Selasa, 10 Maret 2020

Jika Terealisasi Turis Bayar Masuk Bali, Jangan Dadakan Informasinya

Rencana turis masuk ke Bali bayar 10 USD masih terus dibahas. Jika nantinya terealisasi, ada baiknya jangan dadakan memberikan informasi.

Hal itu diutarakan Ketua Association of The Indonesia Tours and Travel Agences (ASITA) Bali, I Ketut Ardana. Dia menilai, Pemprov Bali harus memberikan informasi jelas terkait rencana biaya kontribusi sebesar 10 USD atau setara Rp 140 ribuan kepada turis dan juga pada agen-agen travel.

"Jika pun saat tiba dipungut sebenarnya tidak masalah juga, sepanjang info itu sudah jauh-jauh hari," kata I Ketut Ardana kepada detikTravel, Rabu (16/1/2019).

"Juga diinformasikan pada assosiasi terkait dan pihak luar termasuk konsul-konsul," lanjutnya menjelaskan.

Pemprov Bali hingga kini masih membahas rencana tersebut. Nantinya, biaya kontribusi sebesar 10 USD akan dialokasikan untuk pengembangan dan pengelolaan pariwisata Bali termasuk wisata alam dan budaya.

"Kalau hanya 10 USD saya kira tidak terlalu berpengaruh kepada turis," tutup I Ketut Ardana.

Gara-gara Ada Koin di Mesin, Pesawat di China Delay 2 Jam

 Tindakan penumpang pesawat di China ini jangan ditiru. Ada yang melempar koin ke dalam mesin pesawat sehingga menyebabkan delay selama 2 jam.

Beberapa traveler di China, terutama yang sudah berusia lanjut masih ada yang percaya dengan mitos melemparkan koin untuk keberuntungan. Tapi masalahnya, mereka melempar koin ke tempat yang tidak seharusnya, yaitu ke bagian dalam emsin pesawat.

Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, Rabu (16/1/2019), penerbangan maskapai China Eastern Airlines dari Kota Anqing menuju ke Shanghai terpaksa ditunda hingga dua jam, lantaran seorang petugas menemukan koin di bagian mesin pesawat.

Besar kemungkinan, koin tersebut dilemparkan dengan sengaja oleh salah seorang penumpang pesawat tersebut. Petugas pun berusaha untuk mengungkap siapa pelaku dari tindakan berbahaya itu.

Tapi begitu petugas naik ke dalam pesawat dan menginterogasi penumpang, tidak ada yang mau mengaku. Padahal petugas sudah berjanji barangsiapa yang tahu dan mau bicara soal ini, mereka tidak akan memberikan hukuman. Sampai sekarang pelakunya pun belum terungkap.

Ini bukan kali pertama kejadian melempar koin ke mesin pesawat. Sebelumnya diberitakan detikTravel, seorang nenek berusia 80 tahun juga melakukan aksi terlarang yang sama.

Dia melempar koin ke mesin pesawat dengan alasan agar memperoleh keberuntungan dan penerbangannya aman.

Pangandaran Punya Ratu Monyet Tercantik dan Suka Ngaca

Wisata alam di Pangandaran ini tak hanya cantik dari alamnya. Monyetnya pun mendapat gelar serupa.

Sejarah dunia mencatat sosok ratu cantik penakluk para lelaki bernama Cleopatra. Di Hutan Cagar Alam atau Taman Wisata Alam Pananjung Pangandaran, Jawa Barat, juga ada sosok monyet cantik penakluk hutan bernama Santi.

Kisah Santi terkenal di kalangan petugas pengelola hutan dan warga sekitar. Ahyadi (52), petugas senior Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di Hutan Pananjung menceritakan kisah dengan penuh kelakar ini pada detikTravel, Rabu (16/1/2019).

Menurut dia, di antara 300-an monyet yang hidup di Hutan Pananjung, ada beberapa yang unik sehingga diberikan julukan oleh petugas. Monyet jenis kera ekor panjang atau Macaca fascicularis ini memiliki sejumlah keunikan yang tidak disamai monyet-monyet lain.

Ia menggambarkan, pada umumnya kelompok-kelompok monyet ini biasa berseteru satu sama lain. Monyet angota kelompok tertentu, bisa diserang oleh kawanan kelompok lain jika berusaha mendekati teritori kekuasaan kelompok tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar