Minggu, 07 Juni 2020

Satu Pasien Corona RI Meninggal, Ini Kaitannya dengan Riwayat Hipertensi

- Salah satu pasien positif virus corona COVID-19 di Indonesia meninggal dunia. Disebutkan, pasien warga negara asing (WNA) tersebut punya riwayat sejumlah penyakit termasuk hipertensi.
Statistik global menyebut, kematian pada pasien virus corona memang didominasi oleh pasien dengan riwayat penyakit jantung dan pembuluh darah. Pasien dengan riwayat penyakit penyerta cenderung mengalami manivestasi lebih berat dari COVID-19.

"Bukan hanya Corona. Infeksi virus pada pasien dengan dasar penyakit jantung dapat mengubah kondisinya jadi tidak stabil," kata dr Vito A Damay, SpJP, dokter jantung dari RS Siloam Karawaci.

Infeksi virus, menurut dr Vito memicu reaksi akut dari masalah jantung dan pembuluh darah. Ketika tubuh berusaha melawan infeksi di paru-paru, jantung dan pembuluh darah ikut kepayahan menyuplai darah ke seluruh tubuh.

"Kemungkinan meninggalnya juga lebih tinggi. Tentu dengan catatan seberapa parah riwayat gangguan jantungnya. Usia yang lebih tua juga berpengaruh," tambah dr Vito.

Riwayat penyakit pasien 25 virus corona di Indonesia yang meninggal diungkap oleh juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (11/3/2020).

"Pasien ini memang masuk di rumah sakit sudah dalam keadaan sakit berat karena memang ada faktor penyakit yang mendahuluinya, di antaranya adalah diabetes, hipertensi, hipertiroid, dan penyakit paru obstruksi menahun yang sudah cukup lama diderita," katanya.

Jaga Kesehatan Ginjal, Kenali Fungsinya bagi Tubuh

 Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh. Kerusakan dan penurunan fungsi ginjal bisa menimbulkan berbagai masalah, bahkan dapat menimbulkan komplikasi. Penting untuk mengenali gejala awal penyakit ginjal, agar tidak terlambat dalam menanganinya.
Pakar kesehatan dari PB Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PB PERNEFRI), dr. Aida Lydia, PhD., SpPD-KGH mengatakan, ginjal sangat berperan penting bagi tubuh. Salah satu fungsinya adalah mengatur kesimbangan cairan tubuh dan elektrolit darah.

"Ginjal mengeluarkan limbah (sisa-sisa) metabolisme tubuh, seperti ureum, kreatin. Dan sekitar 100-125 ml/menit darah masuk ke ginjal untuk dibersihkan. Dan limbah dari metabolisme tersebut dibuang melalui air seni (urine). Lalu untuk Mengatur keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit darah," jelas dr Lydia.

Lydia pun menambahkan, fungsi ginjal yang lain adalah organ untuk pembuat hormon, seperti membuat sel darah merah, menjaga kesehatan tulang dalam tubuh dan mengatur tekanan darah.

Jadi jangan lupa ya detikers untuk menjaga kesehatan, terutama untuk menjaga kesehatan jantung.

Bisakah Tertular Virus Corona di Kolam Renang?

 Kemunculan kasus virus corona di Indonesia membuat sebagian warga mulai mewaspadai tempat-tempat yang berisiko terjadi penularan corona. Salah satu tempat yang dikhawatirkan publik terkait penularan virus corona Covid-19 adalah kolam renang. Memangnya bisa ya tertular di kolam renang?
Menanggapi hal ini, Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) dr Ridwan Thaha, MKes, menjelaskan hingga saat ini belum ada penelitian atau penjelasan resmi terkait potensi penularan virus corona Covid-19 di kolam renang.

"Saya kira kalau di kolam renang nggak lah, karena daya hidupnya dia itu memang kalau di bawah 25 derajat itu memang bisa cukup lama ya, tapi saya belum punya pengetahuan yang kuat terkait dia hidup di dalam air, itu belum," jelasnya saat ditemui di Ruang Rapat Komisi IX, Gedung Nusantara 1 DPR/MPR RI Jl. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2020).

"Belum ada juga penjelasan resmi atau penelitian soal itu, kalau suhu sudah di atas 25 derajat itu cenderung akan melemah," lanjutnya.

Mengutip BBC, air di sebagian besar kolam renang mengandung chlorine, zat kimia yang disebut dapat membunuh virus. Maka dari itu aktivitas di kolam renang dikatakan aman-aman saja. Hal ini dijelaskan oleh Health Service Executive Irelands.

Meski begitu penyebaran virus corona bisa berisiko saat berada di ruang ganti atau saat terpapar langsung dengan orang yang terinfeksi corona saat batuk dan bersin.
https://cinemamovie28.com/cast/jarkov-sergey/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar