Kamis, 26 Maret 2020

Walau #dirumahsaja, Coba Deh Wisata Virtual Indonesia Ini

Karena virus Corona, tempat-tempat wisata di berbagai daerah Indonesia pun ditutup sementara. Dari pada jenuh di rumah saja, yuk coba wisata virtual di Indonesia ini.

Semenjak pemerintah menetapkan virus Corona sebagai pandemi, tempat-tempat publik pun ditutup sementara. Warga pun dihimbau untuk tetap di rumah dan tagah @dirumahsaja pun menjadi hangat di dunia maya.

Nah, untuk mengisi waktu luang kamu, cobain deh wisata virtual di museum-museum keren di negeri tercinta ini. Dirangkum detikcom, Selasa (24/11/2020) berikut tempat wisata yang bisa kamu nikmati secara virtual.

1. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia dikenal juga dengan nama Museum Gajah ini berada di Jakarta. Tepatnya di Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat.

Di museum kamu bisa menemukan ragam koleksi arkeologi, sejarah, etnografi, dan ragam pameran. Konon, museum ini menjadi salah satu yang terbesar di Asia Tenggara lho.

Jika ingin menikmatinya secara virtual, kamu berkunjung saja ke sini ya.

https://artsandculture.google.com/partner/museum-nasional-indonesia


2. Monumen Nasional (Monas)

Ikon Jakarta setinggi 132 meter ini juga punya wisata virtual lho. Kamu berkunjung saja ke link ini ya.

https://artsandculture.google.com/entity/national-monument/m03q7hs

3. Museum Kebangkitan Nasional

Museum yang berada di Jl. Dr. Abdul Rahman Saleh No.26, Senen, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat ini juga punya layanan virtual. Di sini lah rumah organisasi pergerakan modern pertama yaitu Boedi Oetomo.

http://muskitnas.net/

4. Museum Kepresidenan Balai Kirti

Museum yang berada di Bogor ini juga punya layanan virtual untuk yang tidak bisa berkunjung langsung.

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/muspres/


5. Museum Sumpah Pemuda

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/msp/
Museum Sumpah PemudaMuseum Sumpah Pemuda Foto: Ari Saputra

6. Museum Perumusan Naskah Proklamasi


https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/mpnp/

7. Museum Benteng Vredeburg
Berkunjung saja ke link ini untuk melihat Museum Benteng Vredeburg ya http://vredeburg.id/


8. Museum Basuki Abdullah

http://museumbasoekiabdullah.or.id/


9. Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran

https://artsandculture.google.com/partner/sangiran-early-man-museum?hl=id

10. Galeri Batik YBI

https://artsandculture.google.com/partner/galeri-batik-ybi

11. Balai Konservasi Borobudur

https://artsandculture.google.com/entity/borobudur-temple-compounds/m0805zhg

http://borobudurvirtual.id/


12. Agung Rai Museum of Art

Museum seni ini berada di : Jl. Raya Pengosekan Ubud, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Di sini kamu bisa melihat ragam koleksi lukisan yang berasal dari pelukis ternama, baik pelukis dalam negeri maupun internasional.

https://artsandculture.google.com/partner/arma-museum

13. Museum Tekstil

https://artsandculture.google.com/streetview/museum-tekstil/fQHU6rG60eHGGw

14. Galeri Nasional

http://galeri-nasional.or.id/

KAI Batalkan Perjalanan 19 Kereta dari Gambir dan Pasar Senen

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta sejak Senin 23 Maret 2020 melakukan pengurangan jadwal perjalanan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen dalam rangka antisipasi penyebaran Covid-19 atau virus Corona.
"Terdapat 19 Kereta Api (KA) yang mengalami pembatalan perjalanan dengan jadwal keberangkatan kurun waktu 23 Maret - 1 April 2020, dan KA yang mengalami pembatalan operasional tersebut merupakan KA-KA yang memiliki jarak berdekatan, sehingga calon penumpang memiliki pilihan KA lain jika memang harus tetap melakukan perjalanan. Namun, jika calon penumpang tidak berkenan dialihkan ke KA lain, maka dapat dilakukan pembatalan tiket dengan bea pengembalian 100%," tulis KAI dalam siaran pers, Kamis (24/3/2020).

Pembatalan tiket dengan pengembalian bea 100 persen juga berlaku bagi calon penumpang KA yang memiliki jadwal keberangkatan pada masa tanggap darurat Corona, yaitu 23 Maret - 29 Mei 2020.

Secara total terhitung sejak 1 Maret 2020 hingga kini sekitar 71 ribu tiket untuk keberangkatan sampai dengan 90 hari ke depan telah dilakukan proses pembatalan baik melalui loket stasiun dan jalur online.

"Guna menghindari penumpukan calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan di loket stasiun, terutama di dua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh, Stasiun Gambir dan Pasar Senen, PT KAI Daop 1 Jakarta menginformasikan bahwa pembatalan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access," tulis KAI.

Meskipun pembelian tiket melalui stasiun dan channel penjualan tiket yang lain, calon penumpang tetap bisa melakukan pembatalan di aplikasi KAI Access, terpenting nomor identitas yang di daftarkan pada akun aplikasi KAI Access harus sesuai dengan nomor identitas pemesan tiket. Bahkan, pembatalan melalui KAI Access juga bisa untuk membatalkan tiket lainnya yang masih memiliki satu kode booking.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar