Rabu, 25 Desember 2019

Semarang Punya Dusun Kekinian yang Instagramable (2)

Jika sudah puas berfoto dan berbelanja di area Warisan Nusantara maka saatnya untuk memanjakan perut anda dengan wisata kuliner. Pusat kuliner legendaris begitu tagline dari Dusun Semilir. Tempat kuliner yang berada di area terdepan adalah Cemilan Indonesia. Lokasi nya berada berhadap-hadapan dengan area Warisan Nusantara. Di area ini kalian bisa menemukan makanan ringan yang sudah dikemas dari berbagai daerah di Indonesia.

Melangkah ke dalam kamu akan memasuki area Jembatan Senggol. Konsep tradisional sangat terasa di area ini. Lantainya terbuat dari kayu. Atapnya terbuat dari bambu-bambu yang disusun bersilang tampak harmonis dengan lorong yang berkelak-kelok. Lampu-lampu yang digantung diselimuti dengan anyaman bambu melengkapi keunikan area ini. Kedai kecil beratapkan jerami berjejer di kanan dan kiri jembatan. Cimol, cilok, es krim, gulali, klepon, putu dan berbagai macam jajanan khas Indonesia bisa ditemukan di sini.

Belum makan jika belum makan nasi. Tenang saja untuk hidangan yang lebih berat kamu bisa temukan di area Sepoi-Sepoi Food Court. Berada di area yang lebih tertutup Sepoi-Sepoi Food Court menghadirkan kuliner dari seluruh nusantara. Sebut saja nasi jamblang, tahu gimbal, sate ayam, tengkleng, bakso, empal gentong dan masih banyak lagi pilihan menu yang bisa kamu nikmati di area ini.

Sesuai dengan namanya, kamu bisa menikmati hidangan di dalam sebuah kubah-kubah kecil terbuat dari bambu sambil merasakan sejuknya angin sepoi-sepoi yang masuk melewati celah celah bambu.

Masih belum puas berfoto ria kamu bisa memasuki area yang dinamakan Alas Tirta. Cukup dengan biaya Rp. 20.000,- per orang kaamu bisa mendapatkan fasilitas untuk diabadikan gambarnya oleh fotografer yang sudah disiapkan di area ini. Area ini menawarkan beberapa spot foto yang instagramable di antaranya danau buatan yang dihiasi dengan background patung setengah badan, patung burung Flamingo yang bisa dinaiki, kursi layaknya raja dan ratu, air terjun buatan dan jalan setapak yang dihiasi taman di sekelilingnya. Beruntung saya datang di saat hari biasa, karena di akhir pekan untuk berfoto di area ini harus rela mengantre.

Menurut Jeffry, salah satu fotografer di Alas Tirta pengunjung yang datang di akhir pekan sangat ramai. Tidak mengherankan jika ia cukup kewalahan meladeni semua wisatawan yang ada. Masih menurut Jeffry, nantinya Dusun Semilir akan menyediakan lebih banyak spot foto bagi para milenial diantaranya air mancur menari, sungai yang mengalir di tengah kota layaknya di venesia, kebun binatang mini, kampung Eropa dan masih banyak lagi.

Di bulan Desember rencananya area Kampung Eropa sudah bisa dinikmati. Ketika saya tanyakan kapan semua pembangunan di Dusun Semilir akan selesai, ia menjawab mungkin lebih dari setahun lagi. Jadi bagaimana traveler? Tertarik mengunjungi tempat ini sekarang?Atau menunggu bulan Desember? Saya yakin kalian tidak akan rela menunggu sampai tahun depan untuk menikmati one stop destination yang ditawarkan oleh Dusun Semilir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar