Rabu, 25 Desember 2019

Mau Apply Visa Korea? Baca Dulu Ini

Tak sedikit traveler yang menyukai dan ingin traveling ke Korea Selatan. Kalau kamu salah satunya, ketahui dulu proses apply visa Korea.

Selain pulau Jeju yang free visa, kita membutuhkan visa untuk bisa masuk ke negeri Ginseng, Korea Selatan. Namun, kabar yang beredar adalah Visa Korea cukup sulit untuk didapatkan. Tentu kabar itu cukup meresahkan, mengingat minat warga Indonesia untuk mengunjungi Korea sangat tinggi sekali.

Ada beberapa poin yang menggambarkan kejamnya Visa Korea. Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa mitos kekejaman Visa korea yang tidak saya temukan kebenarannya.

 1. 'Paspor kosong' besar kemungkinan akan sulit diapprove

Kabar ini santer beredar di lingkungan kita. Alasannya adalah pihak kedutaan mungkin saja tidak akan memberikan Visa ke orang yang paspornya masih kosong, belum ada rekam jejak perjalanan ke luar negeri sekali pun.

Kebetulan, saya apply Visa Korea bersama adik saya. Paspor adik saya baru saja selesai dibuat oleh pihak imigrasi pada hari Senin, dan hari Jumat kami apply Visa Korea. Kami berdua mengajukan visa tanpa lewat pihak ketiga (travel).

Tapi catatan penting untuk Visa Korea adalah pihak kedutaan meminta kita mencantumkan salah satu visa Negara OECD kalau kita pernah berkunjung ke salah satu Negara itu. Mungkin ini yang dimaksud dengan mitos paspor kosong akan sulit mendapatkan Visa Korea. Tidak perlu khawatir jika paspormu kosong, namun dokumen pendukung lainnya lengkap, sebagaimana berkaca pada pengalaman saya.

*List negara OECD bisa dilihat di link ini https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_Kerja_Sama_dan_Pembangunan_Ekonomi

Maka yang menjadi catatan adalah asal dokumen yang diminta oleh pihak kedutaan lengkap, maka proses pengajuan Visa tidak akan menemui kesulitan.

2. Uang di rekening minimal 30 juta.

  Kabar ini juga santer beredar. Visa Korea mengharuskan pemohon visa Korea harus memiliki uang di rekeningnya minimal 30 juta. Uang itu pun jumlahnya harus stagnan, tidak naik turun dengan cepat.

Bahkan ketika saya meminta surat referensi dari bank, teller bank itu kaget dengan jumlah uang saya yang hanya berjumlah kisaran 18 juta.

Setahu saya, Visa korea minimal uangnya 30 juta ya mas? Ini gak kurang?
Gatau juga Mbak. Namanya juga usaha.

Saya mendapatkan Visa dengan uang yang kurang dari 30 juta. Kalau melihat dari pengalaman orang lain ketika apply visa Korea pada tulisan pengalaman mereka, jumlah uang di rekening sesuaikan dengan lamanya kita di Korea. Perkiraannya satu hari di Korea menghabiskan uang kisaran 100-200 USD, untuk meyakinkan pihak kedutaan. Mungkin saja karena waktu saya di korea yang tidak begitu lama, visa saya diberikan oleh pihak kedutaan.

Jadi jangan takut jika uang di rekening kita kurang dari 30 juta. Sesuaikan dengan lamanya kita di Korea. Namun, semakin banyak uangmu di rekening bank, pihak kedutaan akan semakin percaya dan mempermudah visa Koreamu.

Sejak tanggal 2 Mei 2019, pengajuan Visa Korea dapat diajukan di Korea Visa Application Center (KVAC), Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan. Jadi untuk mengajukan Visa Korea, kamu tidak perlu lagi pergi ke Kedutaan Besar Republik Korea di Jakarta.

Semoga bermanfaat, dan semoga Visa Koreamu dipermudah. Imagine your Korea!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar