Senin, 27 Juli 2020

3 WNI Positif Terinfeksi, Patahkan Mitos Orang Indonesia Kebal Corona

 Berawal dari Indonesia yang belum mendeteksi kasus virus corona (COVID-19), muncul candaan di antara netizen bahwa orang Indonesia kebal terhadap penyakit ini. Candaan semakin populer seiring berjalannya waktu dan negara-negara tetangga melaporkan peningkatan kasus.
"Orang Indonesia udah kebal sama virus corona. Makanan jatuh ke lantai aja selama belum 5 menit diambil terus dimakan lagi," ujar salah satu pengguna Facebook.

Terkait hal tersebut belakangan dilaporkan ada tiga warga negara Indonesia (WNI) yang positif terinfeksi virus corona di kapal pesiar Diamond Princess di Jepang. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan ketiga WNI tersebut dirawat di rumah sakit.

"Tim KBRI mungkin saat ini sudah berada di Chiba pagi tadi mereka sedang menuju ke Chiba untuk memastikan bahwa WNI kita mendapatkan penanganan yang baik dari otoritas di Jepang," tutur Retno pada hari Selasa (18/2/2020) lalu.

Selain 3 WNI di Jepang, sebetulnya ada juga satu WNI yang dirawat karena virus corona di Singapura. Kabar ini pertama kali muncul pada awal Februari lalu oleh Kementerian Kesehatan Singapura.

Total sudah ada 4 WNI yang terkonfirmasi positif virus corona di luar negeri. Ini artinya candaan bahwa orang indonesia kebal virus corona tidak terbukti.

"Pemerintah memastikan bahwa 3 WNI yang bertugas sebagai kru kapal pesiar Diamond Princess positif COVID-19. Dengan demikian, sampai saat ini belum ada bukti yang kuat bahwa virus ini cenderung menginfeksi ras atau etnis tertentu. Siapa saja bisa terinfeksi," ungkap vaksinolog dr Dirga Sakti Rambe, SpPD, MSc, dari OMNI Hospitals Pulomas pada detikcom.

Australia 'Waspadai' Pendatang RI Soal Corona, Kemenkes: Silakan Saja

Departemen Kesehatan negara bagian Victoria akhir pada (15/2/2020) memberikan peringatan pada pendatang-pendatang dari luar negeri. Mengutip ABC, beberapa pendatang yang dilakukan pengetesan klinis berasal dari negara Hong Kong, Jepang, Singapura, Thailand, dan Indonesia.
Menanggapi Indonesia termasuk salah satu negara yang dikategorikan 'people under observation', dr Achmad Yurianto, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan mengaku tak keberatan. Menurutnya, silahkan saja jika Indonesia merasa perlu dicurigai.

"Iya kalau soal itu karena mereka nggak percaya sama kita kan," tegasnya saat ditemui di Lantai 5, Jiexpo International, Jakarta Pusat, Rabu (18/2/2020).

Ia tidak akan menanggapi lebih lanjut kecurigaan tersebut, karena sampai saat ini Indonesia memang benar-benar belum memiliki kasus virus corona COVID-19. Dicurigai oleh negara orang menurutnya bukan suatu hal yang perlu diperhatikan.

"Iya enggak apa-apa, mengatakan mereka dicurigai karena nggak yakin gapapa, silahkan saja bagi saya nggak ada ruginya dicurigai," katanya kembali menegaskan.

Kenali Gejala Sakit Jantung yang Seringkali Disangka Nyeri Lambung

Beredar pesan yang menyebut penyebab meninggalnya Ashraf Sinclair disebabkan oleh GERD atau nyeri lambung yang menekan jantung sehingga organ tersebut tidak berfungsi lagi.
Meski telah diungkap bahwa kedua hal tersebut tidak memiliki keterkaitan, beberapa pasien memang terkadang salah mengartikan sakit lambung dengan gejala serangan jantung.

"Pasien keluhannya nyeri ulu hati, keringat dingin, dan dia bilang dia sakit lambung. Nah tapi dari EKG dan pemeriksaan enzim jantung arah diagnosisnya malah ke arah serangan jantung," kata spesialis jantung dari RS Siloam Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP, kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Selain gejalanya sulit dibedakan, serangan jantung bagian bawah memang bisa terasa seperti sakit lambung misalnya begah atau kembung karena letaknya berdekatan.

"Sakit lambung saja harusnya tidak menyebabkan kematian mendadak. Orang bisa meninggal mendadak secara alami penyebabnya antara serangan jantung, stroke atau diseksi aorta," terang dr Vito.

Munculnya rasa sakit di ulu hati, kejang-kejang dan keringat dingin memang umumbya tanda serangan jantung. Saat pasien mengalami nyeri yang disebabkan penyakit jantung, ia juga bisa mengalami gejala penyerta yang lain seperti tubuh tiba-tiba berkeringat.
https://nonton08.com/invisible-hentai-man-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar