunakan peralatan di labolatorium Fakultas Farmasi Universitas Udayana.

Selain hand sanitizer, Polda Bali juga merancang pembuatan disinfektan. Bahan yang digunakan sesuai dengan standar WHO.

"Hal tersebut akibat dari kurangnya pengetahuan yang dimiliki masyarakat. Bahan utama kimia seperti cairan alkohol yang sudah langka dan mahal harganya juga menjadi penyebabnya," kata Golose.

Pembuatan disinfektan dan hand sanitizer ini akan diproduksi dengan skala besar. Dan akan diedarkan ke masyarakat umum, khususnya di area Bali.

"Polda Bali juga bekerjasama dengan Universitas Udayana dalam hal ini Fakultas Farmasi dalam pembuatan disinfektan dan hand sanitizer dalam sekala besar, kerjasama ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mengatasi kelangkaan disinfektan dan hand sanitizer di wilayah Bali, khususnya dalam bidang pelayanan masyarakat," Golose menegaskan.

"Kegiatan ini juga sebagai bentuk implementasi dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian masyarakat. Diharapkan produksi ini bisa berjalan dengan baik dan secara bertahap dapat menyediakan kebutuhan mendesak akan disinfektan dan hand sanitizer," Golose menambahkan.

Coba Menjauh dari Corona, Turis Meninggal di Pulau Terpencil

Pandemi Corona membuat banyak orang berasumsi bahwa liburan ke tempat terpencil bisa selamat. Nyatanya, seorang turis kena virus Corona di Pulau Lanzarote.

Pejabat kesehatan regional Lanzarote, Spanyol, mengatakan bahwa seorang turis tersebut berasal dari Inggris. Turis tersebut berusia 70 tahun.

"Saya mengkonfirmasi bahwa seorang turis Inggris di Pulau Lanzarote meninggal setelah dinyatakan positif terkena virus Corona," ujar jubir otoritas kesehatan regional seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (30/3/2020).

Jubir otoritas kesehatan juga menambahkan bahwa turis tersebut memiliki masalah kesehatan sebelum terkena Corona. Turis yang tak disebutkan namanya tersebut meninggal dalam perawatan di Rumah Sakit Molina Orosa, di Arrecife, ibukota Lanzarote.

Ini menjadi kasus kematian kedua yang dialami oleh Pulau Lanzarote. Sebelumya, ada ekspat asal Jerman berusia 70 tahun yang juga positif Corona.

Karena meningkatnya kasus positif Corona ini, Pemerintah Regional menyatakan kebijakan lockdown di Lanzarote. Wisatawan yang sudah terlanjur tiba di sana diberi pilihan untuk langsung pulang atau dikarantina selama lockdown.

Padahal sebelumnya, Lanzarote menyatakan diri sebagai pulau yang bebas dari Corona. Banyak pula turis yang memutuskan datang untuk liburan ke Lanzarote.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar