Rabu, 25 Desember 2019

Semarang Punya Dusun Kekinian yang Instagramable

Objek wisata baru kekinian terus menggeliat di Semarang. Salah satunya adalah Dusun Semilir yang baru dibuka beberapa bulan lalu.
Candi Borobudur letaknya di Magelang, Jawa Tengah. Namun kamu akan menemukan bangunan menyerupai Candi Borobudur di Semarang. Dusun Semilir namanya. Tempat wisata yang menjadi incaran para milenial ini baru dibuka sekitar tiga bulan yang lalu. 

Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang berkontribusi terhadap pendapatan daerah. Jadi tidak mengherankan jika setiap daerah berlomba-lomba menghadirkan tempat wisata yang bisa menarik para wisatawan untuk singgah ke daerahnya. Salah satunya tempat wisata yang terletak di kecamatan Bawen kabupaten Semarang ini. Meski terbilang baru, Dusun Semilir telah mencuri perhatian para milenial.

Tidak sulit untuk menemukan tempat ini karena letaknya tepat di pinggir jalan raya Solo-Semarang. Kurang lebih 500 meter dari Terminal Bawen kamu cukup menengok ke sebelah kiri. Bangunan yang mencolok terbuat dari besi berbentuk candi ini tentunya langsung mengalihkan perhatian.

Harga tiket masuknya pada bulan Mei hanya Rp. 5.000,-. Seiring dengan pembangunan yang dijalankan, harga tiket saat ini di hari biasa Rp. 8.000,- dan di akhir pekan Rp. 10.000,-. Pada hari biasa buka dari pukul 09.30 - 21.00 WIB khusus di hari Sabtu dibuka mulai pukul 08.00 WIB dan dibuka mulai pukul 07.00 WIB di hari Minggu. Semua transaksi yang dilakukan di area Dusun Semilir menggunakan kartu deposit. Minimal pengisian Rp.50.000,-. Tidak perlu khawatir jika saldo masih sisa, menuju pintu keluar kamu bisa melakukan refund.

Senada dengan konsep ecopark yang diusung, begitu melewati pintu masuk kamu akan langsung dimanjakan dengan pemandangan pohon dan tanaman hijau yang ditata melingkar di tengah-tengah bangunan utama. Melangkah lebih dalam tepatnya di sebelah kiri, kamu akan menemukan tulisan Warisan Indonesia.

Di area ini kamu bisa menemukan berbagai macam koleksi pernak pernik dan cinderamata dari seluruh daerah di Indonesia. Mulai dari batik, aksesoris, hiasan dinding, tas, kalung, anyaman bambu, bantal, keramik dan hiasan dari kerang juga bisa kamu temukan di sini. Kamu juga bisa berswafoto disini dengan background hiasan-hiasan dinding yang unik. 

Jika sudah puas berfoto dan berbelanja di area Warisan Nusantara maka saatnya untuk memanjakan perut anda dengan wisata kuliner. Pusat kuliner legendaris begitu tagline dari Dusun Semilir. Tempat kuliner yang berada di area terdepan adalah Cemilan Indonesia. Lokasi nya berada berhadap-hadapan dengan area Warisan Nusantara. Di area ini kalian bisa menemukan makanan ringan yang sudah dikemas dari berbagai daerah di Indonesia.

Melangkah ke dalam kamu akan memasuki area Jembatan Senggol. Konsep tradisional sangat terasa di area ini. Lantainya terbuat dari kayu. Atapnya terbuat dari bambu-bambu yang disusun bersilang tampak harmonis dengan lorong yang berkelak-kelok. Lampu-lampu yang digantung diselimuti dengan anyaman bambu melengkapi keunikan area ini. Kedai kecil beratapkan jerami berjejer di kanan dan kiri jembatan. Cimol, cilok, es krim, gulali, klepon, putu dan berbagai macam jajanan khas Indonesia bisa ditemukan di sini.

Belum makan jika belum makan nasi. Tenang saja untuk hidangan yang lebih berat kamu bisa temukan di area Sepoi-Sepoi Food Court. Berada di area yang lebih tertutup Sepoi-Sepoi Food Court menghadirkan kuliner dari seluruh nusantara. Sebut saja nasi jamblang, tahu gimbal, sate ayam, tengkleng, bakso, empal gentong dan masih banyak lagi pilihan menu yang bisa kamu nikmati di area ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar