Senin, 30 Desember 2019

7 Keindahan Nusa Penida

Bali tak cuma Kuta, Jimbaran atau Seminyak. Ayo ke Nusa Penida, banyak keindahan di sana!

Nusa Penida adalah salah satu pulau terbesar dari 3 pulau di tenggara Pulau Dewata, Bali selain Pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Pulau ini memiliki panorama yang sangat cantik dan luar biasa. Penida Island sebutan yang famous untuk pulau ini, tidak hanya dikenal di dalam negeri saja tapi sudah dikenal di mancanegara. Tidak sedikit orang yang berkunjung ke tempat ini setiap tahunnya.

Untuk mengunjungi pulau ini, kita bisa menyeberang dari pelabuhan di Sanur atau dari pelabuhan di Kabupaten Klungkung. Ada juga 4 pelabuhan di Penida, tergantung lokasi menginap atau tempat terdekat yang ingin dikunjungi, seperti Dermaga Banjar Nyuh, dermaga Seblanga Banjar Nyuh, Pelabuhan Toya Pakeh, atau di dermaga Sampalan dan Mentigi.

Untuk fast boat, rata-rata mulai dari Rp 25.000-150.000 sekali menyebrang. Namun, pulau ini dapat dikunjungi untuk trip harian atau one day trip dan dapat tinggal beberapa hari. Tetapi, sangat rugi sekali jika ingin mengunjungi tempat ini hanya untuk satu hari saja, karena ada banyak sekali tempat yang wajib Anda kunjungi di barat atau timur dari pulau ini dan menikmati indahnya sunset.

Buat anda pecinta water sport, di pulau ini ada banyak sekali tempat untuk snorkelling, free dive atau scuba diving untuk menjelajahi bawah lautnya yang sungguh indah sekali. The best point seperti Manta point, Malibu point, Toyapakeh, Gamat bay, and Temple Point. Jadi, sangat disayangkan hanya trip one day saja.

Saya mengunjungi pulau ini beberapa hari dan dapat pergi menggunakan sepeda motor ataupun mobil tour, semua tergantung pilihan. Untuk sewa motor wisata domestik, mulai dari Rp 50.000/hari sedangkan sewa mobil mulai dari Rp 500.000/hari. Tapi, harga ini dapat berubah-ubah tergantung motor yang disewakan atau mobilnya dan dengan supir atau tour guide ataupun termasuk dengan bahan bakarnya.

Semua tempat memiliki pemandangan luar biasa untuk memanjakan mata Anda. Tempat yang wajib dikunjungi di baratnya Penida island adalah Kelingking beach, Kelingking Swing, Love Tree in Kelingking, Paluang Cliff, Broken Beach, Angel's Billabong, Crystal Bay beach, dan timurnya Penida Island seperti Diamond beach, Atuh beach, Tree House, Raja Lima dan Thousand island, Teletubies hill, Suwehan beach, atau mengunjungi beberapa pura seperti Goa Giri Putri Temple dan Vihara Dewi Kwan Im, Paluang Temple, Dalem Penataran Ped Temple, Puncak Mundi Temple ataupun air terjun seperti Seganing Waterfall di Desa Bunga Mekar dan Mata Air Guyangan atau Air Terjun Puguyungan. Masih ada beberapa pantai lainnya, seperti Smoke Beach atau Pantai Pasih Andus, ataupun Pantai Banah, Temeling Natural Pool di selatan Penida Island.

Untuk the best view of sunset bisa dilihat di crystal bay atau Angel's Billabong. Untuk kuliner yang wajib dicoba seperti tipat santok, bubur ledok, sate ikan laut dan pepes ikan yang super lezat yang dapat dinikmati saat mengunjungi tempat ini. Pulau ini juga sudah memiliki fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit Pratama Gema Shanti dan juga Puskesmas Nusa Penida. Berikut penjelasan dari destinasi yang saya kunjungi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar