Jumat, 24 Juli 2020

3 Hal Penting Soal Ketersediaan Vaksin Corona di Indonesia, Apa Saja?

 Saat ini, seluruh negara tengah berjuang untuk mengembangkan vaksin corona, begitupun di Indonesia. Salah satu upaya pengadaan vaksin adalah kerjasama. Dalam hal ini, kerjasama tersebut dilakukan oleh perusahaan farmasi China dengan Bio Farma, yang rencananya akan dilakukan uji klinis fase 3.
Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, mengatakan vaksin ini menjadi salah satu program Perpres untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan menangani COVID-19. Pengembangan vaksin Corona yang dilakukan oleh Bio Farma dan Sinovac ini diharapkan bisa selesai sesuai waktu yang telah ditentukan.

"Kerja sama antara Biofarma dan Sinovac sekarang menuju fase 3. Harapannya, akan bisa selesai dalam waktu yang memadai," kata Wiku dalam Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (24/7/2020).

Wiku mengatakan, dalam pembuatan vaksin tim Satgas Penanganan COVID-19 membentuk pakar-pakar untuk meneliti apakah vaksin Corona tersebut sesuai dan cocok untuk masyarakat Indonesia. Selain itu, Wiku juga menyampaikan tiga hal penting yang diprioritaskan dalam pengembangan vaksin di Indonesia, yaitu:

1. Aman = Vaksin harus mampu memberikan perlindungan kepada masyarakat Indonesia, dan tidak memberikan efek samping.

2. Tepat = Vaksin yang dikembangkan bisa menimbulkan kekebalan spesifik terhadap jenis virus Corona yang beredar di Indonesia.

3. Cepat = Vaksin yang sedang dikembangkan diharapkan bisa menjalankan seluruh uji dengan cepat dan tepat untuk melindungi masyarakat Indonesia. Selain itu, vaksin ini diharapkan juga bisa diproduksi dengan cepat, baik, dan jumlahnya memadai untuk bisa diberikan pada rakyat Indonesia.

4 Cara Enyahkan Bau Mulut Saat Pakai Masker Seharian

Selama pandemi virus Corona COVID-19, masyarakat di seluruh dunia dianjurkan untuk menggunakan masker demi menghindari paparan virus Corona. Salah satu masalah yang sering dialami oleh masyarakat selama menggunakan masker adalah bau mulut.
Meski terlihat sederhana, namun bau yang keluar dari mulut saat memakai masker bisa penggunanya merasa terganggu. Dikutip dari laman CNA, berikut empat cara untuk menghilangkan bau mulut saat pakai masker. Apa saja?

1. Jangan terlalu sering bernapas lewat mulut
Sebagian orang tidak menyadari bahwa mereka lebih sering bernapas menggunakan mulut saat mengenakan masker. Bernapas lewat mulut secara alami membuat mulut lebih kering, yang secara alami membuat napas kamu lebih bau.

"Ketika kita bernafas, terutama dengan mulut kita, udara lembab yang dihasilkan oleh bakteri terjebak dalam kain masker. Ketika tetesan mengering, mereka meninggalkan bau pada kain masker," kata Dr Koh Chu Guan, seorang konsultan senior di National Dental Centre Singapore Departemen Restorative Dentistry, Unit Periodontik.

2. Jika banyak berbicara, minum banyak air
"Jika Anda memiliki mulut kering, mungkin lebih baik minum air sesering mungkin," kata Dr Koh.

Untuk menutupi bau mulut, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi permen mint bebas gula atau berkumur dengan pembersih mulut bebas alkohol.

3. Perhatikan makanan yang dikonsumsi
Beberapa jenis makanan yang kamu konsumsi ternyata bisa menjadi penyebab bau mulut. Di antaranya disebabkan oleh makanan yang tinggi karbohidrat terutama dalam makanan ringan dan makanan manis, yang meningkatkan terjadinya halitosis atau bau mulut.

"Makanan yang disarankan untuk membantu mengurangi bau mulut termasuk peterseli, paprika merah dan brokoli," kata Dr Chng.
https://nonton08.com/resident-evil-damnation/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar