Kamis, 26 Desember 2019

Menemukan Coban Nirwana, Hidden Gem di Malang

Malang punya banyak coban alias air terjun yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Coban Nirwana yang belum banyak orang tahu. Hidden Gem di Malang nih!

Pernah nggak tersesat pas traveling? Bagaimana rasanya? Senang, sedih, khawatir, tertantang, dan lain - lain pasti tercampur aduk jadi satu. Itu juga yang kami rasakan ketika kami tersesat. Tetapi pada akhirnya kami menemukan 'surga kecil' di Malang.

Awalnya saya dan beberapa teman saya berencana akan menjelajahi beberapa tempat wisata alam di Malang seperti Coban Rondo. Tetapi kami kehilangan arah sehingga secara tidak sengaja kami malah menemukan Coban Nirwana.

Sebelumnya kami tidak begitu mengetahui bagaimana bentuk alam ini. Ketika kami mencari tahu di internet, tidak terlalu banyak yang membahas tempat ini. Ada yang menyebut nama tempat ini Coban Gedangan, karena tempatnya di daerah Gedangan, Malang. Ada pula nama - nama lain seperti Coban Mbok Karimah atau Tundo Nirwana.

Petualangan kami dimulai ketika salah satu teman saya yang menyetir mobil mengantuk sehingga kehilangan fokus. Hal ini mengakibatkan kita tersesat, memasuki tempat sepi penuh dengan bebatuan sehingga ban mobil yang kami naiki meletus. Setelah beberapa menit kami mengganti ban mobil kami.

Kami harus berjalan kaki karena mobil yang kami naiki tidak bisa berjalan dengan beban 7 orang di dalamnya. Ketika kami berhasil melewati jalan tersebut, kami mencoba bertanya kepada warga lokal wilayah tersebut dan mendapati bahwa tidak jauh dari wilayah ini ada tempat wisata yang jarang dikunjungi orang.

Kami pun penasaran dan akhirnya menuju ke sana. Lokasi air terjun ini sekitar 50 km dari kota Malang, kurang lebih dibutuhkan waktu selama 90 menit perjalanan untuk menuju Kecamatan Gedangan.

Di kecamatan Gedangan, usahakan mengikuti google map atau bisa tanya langsung saja ke warga setempat kalau ingin mengetahui rute ke sana karena belum ada petunjuk jalan untuk menuju ke air terjun Coban Nirwana ini.

Akses jalan bisa dibilang cukup bagus dan beraspal, hanya beberapa kilometer sebelum sampai di lokasi saja ada sedikit yang tidak rata dan berlubang. Hati - hati ya, di sini kami melewati jalan yang naik turun dan banyak tikungan tajam.

Perjalanan menuju Coban Nirwana ini melewati Gondanglegi- Sidorejo-Clumprit-Putat-Sunber Nanas-Gedangan. Kemudian ketika mendekati arah Pantai Bajul Mati dan sekitar pemakaman, saya dan teman - teman harus memarkirkan mobil karena kami harus melanjutkan dengan trekking.

Trekking diperkirakan sejauh 200 meter dengan jalan menurun, berlubang dan licin. Memang terlihat cukup menantang bagi kami, tetapi perjalanan kami terbayar lunas ketika kita sampai di Coban Nirwana.

Saya dan teman-teman sangat terkejut karena pemandangan Coban Nirwana ini sungguh luar biasa. Selain itu hanya kami bertujuh saja yang ada di sana. Jadi tempat ini rekomendasi banget apabila kita ingin menenangkan diri dari keramaian kota.

Suasana alam, air terjun, udara yang sejuk hingga air yang jernih membuat saya dan teman-teman lupa sejenak untuk kembali ke villa. Dikarenakan Coban Nirwana masih sangat jarang dikunjungi wisatawan, sebaiknya pengunjung membawa perlengkapan pada waktu datang ke sini. Belum tersedia warung tempat makan, toilet, dan fasilitas-fasilitas lain. Benar-benar masih alami banget.

Kabar gembiranya, untuk datang ke Coban Nirwana tidak diperlukan membayar tiket masuk. Saya dan teman-teman hanya memberi uang seiklasnya ketika kami menitipkan mobil kami di dekat rumah warga. Karena kami harus menelusuri jalan dan persawahan dengan berjalan kaki.

Terlalu banyak yang ingin kami explore. Hanya kami tidak dapat mendatangi semua wisata alam dalam sehari. Maka esoknya, kami mencoba petualangan kami di beberapa tempat alam seperti Teluk Asmara, Coban Putri, Goa Pinus, dan lain-lain.

Bicara tentang "surga tersembunyi" atau Hidden Gem yang kami berhasil temukan di Malang, saya juga ingin menemukan beberapa lokasi indah yang tidak banyak ditemukan orang banyak tetapi sangat ingin saya kunjungi.

Tujuan saya berikutnya adalah menemukan Hidden Gem di Dubai dan melakukan aktivitas seru seperti melihat ratusan burung dan spesies reptil di Mangroves di Abu Dhabi, bersantai di pantai Pulau Delma, berpiknik di Dig Daga Farms, melihat Bukit pasir fosil Al Wathba, bersepeda di Al Qudra Cycle Path, mendaki gunung Jebel Jaiz, trekking dan melihat sungai di Wadi Shawka. Wow seru banget pastinya ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar