Kamis, 16 Juli 2020

Akun Twitter Bill Gates, Elon Musk dan Jeff Bezos Diduga Diretas

Akun Twitter Bill Gates, Elon Musk, Jeff Bezos diduga diretas dan memposting tweet yang mengajak pengikutnya mengirim bitcoin ke suatu alamat. Selain ketiganya, akun Twitter milik Barack Obama, Joe Biden, Warren Buffett, Kanye West, Kim Kardashian, Mike Bloomberg dan Apple dilaporkan mengalami hal serupa.
Diketahui Elon Musk menjadi akun pertama yang diretas. Dalam postingannya dia akan menggandakan pembayaran yang dikirim ke alamat bitcoin yang dicantumkan. Selang tidak berapa lama akun milik Bill Gates berkicau hal yang sama.

"Semua orang meminta saya untuk memberi kembali, inilah waktunya. Saya menggandakan semua kiriman ke alamat BTS saya dalam 30 menit. Kamu kirim USD 1.000, saya kirim balik USD 2.000," demikian sisi tweet Gates.

Kicauan tersebut pertama muncul di akun pendiri Microsoft ini pada Rabu siang pukul 13.34 waktu setempat, tetapi kemudian dihapus. Tweet yang sama muncul lagi pukul 13.48.

Juru bicara Gates kepada CNN Business memastikan tweet tersebut tidak dikirim oleh Gates. "Ini tampaknya menjadi bagian dari masalah besar yang dihadapi Twitter. Twitter sadar dan berupaya memulihkan akun." Sementara perwakilan Bezos dan Musk belum memberi komentar hingga kini.

Terkait peretas ini sendiri pihak Twitter sudah buka suara. "Kami mengetahui adanya insiden keamanan yang mempengaruhi akun di Twitter. Kami sedang menyelidiki dan mengambil langkah-langkah untuk memperbaikinya. Kami akan segera memperbarui semua orang," tulis Twitter di akun resminya.

Banyaknya jumlah akun terkemuka yang terkena dampak menjadi insiden keamanan terbesar dalam sejarah Twitter. Peretasan seperti ini akan memiliki konsekuensi besar, bukan hanya karena penipuan keuangan, tetapi karena begitu banyak pemimpin dunia menggunakan Twitter.

Teresa Payton, mantan Kepala Pejabat Informasi Gedung Putih dan CEO Fortalice Solutions, mengatakan bahwa ia mengharapkan Twitter untuk memberikan laporan lengkap yang merinci bagaimana dan mengapa akun-akun ini diretas.

"Mereka perlu meminta maaf kepada para VIP dan kepada orang-orang yang ditipu," kata Payton kepada CNBC.

"Hal berikutnya yang perlu mereka lakukan adalah melakukan investigasi yang menyeluruh dan transparan, dan mereka perlu membagikan apa yang mereka bisa tentang siapa penyerang itu dan bagaimana mereka melakukannya."

Setelah beberapa menit tweet dari tokoh ternama diposting, akun bitcoin yang muncul di beberapa kicauan tercatat telah membukukan 320 transaksi dan menerima lebih dari USD 113 ribu atau kisaran Rp 1,6 miliar. Imbas peretasan ini membuat saham Twitter merosot lebih dari 3%.

Luruskan Arah Kiblat, Lapan Ungkap Peran Matahari

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin menjelaskan alasan bayangan Matahari jadi patokan untuk memperbaiki arah kiblat.
Diketahui, pada hari ini, Kamis (16/7) pukul 16.27 WIB menjadi waktu yang pas bagi umat Muslim di Indonesia mengecek kembali arah kiblatnya, di mana saat itu posisi Matahari tepat berada di atas Ka'bah.

Lapan mengungkapkan fenomena ini merupakan kedua kalinya setelah sebelumnya terjadi pada 27 Mei. Hal ini dikarenakan sumbu rotasi Bumi yang miring 66,6 derajat terhadap orbit Bumi, sehingga mengalami pergerakan semu tahunan yang bervariasi antara 23,4 derajat LU pada 21 Juni hingga 23,4 derajat LS pada 21 Desember.

"Apakah arah kiblat berubah, tidak," tulis Thomas dikutip dalam halaman blog pribadinya.

"Sebenarnya arah kiblat tidak berubah. Perlunya penyempurnan atau pemeriksaan ulang karena sebagian besar masjid atau musala arah kiblatnya ditentukan sekadar perkiraan dengan mengacu secara kasar arah kiblat masjid yang sudah ada atau dengan menggunakan kompas yang tidak akurat," tuturnya.

Dengan memanfaatkan bayangan Matahari di momen-momen tertentu, kata Thomas, arah kiblat akan lebih mudah dan lebih akurat ditentukan.

"Waktunya diberikan banyak pilihan, silakan gunakan waktu yang sesuai dengan mempertimbangkan keadaan cuaca dan konversi waktu setempat. Arah kiblat bisa ditentukan dari bayangan benda vertikal, misalnya tongkat, kusen jendela/pintu, atau sisi bangunan," papar Thomas.
https://indomovie28.net/bem-episode-1-subtitle-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar