Senin, 30 Desember 2019

Tempat Asyik Untuk Belajar Islam dan Budaya Emirati di Dubai

Wisatawan di Dubai, bisa mengenal Islam dan budaya Emirati di Sheikh Mohammed Centre for Cultural Understanding (SMCCU). Inilah wisata budaya yang dikemas menarik.

Sheikh Mohammed Centre for Cultural Understanding (SMCCU) berada di kota tua Al Fahidi yang bersejarah di Dubai, Uni Emirat Arab. Di tempat ini, wisatawan dari segala bangsa dan agama, bisa belajar tentang Islam, kebudayaan dan adat istiadat khas Dubai.

Semboyan SMCCU adalah 'Open Doors, Open Minds', oleh karena itu mereka menawarkan berbagai kegiatan menarik yang bisa dipilih wisiatawan. Ada Cultural Meals, ini konsepnya adalah wisata kuliner, budaya dan wisata religi disatukan secara menarik.

Wisatawan bisa memilih sarapan, makan siang atau makan malam. Hidangan yang disajikan adalah sajian khas Emirati. Para tamu akan duduk di karpet dan bantal khas Suku Baduy Arab. Sambil wisata kuliner, pemandu akan bercerita tentang Islam dan kebudayaan Dubai. Wisatawan pun bebas bertanya soal Islam.

Selain itu, SMCCU memiliki program Camel in the City. Ini adalah tur menikmati kota tua Al Fahidi Historical Neighbourhood. Lokasinya ada di dekat Dubai Museum, jadi selain ke museum wisatawan juga bisa mencoba tur berjadwal ini. Kita bisa mengetahui banyak cerita soal unta dan apa sejarah dan hubungannya dengan Dubai.

SMCCU juga memiliki beberapa paket tur lain yang bisa dipilih wisatawan. Ada 'Creeks Walking Tour', yaitu tur menjelajah kota tua Al Fahidi Dubai di daerah Al Bastakiya sampai ke Masjid Diwan dan pasar Textille Souq. Wisatawan lalu naik perahu tradisional Abra di Dubai Creek ke daerah Deira untuk melihat pasar Gold Souk dan Spice Souk. Barulah mereka kembali lagi ke kantor SMCCU untuk menikmati teh dan kopi Arab serta kurma. Total waktunya adalah 90 menit.

Kunjungan ke masjid juga disediakan oleh SMCCU. Mereka memiliki tur ke Masjid Jumeirah, satu dari 2 masjid di Dubai yang dibuka untuk kunjungan wisatawan non-Muslim. Tur ini digelar setiap pagi. Wisatawan disediakan sarapan, kopi dan teh Arab khas kota ini sebelum kunjungan. Dalam tur ini, wisatawan bisa mengenal seluk beluk masjid, bagaimana umat Islam melakukan wudhu dan salat. Harga tur ini 25 Dirham atau Rp 95 ribu.

Belajar soal Islam dan kebudayaan, rasanya tidak pernah seasyik ini ya. SMCCU menjadi contoh dialog kultural yang modern, menarik, penuh dialog budaya yang menjangkau wisatawan bukan cuma muslim traveler, tapi dari berbagai bangsa dan budaya lain sesuai prinsip Islam yang rahmatan lil alamin. Keren!

7 Keindahan Nusa Penida

Bali tak cuma Kuta, Jimbaran atau Seminyak. Ayo ke Nusa Penida, banyak keindahan di sana!

Nusa Penida adalah salah satu pulau terbesar dari 3 pulau di tenggara Pulau Dewata, Bali selain Pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Pulau ini memiliki panorama yang sangat cantik dan luar biasa. Penida Island sebutan yang famous untuk pulau ini, tidak hanya dikenal di dalam negeri saja tapi sudah dikenal di mancanegara. Tidak sedikit orang yang berkunjung ke tempat ini setiap tahunnya.

Untuk mengunjungi pulau ini, kita bisa menyeberang dari pelabuhan di Sanur atau dari pelabuhan di Kabupaten Klungkung. Ada juga 4 pelabuhan di Penida, tergantung lokasi menginap atau tempat terdekat yang ingin dikunjungi, seperti Dermaga Banjar Nyuh, dermaga Seblanga Banjar Nyuh, Pelabuhan Toya Pakeh, atau di dermaga Sampalan dan Mentigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar