Selasa, 24 Desember 2019

Bukan di Afrika, Ini di Selatan Indonesia

 Bayangkan padang savana yang luas dengan hutan dan lanskap bebatuan raksasa. Bukan di Afrika, ini di Rote di selatan Indonesia.

Kabupaten Rote Ndao di NTT dengan Pulau Rote yang merupakan pulau terbesar dan paling banyak penduduknya, memiliki banyak destinasi wisata. Salah satunya adalah Batu Termanu.

Tim Tapal Batas detikcom bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) mendatangi Batu Termanu baru-baru ini. Lokasinya berada di Desa Onatali, tak jauh dari pusat Kota Baa, Kecamatan Lobalain.

Tampak dari kejauhan, sebuah batu besar menjulang tinggi terlihat unik dan indah. Jalanan menuju ke sana masih alami berupa bebatuan dan pasir, harus berhati-hati apalagi kalau naik sepeda motor.

Begitu tiba di Batu Termanu, batu besar tersebut makin terlihat jelas. Inilah dia Batu Termanu!

Lanskap savana terlihat sejauh mata memandang. Pepohonan lebat berada di beberapa titik bersama semak belukar. Tak ketinggalan, bentangan pantai berkontur landai.

"Batu Termanu ini merupakan salah satu destinasi wisata paling terkenal di Rote. Banyak yang datang untuk foto-foto di sini sampai menikmati sunset," kata Frengky, warga setempat yang memandu kami.

Di Batu Termanu, kami melangkah ke sebelah kanan. Trekking mendaki perbukitan berbatu untuk melihat lanskap Batu Termanu dan padang savana dari ketinggian. Indah nian!

Yang harus kamu ketahui, Batu Termanu masih merupakan objek wisata yang alami. Belum ada fasilitas penunjang pariwisata seperti tempat makan, toilet dan sebagainya. Untuk itu, ada baiknya kamu menyediakan bekal makanan dan menjaga kebersihan.

Baiknya, datang ke Batu Termanu pada siang menjelang sore. Saat itulah cahaya senja bersinar keemasan dan matahari terbenam begitu indah.

Batu Termanu memiliki 2 batu besar, yakni disebut Batu Hun dan Batu Suelai. Batu-batu tersebut memiliki banyak cerita dan mitos, yang konon dulunya berpindah-pindah.

Penasaran? Tunggu artikel selanjutnya!

Untuk mengetahui informasi dari program ini ikuti terus berita tentang Tapal Batas di tapalbatas.detik.com

Kisah Puncak Gunung yang Hilang di Eropa

 Gunung tertinggi di Swedia, Eropa telah kehilangan gelarnya. Ya, gunung itu bukan yang tertinggi lagi. Apa penyebabnya?

Dilansir CNN, Jumat (13/9/2019), perubahan iklim adalah penyebabnya. Akibat pemanasan global, gletser yang menutupi puncaknya terus menyusut dan para ilmuwan telah mengkonfirmasi hal itu.

Puncak selatan Gunung Kebnekaise yang tertutup gletser, yang terletak di ujung utara negara itu, tingginya sekarang hanya 2.095,6 mdpl. Itu merupakan ketinggian terendah yang pernah diukur.

"Untuk pertama kalinya sejak 1880 kita dapat mengatakan dengan pasti bahwa itu lebih rendah daripada puncak lainnya," Gunhild Ninis Rosqvist, seorang profesor geografi Universitas Stockholm yang telah mengukur puncak gunung itu setiap tahun.

"Tahun lalu kami mencurigainya, tetapi tidak pernah turun di bawah puncak lainnya. Sekarang, kami mengukurnya saat meleleh pada 3 September menggunakan teknologi GPS dengan margin kesalahan hanya beberapa sentimeter," imbuh dia.

Selama 50 tahun terakhir, ketinggian puncak selatan Gunung Kebnekaise telah menurun 24 meter. Itu sangat mengkhawatirkan.

Yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah dalam 10 tahun terakhir tingkat lelehnya satu meter per tahun. Bahkan hal tak terduga lainnya adalah semakin hangatnya saat musim dingin.

"Suhu di musim panas telah meningkat. Sebenarnya, mereka telah meningkat sepanjang tahun. Bahkan musim dingin sedang menghangat di sini," kata Ninis.

"Apa yang terjadi di puncak selatan Kebnekaise mewakili semua gletser di Skandinavia saat ini. Itu adalah simbol untuk pencairan gletser. Mereka semua mencair dengan sangat cepat," imbuh dia.

Suhu semakin hangat dan gletser semakin menipis

Ada kemungkinan bahwa gletser akan ada penumpukan salju dan es selama musim dingin. Itu akan membantu puncak selatan menjadi puncak tertinggi Swedia, tapi itu hanya sementara.

"Tingkat penyusutan telah meningkat karena cuaca yang semakin hangat dan hangat. Musim dingin yang bersalju dapat menyeimbangkannya. Nasib buruk akan menimpa gletser," tambah Ninis Rosqvist.

Temperatur ekstrem musim panas kali ini mencatat rekor di Swedia, Finlandia dan Norwegia yang berada di atas Lingkaran Arktik. Serangkaian kebakaran hutan menimpa dan belum pernah terjadi sebelumnya di Swedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar