Kamis, 26 Maret 2020

Sepi Penumpang, Japan Airlines Pangkas Rute Internasional

Japan Airlines memangkas rute penerbangan internasional saat wabah virus Corona. Penerbangan dikurangi hingga 64 persen pada 29 Maret hingga 30 April 2020.
Pengumuman itu dilakukan oleh JAL pada Selasa (24/3/2020). Dari awalnya terjadwal 5.148 rute penerbangan internasional, dengan pengurangan itu, JAL hanya akan mengoperasikan 1.833 penerbangan dari Jepang dalam tempo satu bulan.

Dengan jumlah rute penerbangan itu, operasional untuk Asia Barat hanya 26 persen. Sementara itu, untuk penerbangan ke Amerika yang terbesar, mencapai 50 persen. Sisanya untuk penerbangan rute Eropa.

Sebelumnya, Japan Airlines telah memangkas 1.468 penerbangan di 60 rute domestik. Kebijakan itu dilaksanakan mulai 20 Maret hingga setidaknya 28 Maret.

Pemangkasan rute penerbangan itu memang tak bisa dihindari sejak COVID-19 mewabah. Tak sedikit event olahraga dan budaya batal karena Corona.

Sejauh ini, orang terinfeksi Corona di Jepang mencapai 1.089 orang dengan terinfeksi di Jepang langsung 1.054, kembali dari China 15 orang, kasus yang muncul dari hasil pemindaian di bandara tiga orang, dan kasus positif dan menunggu konfirmasi sebanyak tiga orang.

Ngeri, di Bali Tingkat Hunian Hotel Nyaris 0!

Pemerintah menyiapkan kebijakan yang dapat meringankan beban pekerja sektor pariwisata yang kehilangan sumber penghasilan akibat virus corona (Covid-19). Menurut Juru Bicara Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) dan Kemenko Marves Jodi Mahardi, pemerintah akan mencarikan lapangan pekerjaan baru kepada mereka yang sifatnya sementara, selagi menunggu sektor pariwisata pulih setelah corona mereda.
"Kita juga tengah menyiapkan program-program yang dapat memberikan lapangan pekerjaan baru selama down time di sektor pariwisata ini," kata dia dalam konferensi video kepada wartawan.

Lanjut dia, sektor pariwisata merupakan salah satu bidang usaha yang paling terkena dampak corona. Oleh karenanya hal itu menjadi fokus perhatian pemerintah, baik pusat maupun daerah.

"Presiden (Jokowi) dilaporkan oleh Gubernur Bali bahwa kondisi occupancy rate (tingkat hunian kamar hotel) hampir sekarang mencapai 0%," jelasnya.

Dengan kata lain pengusaha hotel yang mengandalkan sektor pariwisata nyaris tidak sepeserpun menerima pemasukan dari tamu hotel gara-gara wabah virus Corona. Mereka pun akhirnya merumahkan pekerjanya.

"Jadi arahan Presiden memang kita harus segera fokus mengalihkan anggaran untuk membantu para masyarakat yang terkena dampak langsung maupun tidak langsung dari penurunan wisatawan ini," tambahnya.

Antisipasi COVID-19, Dinpar Bantul Tutup Sementara Tempat Wisata

Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Bantul menutup tempat-tempat wisata yang dikelola. Itu untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan hanya bersifat sementara.
Tak hanya Dinas Pariwisata Gunungkidul yang menutup sementara obyek wisata pantai yang menjadi penyumbang utama Pendapatan Asli Daerah, kini giliran Dinas Pariwisata Pemkab Bantul yang menutup sementara obyek wisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Pemkab Bantul.

"Semua tempat wisata di Bantul yang dikelola oleh Dinas Pariwisata (Kabupaten) Bantul ditutup sementara. Jadi, semua TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) tidak dijaga sampai tanggal 31 Maret,"kata Kepala Dinpar Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo saat dihubungi wartawan, Rabu (25/3/2020).

Heru menyebut sejumlah tempat wisata yang dikelola oleh Dinpar Bantul. Di antaranya, wisata Pantai, mulai dari Pantai Parangtritis di Kecamatan Kretek hingga Pantai Baru di Kecamatan Srandakan. Selain itu, untuk tempat wisatanya non Pantai seperti Goa Selarong dan Goa Cerme.

"Khusus desa wisata yang bersifat transaksional seperti pusat kerajinan kulit Manding, pusat batik Wukirsari dan Desa Wisata Krebet masih boleh menerima (wisatawan), asalkan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku," kata Heru.

Tak hanya tempat wisata yang dikelola Dinpar Bantul, sebagian besar tempat wisata di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo juga tutup sementara. Ketua Koperasi Notowono, Purwo Harsono membenarkan hal tersebut, menurutnya Koperasi Notowono mengelola sembilan tempat wisata di Dlingo.

"Ada sembilan tempat wisata (di Dlingo) yang ditutup sementara karena virus Corona, penutupannya itu mulai dari tanggal 21 sampai 31 Maret 2020," katanya.

Pria yang kerap disapa Ipung ini menyebut sembilan tempat tersebut meliputi Puncak Becici, Pinus Pengger, Lintang Sewu, Pinus Asri, Pinus Sari, Bukit Panguk, Bukit Mojo, Seribu Batu dan Pintu Langit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar