Kamis, 30 Juli 2020

3 Alasan Pisang Bukan Menu Ideal untuk Sarapan, Sebaiknya Dihindari

Saat pagi hari, waktu terasa berputar dengan cepat sehingga rasanya seperti dikejar-kejar. Hal ini menyebabkan seseorang melewatkan sarapan.
Beberapa orang berpikir daripada harus menjalani aktivitas dengan perut kosong, tidak ada salahnya makan pisang untuk menganjal perut.

Pisang memang mengandung kallium dan vitamin B6 bermanfaat bagi tubuh. Namun, sayangnya pisang tidak baik untuk dikonsumsi saat perut sedang kosong.

Pakar gizi, Dr Daryl Gioffre, dikutip dari Mirror, menyatakan bahwa mengonsumsi pisang untuk sarapan merupakan hal yang buruk untuk sarapan, karena pisang mengandung 25 persen gula dan agak asam. Jika mengonsumsi pisang dengan perut kosong akan menyebabkan rasa lelah dan mudah lapar.

Dr Gioffre menyarakan, jika ingin mengonsumsi pisang sebaiknya bersamaan dengan makanan yang berlemak (lemak sehat) dengan rempah-rempah.

"Karena pisang bersifat asam, Anda harus menetralkan asam untuk mendapatkan manfaat dari kalium, serat, dan magnesium tanpa gula terburu-buru. Tanpa menyeimbangkan sarapan pisang dengan lemak sehat, banyak manfaat pisang hilang, sementara lonjakan gula darah dan asam diperoleh." ucap Dr Gioffre, dikutip dari Mirror.

Penelitian lain dari Dr Anju Sood, ahli gizi di Bengaluru, dikutip dari Ndtvfood, mengatakan hal yang sama bahwa pisang sebaiknya tidak di konsumsi dengan perut kosong.

"Kandungan magnesium yang tinggi dapat menyebabkan ketidakseimbangan antara kalsium dan magnesium dalam darah, yang selanjutnya dapat memiliki efek buruk pada sistem kardiovaskular (sakit jantung)," kata Dr Sood, dikutip dari Ndtvfood.

Dikutip dari Ndtvfood, meskipun pisang mengandung kalium, serat, dan magnesium, bukan pilihan yang baik untuk dikonsumsi saat perut kosong. Ini alasannya:

1. Tingginya jumlah gula yang terkadung dalam pisang memang meningkatkan energi, tetapi juga bisa membuat energi terasa terkuras setelah beberapa jam mengonsumsinya.

2. Pisang membuat menjadi ngantuk dan lelah setelah mengonsumsinya.

3. Pisang bersifat asam, sehingga dapat menyebabkan masalah usus jika dikonsumsi saat perut kosong.

Jadi, tidak masalah jika mengonsumsi pisang di pagi hari tetapi jangan saat perut dalam keadaan kosong, dan harus di sertai dengan makanan lain seperti sereal, susu, atau oatmeal.

Berapa Jumlah Telur yang Aman untuk Dikonsumsi?

- Telur kaya akan sumber vitamin D, B6, B12 dan mineral, sehingga dianggap makanan yang ideal untuk anak-anak yang sedang masa pertumbuhan. Telur juga baik dikonsumsi saat sedang berdiet karena dapat membantu menurunkan berat badan.
Walaupun banyak manfaatnya, telur masih menjadi kontroversi bagi kesehatan jantung. Namun, Studi dari McMaster University dan Hamilton Health Sciences, yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, dikutip dari Livestrong, menemukan bahwa makan satu telur dalam sehari tidak terkait dengan risiko penyakit jantung.

Meskipun disimpulkan telur tidak menganggu kesehatan jantung, penelitian lain menemukan bahwa telur meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Studi yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition pada Februari 2011 tersebut menemukan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 dan mengonsumsi dua butir telur/hari memiliki peningkatan kolesterol yang lebih besar daripada orang yang mengonsumsi 3,5 ons protein tanpa lemak.

Selain itu, telur juga bisa meningkatkan tekanan darah dan kontrol gula darah.

Pada umumnya, dokter menyarankan tidak mengonsumsi lebih dari 300 mg kolesterol setiap hari dan telur mengandung 373 mg kolesterol.

Lalu, berapa jumlah mengonsumsi telur yang aman?
Telur memang merupakan sumber nutrisi penting yang tidak mahal, beberapa peneliti merekomendasikan untuk membatasi konsumsi bagi pengidap diabetes tipe 2.

"Untuk orang sehat, telur tidak secara signifikan mempengaruhi risiko penyakit jantung Anda. Tetapi bagi orang dengan diabetes tipe 2 atau penyakit jantung, kami sarankan untuk makan kurang dari tujuh telur per minggu. Ini terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung," kata ahli gizi Maria Packart, dikutip dari Nowtolove.

Meskipun tidak ada batas yang baku untuk mengonsumsi telur, tapi perlu di ingat ya sesuatu yang berlebihan tidak baik, lho.
https://cinemamovie28.com/guardian/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar