Sabtu, 28 Maret 2020

India Lockdown, Binatang Langka Ini Malah Muncul Lagi

Baru-baru ini Perdana Menteri India Narendra Modi mengumumkan penutupan India atau lockdown. Namun, binatang langka ini malah muncul kembali di India.
Sebuah kejadian tak biasa terjadi di Kota Meppayur, Kerala, di hari kedua lockdown di India. Sebuah binatang yang disebut telah punah pada tahun 1990-an tampak di jalanan kota tersebut yang tengah lengang.

Keunikan itu pun pertama kali diketahui lewat unggahan video di laman Twitter Parveen Kaswan, seorang anggota petugas kehutanan India sekaligus Union for Conservation of Nature (IUCN).

Dilihat detikcom, Sabtu (28/3/2020), video singkat berdurasi 14 detik itu menampilkan seekor Civet atau Musang Malabar yang tampak sedang berjalan di zebra cross kota Meppayur.

"Seekor Civet india yang merupakan binatang nokturnal tengah berjalan santai di siang hari di Kota Meppayur, Kozhikode, Kerala, India. Mereka merupakan fauna tempat ini. Jalanan yang lengang memebuat mereka dapat berjalan dengan bebas," cuit Parveen.

Sayang, Parveen tidak menemukan siapa pengunduh asli video tersebut. Di satu sisi, tak sedikit yang meragukan kebenaran dari video tersebut.

Hanya dalam takarirnya, Parveen berujar kalau video itu asli dan bukan rekayasa. Ia pun telah memastikan kebenaran dari video tersebut.

"Itu bukan 3D, sudah saya konfirmasi. Mungkin juga binatang itu tengah sakit, tapi mereka adalah makhluk nokturnal. Jadi wajar kalau mereka kesulitan berjalan di siang bolong," cuit Parveen.

Menurut catatan IUCN pada tahun 1990, keberadaan musang malabar ini hanya tersisa sekitar 250 ekor saja di dunia. Diprediksi kalau musang tersebut malah sudah punah atau benar-benar terisolasi di habitat aslinya di pedalaman Malabar Selatan. Setidaknya, video tersebut telah membuktikan keberadaan mereka yang disebut punah.

tiket.com Ajak Pengguna Tukar TIX Point buat Lawan Covid-19

tiket.com menginisiasi gerakan tiket.com berbagi sehat untuk menyebarkan harapan baik dan semangat dari masyarakat untuk bersama-sama melalui masa sulit ini. Melalui gerakan ini tiket.com ingin berkontribusi sekaligus memberikan semangat kepada masyarakat Indonesia bahwa kita bisa melalui masa sulit ini bersama-sama.
"Kampanye ini juga menjadi sarana kerjasama yang baik antara tiket.com dan pelanggan setianya untuk membantu para tenaga medis sebagai garda terdepan dalam menghadapi pandemi ini," ujar Campaign Manager tiket.com Muhammad Anugraha Arisha dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/3/2020).

tiket.com juga mengajak seluruh pelanggan untuk ikut serta melakukan tindakan nyata yang bermanfaat bagi sesama, yaitu dengan menukarkan TIX Point yang mereka punya dalam jumlah tertentu yang nantinya akan disalurkan untuk pembelian Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis di seluruh Indonesia.

"Melalui gerakan ini, tiket.com sekaligus ingin memberikan apresiasi setinggi-tingginya untuk dedikasi dan perjuangan tanpa henti dari para tenaga medis terutama rekan rekan dokter, perawat dan petugas medis dalam menangani pasien yang terinfeksi, karena mereka adalah garda terdepan dalam melawan COVID-19. Tiket.com juga berharap seluruh masyarakat dapat bersatu untuk dapat saling mendukung melalui doa, dan peran secara nyata untuk Indonesia. Dengan tetap berdiam diri di rumah, kita masih tetap bisa membantu saudara-saudara kita yang sedang berjuang dalam melawan COVID-19 melalui kanal donasi TIX Point ini," ujarnya.

TIX Point merupakan loyalty point yang didapatkan oleh pengguna yang melakukan pemesanan tiket pesawat atau hotel di tiket.com. Pelanggan tiket.com dapat berdonasi dengan TIX Point yang mereka miliki mulai tanggal 27 Maret 2020 melalui platform yang telah disediakan.

Adapun cara lengkap untuk berdonasi bisa dengan cara berikut:

1. Log in dan akses tiket.com melalui desktop

2. Masuk ke halaman TIX Point (Pojok kanan atas)

3. Masuk ke halaman TIX Shop

4. Pilih subcategory "Wishes from Heart"

5. Pilih nilai yang akan disumbangkan (20.000, 50.000, atau 100.000 TIX Point)

6. Klik 'Tukar' dan ikuti proses nya sampai selesai.

7. Anda akan menerima konfirmasi melalui email, klik button "Tukarkan TIX Point Anda" dalam email untuk mengkonfirmasi penukaran Anda.

8. Selamat, proses penukaran selesai, Anda berhasil melakukan redeem dan sudah ikut serta dalam semangat untuk berbagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar