Minggu, 26 Juli 2020

Miss V Tiba-tiba Berdenyut? Ini 3 Kemungkinan Penyebabnya

Daerah vagina yang berdenyut mungkin akan menimbulkan rasa kaget sekaligus khawatir karena vagina merupakan area yang sensitif bagi wanita.
Jika mengalami hal tersebut, sebagian wanita mungkin akan langsung mencurigai ada masalah kesehatan.

Dikutip dari Medicalnewstoday, berdenyutnya vagina masih menjadi hal yang misterius, tetapi masalah tersebut sangat normal terjadi pada wanita sehingga tidak perlu terlalu khawatir. Berikut penyebab vagina tiba-tiba berdenyut.

1. Disfungsi dasar panggul
Dasar panggul merupakan lapisan otot yang menghubungkan tulang panggul ke pangkal tulang belakang. Pada wanita, otot-otot dasar panggul juga menopang rahim dan mengelilingi area vagina. Istilah disfungsi dasar panggul (pelvic floor dysfunction atau PFD) menggambarkan penurunan kontrol otot-otot dasar panggul.

PFD dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk kejang otot. Ketika otot-otot dasar panggul kejang, terasa seperti ada getaran di vagina.

2. Kejang otot
Kejang otot adalah kontraksi tiba-tiba atau tidak disengaja yang disebabkan satu atau lebih otot yang ada di dalam tubuh. Ketika terjadi kejang otot, wanita dapat merasakan sensasi getaran atau seperti berdenyut.

3.Vaginismus
Vaginismus adalah kondisi kesehatan yang melibatkan kejang otot-otot dasar panggul di sekitar vagina. Ini dapat menyebabkan rasa sakit pada lubang vagina.

Lantas, kapan kita harus ke dokter?
Segera ke dokter jika sensasi getar di vagina menjadi lebih sering atau intens dan sensasi tersebut disertai dengan gejala lain seperti berikut.

1. Rasa sakit selama hubungan seksual
2. Rasa sakit saat buang air kecil
3. Keluar darah dalam urine
4. Keputihan secara berlebihan
5. Nyeri di daerah panggul
6. Terjadi pendarahan di vagina

Dikaitkan dengan Kematian Editor Metro TV, Kenali 5 Fakta Depresi

Polisi menduga editor Metro TV Yodi Prabowo meninggal karena bunuh diri, dipicu oleh depresi. Keluarga tidak puas dengan dugaan tersebut, dan meyakini Yodi tak mungkin punya niat mengakhiri hidupnya sendiri.
Yodi ditemukan meninggal dunia beberapa waktu lalu di pinggir Tol JORR Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Ditemukan pisau tak jauh dari lokasi penemuan jasad Yodi.

Terlepas dari dugaan tersebut, depresi merupakan masalah kejiwaan yang kerap disepelekan. Padahal tak jarang, keinginan mengakhiri hidup muncul dari depresi yang berlarut-larut.

Beberapa fakta tentang depresi terangkum sebagai berikut:

1. Depresi disebabkan oleh banyak faktor
Memang tidak diketahui secara pasti apa yang menyebabkan depresi, tetapi biasanya depresi melingkupi banyak faktor. Tidak hanya stres atau masalah eksternal lainnya, depresi juga bisa disebabkan karena faktor internal, misalnya perubahan hormon tubuh (biasanya dirasakan oleh ibu yang baru melahirkan), penyakit tiroid, menopause, adanya perubahan fungsi dari neurotransmitter (bahan kimia otak).

2. Sering disepelekan
Sebelum ditemukan, Yodi sempat menyampaikan ungkapan yang tidak biasa, "Kalau saya tidak ada bagaimana?"

Menurut psikolog forensik Reza Indragiri Amriel, perkataan semacam ini tidak boleh dianggap sepele. Mengutip WHO, Reza mengatakan 60 persen transisi terkait bunuh diri berlangsung 12 bulan sejak pemikiran tersebut muncul.

"Awam barangkali menganggap sepele perkataan semacam itu. Tapi dari perspektif psikologi, kalimat tersebut merupakan pertanda suicidal ideation (pemikiran tentang bunuh diri). Pemikiran semacam ini sama sekali tidak boleh dianggap enteng," tulis Reza dalam pesan yang diterima detikcom.

3. Gejala depresi
Gejala depresi sangat beragam, bahkan ada yang nyaris tidak bergejala. Kondisi ini menyebabkan banyak kasus depresi berlarur-larut karena tidak ketahuan.

Namun beberapa gejala yang bisa dikenali seperti dikutip dari Mayo Clinic adalah sebagai berikut:

- Perasaan sedih, takut, kesepian, dan putus asa.
- Mudah marah, tersinggung, bahkan pada hal kecil sekalipun.
- Kehilangan minat atau tidak menikmati lagi aktivitas normal.
- Susah tidur, atau sebaliknya jadi banyak tidur.
- Dan sebagainya.

4. Butuh support
Reza mengatakan, seseorang yang mengalami suicidal ideation sangat membutuhkan dukungan. Sangat disarankan untuk mencari bantuan medis dan psikis. Lingkungan yang suportif juga penting sebagai protective factor untuk mencegah bunuh diri.

5. Cara mengatasi
Tidak ada rumus baku untuk mencegah depresi, pada setiap orang pendekatannya bisa berbeda-beda. Akan tetapi jika kamu tengah merasa tertekan, sebaiknya lebih intens berbicara kepada keluarga dan teman-teman terdekat untuk mendengarkan kesulitanmu. Hal ini merupakan upaya awal yang bisa mencegah depresi. Namun yang terpenting, berceritalah dengan orang yang paling kamu percaya.
https://kamumovie28.com/astro-boy-tetsuwan-atom-episode-36/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar