Rabu, 25 Desember 2019

Di Pulau Ini, Semua Pria Adalah Raja

Pada tahun 2011 Pulau Jeju di Korsel tercatat ke dalam daftar tujuh keajaiban dunia. Namun, dahulu semua lelaki di pulau ini bisa disebut Raja.
Keeksotisan dan keindahan Pulau Jeju di Korea sering disamakan dengan Pulau Bali. Pulau ini juga sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan lokal dan internasional yang sedang bulan madu. Pada tahun 2011 Pulau Jeju sempat tercatat ke dalam daftar tujuh keajaiban dunia. Tetapi tahukah kalian dahulu semua lelaki di pulau ini bisa disebut Raja?

Pulau ini dijuluki Samdado atau berlimpah dengan tiga hal yaitu batu, wanita dan angin. Sampai dengan saat ini jumlah penduduk di Pulau Jeju tidak sampai dengan satu juta penduduk. Dahulu kala jumlah lelaki di pulau ini terbilang sangat sedikit jika dibandingkan dengan perempuan.

Tidak mengherankan jika dahulu satu laki-laki memiliki banyak istri. Karena alasan tersebut juga para lelaki di pulau ini diperlakukan layaknya Raja. Mereka para lelaki tidak boleh bekerja. Pekerjaannya hanya makan dan tidur saja. Makanan enak juga hanya diperuntukan untuk lelaki. Bahkan untuk cara makannya pun mereka harus disuapi.

Di samping mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan mengurus anak, pekerjaan yang membutuhkan tenaga yang besar pun harus dilakukan oleh wanita. Dahulu di Jeju sulit mendapatkan akses air bersih sehingga para wanita harus berjalan kaki menuju Gunung Halla.

Dua kali dalam sehari mereka harus menempuh perjalanan sekitar lima kilometer sambil menggendong kendi berisi air. Hal itu pula yang menyebabkan sebagian wanita di pulau ini bertubuh pendek. Karena sedari umur sepuluh tahun mereka sudah dipaksa membawa beban melebihi puluhan kilogram di punggungnya.

Kisah tersebut saya dapatkan dari seorang guide di Seongeup Folk Village. Sesampainya di tempat ini saya sempat berguman dalam hati, oh gini aja nih tempatnya? Maklum saya berekspektasi besar pada tempat wisata di pulau ini. Namun, ucapan saya sirna seketika karena begitu kami datang kami disambut dengan guide lokal yang sangat fasih berbahasa Indonesia. Ia menjelaskan sejarah dan kisah pulau Jeju dari sebuah rumah tradisional. Dari guide ini pulalah kami diceritakan dan ditunjukkan ornamen dan alat-alat rumah tangga yang digunakan pada masa itu.

Setiap rumah di desa ini memiliki pagar yang terbuat dari kayu. Tiga buah kayu yang dipasang vertikal. Di sebelah kanan dan kirinya ada lubang untuk mengaitkan kayu. Ada arti dari setiap kayu yang terpasang. Jika semua kayu terpasang berarti rumah tidak berpenghuni.

Jika dua kayu terpasang berarti pemilik rumah sedang pergi dan akan kembali dalam jangka waktu lebih dari tiga hari. Jika hanya satu kayu yang terpasang berarti pemilik rumah sedang pergi namun sore hari sudah kembali. Jika ketiga kayu hanya dikaitkan di lubang sebelah kiri atau tidak dikaitkan ke lubang sama sekali berarti ada orang di rumah dan tamu bisa masuk.

Rumah tradisional Jeju dindingnya terbuat dari batu. Tidak mengherankan karena Jeju merupakan pulau vulkanis yang kaya akan bebatuan. Rumahnya beratapkan jerami yang diikat dengan tali. Tali-tali tersebut diikat dan disusun sehingga membentuk pola kotak-kotak.

Pulau Jeju juga sangat kaya dengan angin. Karena angin pulalah rumah tradisional di Jeju memiliki tiga buah pintu. Pintu pertama yang letaknya paling luar terbuat dari kayu yang disusun seperti tirai sehingga bisa digulung ke atas. Pintu kedua terbuat dari kayu sama seperti pintu rumah pada umumnya. Pintu yang paling dalam terbuat dari kaca yang dilapisi oleh kayu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar