Selasa, 31 Desember 2019

Fosil Penguin Seukuran Manusia Ditemukan di Selandia Baru

Sebuah fosil penguin raksasa baru saja ditemukan di sungai Selandia Baru. Ukurannya tak kalah dengan manusia dewasa.

Fakta itu pun diungkapkan oleh sekelompok peneliti dari Canterbury Museum, Selandia Baru. Dilansir detikcom dari CNN, Jumat (16/8/2019), fosil penguin yang memiliki nama latin Crossvallia Waiparensis itu ditemukn di Sungai waipara oleh pemburu fosil amatir.

Fosil penguin dengan tinggi 1,6 meter itu merupakan salah satu fauna raksasa yang dahulu tinggal di pulau tersebut. Termasuk burung kakatua terbesar, elang raksasa, kelelawar raksasa, moa dan sejumlah burung besar yang tak bisa terbang.

"Penemuan ini menguatkaan teori kami, kalau penguin pada awal evolusinya berukuran raksasa," ujar Vanesa De Pietri dari Canterbury Museum.

Memiliki berat sekitar 70-80 kg, penguin raksasa tersebut juga tak kalah beraat dengan manusia normal. Diketahui, penguin raksasa tersebut hidup sekitar 66 dan 56 juta tahun silam. Membuatnya jadi spesies penguin tertua.

Penemuan fosil penguin raksasa dengan spesies serupa juga pernah ditemukan di Antartika. Membuktikan adanya hubungan antara penguin raksasa Selandia Baru dan Antartika.

12 Kolam Renang di Jakarta yang Cocok untuk Berakhir Pekan

Menghabiskan akhir pekan dengan keluarga sambil berenang bisa menjadi pilihan wisata yang murah meriah. Apalagi saat ini sudah banyak kolam renang di Jakarta yang biayanya tergolong murah dan fasilitasnya lengkap.

Wisata sambil bermain air di kolam renang tentu akan sangat menyegarkan, terutama di musim kemarau seperti saat ini. Tidak hanya itu, kalian juga bisa membakar banyak kalori dan menjadi lebih sehat hanya dengan berenang.

Berikut adalah 12 kolam renang di Jakarta yang bisa jadi tujuan wisata akhir pekan lengkap dengan informasi lokasi dan harga tiket yang dirangkum detikTravel dari berbagai sumber.

1. Kolam Renang GOR Pertamina

Gelanggang olahraga (GOR) Pertamina ternyata punya kolam renang umum yang bisa kalian gunakan untuk berolahraga atau sekedar main air. Selain kolam renang, ada juga fasilitas untuk loncat indah.

Kolam renang ini terletak di Pertamina University, tepatnya di Jalan Sinabung No. 2, Grogol Selatan, Kebayoran Lama. Kolam renang ini buka mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB dan tiket masuk bisa dibeli dengan harga Rp 30.000.

2. Kolam Renang Plaza Festival

Tempat nongkrong dengan banyak pilihan makanan ini juga memiliki kolam renang lho. Ada satu kolam renang untuk anak, dan dua kolam renang dengan kedalaman berbeda untuk dewasa.

Terletak di Plaza Festival Jalan H. R. Rasuna Said, Kuningan, kolam renang ini cocok untuk kalian yang tinggal di Jakarta Selatan. Tiket masuknya mulai dari harga Rp 15.000 dan buka mulai pukul 06.00 WIB hingga 19.30 WIB.

3. Kolam Renang Umum BCA

Kolam renang ini cocok untuk kalian yang tinggal di Jakarta Timur. Lokasinya berada di Jalan Bukit Duri Permai No. 12A, Bidara Cina, Jatinegara. Di sini hanya tersedia satu kolam renang dan untuk masuk dikenakan biaya Rp 20.000.

4. Snowbay Waterpark

Snowbay Waterpark merupakan bagian dari Taman Mini Indonesia Indah. Jadi cocok untuk kalian yang tinggal di daerah Jakarta Timur.

Karena memiliki konsep waterpark, ada banyak wahana air yang tentunya ramah dan cocok untuk anak, termasuk kolam berombak. Harga tiket masuk Snowbay Waterpark dipatok Rp 100.000 untuk dewasa dan Rp 85.000 untuk anak. Sedangkan saat akhir pekan dipatok dengan harga Rp 120.000 untuk dewasa dan Rp 100.000 untuk anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar