Selasa, 24 Desember 2019

Kupang Punya Gua Ajaib Berair Sejernih Kristal

Kalau liburan ke Kupang, kamu harus datang ke gua ini. Namanya Gua Kristal, gua dengan kolam air jernih sebening kristal. Lihat yuk!

Beberapa waktu lalu detikcom bersama Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub datang ke Kupang di NTT. Kami pun berkunjung ke salah satu tempat wisata di Kupang yang hits di sana, namanya Gua Kristal.

Sesuai dengan namanya, gua ini memiliki kolam dengan airnya yang super jernih dan segar. Pantulan air saat disinari cahaya benar-benar seperti kristal.

Gua Kristal berada di Desa Solok, Kupang Barat. Jika ditempuh dari pusat kota memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan roda empat. Untuk masuk ke dalam kawasan gua, traveler harus jalan kaki sekitar 400 meter menuju lahan pertanian warga.

Jangan traveler bayangkan gua ini berada di atas bukit dan harus trekking dahulu. Gua ini berlokasi di kawasan perumahan warga kok, tepatnya di salah satu lahan pertanian warga bernama Yanto.

"Wisatawan yang ingin datang ke gua bisa menelepon saya terlebih dahulu. Nomor teleponnya bisa lihat di papan yang ada di pagar kawasan gua," ungkap Yanto kepada detikcom dan romobongan.

Yanto pun menjelaskan bahwa dia adalah pengelola sekaligus pemilik dari Gua Kristal ini. Dia adalah generasi ke-7 yang mengelola kawasan gua.

"Gua ini ditemukan oleh nenek moyang saya. Saya adalah generasi ketujuh yang mengelola lahan ini. Gua Kristal telah ada cukup lama, namun dikenal publik semenjak tahun 1999," jelasnya.

Untuk bisa melihat kejernihan air di Gua Kristal traveler harus memnuruni gua terlebih dahulu. Tidak jauh kok, sekitar 10 meter dari bibir gua.

Karena berada di dalam tanah, kondisi gua sangatlh gelap. Jadi pengelola saat mengantar wisatawan akan membawa alat penerangan yang nantinya diarahkan ke kolam.

Saat cahaya lampu di arahkan ke kolam, kami pun dibuat terpana. Air yang jernih terlihat sangat bening dan ada efek biru-birunya. Dasar kolam pun terlihat, bebatuan yang mengisi dasar begitu terpantul dengan jelas.

Kolam di Gua Kristal tidaklah besar, namun memiliki kedalaman 9-12 meter. Wisatawan pun diperbolehkan berenang dan foto-foto. Asal menjaga keselamatan dan berhati-hati bermain air. Jika tidak ingin berenang dan sekedar foto-foto saja, kamu bisa berdiri di pinggir kolam yang airnya dangkal.

Menurut Yanto tidak ada patokan biaya dan waktu untku mrngunjungi gua. Yang penting sebelum masuk ke gua mengabari diri dahulu.

"Tidak ada patokan biaya masuk, seiklasnya saja. Namun biasanya biaya standar pengunjung itu Rp 5.000. Kapanpun bisa datang, mau pagi, siang atau malam juga bisa. Yang penting mengabari saya," tambahnya.

Bagi traveler yang ingin datang ke sini, tak afdal rasanya kalau sekedar foto-foto saja. Kalau bisa rasakan juga kesegaran air kolam yang super jernih ini.

Promosi Paket Liburan Akhir Tahun Paling WOW Ada di Minggu Ini

Panorama JTB Tours tebar promosi paket liburan di event World of Holidays (WOH) khusus untuk pembelian pada 12 - 15 September 2019. Adapun, penawaran khusus yang ditawarkan mulai dari potongan harga sampai dengan Rp 5 juta, buy 1 get 1, hingga diskon sebesar 10 % untuk produk-produk liburan Tahun Baru, seperti beberapa pilihan berikut.

Eropa

Paket tur untuk menikmati suasana malam tahun baru di Eropa merupakan pilihan yang paling diminati. Karena pada paket ini, pelanggan dapat menyaksikan pertunjukan malam pergantian tahun baru di Disneyland Paris sambil menikmati berbagai atraksi.

Selain itu, paket tur ini akan mengajak berkeliling ke beberapa negara di Eropa seperti menikmati Rhinefalls air terjun terbesar di benua ini yang terletak di Swiss, melihat uniknya sejarah Romawi di Colosseum Italia, atau melihat aurora khas bumi belahan utara di Islandia.

Amerika Serikat

Apabila ingin melakukan perjalan ke tempat yang lebih jauh, Amerika Serikat bisa menjadi pilihan. Pelanggan bisa mengunjungi destinasi-destinasi terkenal seperti Yosemite National Park untuk Melihat keindahan air terjun dan keindahan hutan pinus yang diselimuti oleh salju di saat musim dingin.

Bagi yang menyukai shopping, Dessert Hill Premium Outlet menjadi surga belanja untuk barang-barang bermerek dengan 183 outlet. Tidak ketinggalan merayakan penutupan tahun sambil menonton kembang api di San Fransisco dengan latar Golden Gate Bridge.

Australia

Bagi yang tidak menyukai udara dingin dan mencari nuansa musim panas di bulan Desember dapat mengunjungi Australia. Menikmati indahnya pemandangan pantai di Tanglooma Island Resort, kemudian dilanjutkan dengan merasakan langsung proses pembuatan Anggur di Melbourne. Momen liburan ini ditutup dengan acara pergantian tahun di Opera House, Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar