Rabu, 29 Juli 2020

Mengenal CrossFit, Olahraga yang Ditekuni Almarhum Ashraf Sinclair

Semasa hidup, almarhum Ashraf Sinclair dikenal rajin berolahraga. Salah satu variasi olahraga yang ditekuni suami Bunga Citra Lestari (BCL) tersebut adalah CrossFit.
Meski mungkin namanya terdengar asing, Crossfit sebenarnya cukup populer di kota-kota besar. Pusat-pusat kebugaran yang mengusung konsep Crossfit mudah sekali ditemui saat ini. Crossfit Box, demikian tempat itu biasa disebut.

Sebenarnya, apa itu CrossFit?
Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI) dalam situsnya menyebut CrossFit sebagai program latihan yang menggabungkan dua unsur sistem aerobik dan anaedobik. Penekanannya adalah perpaduan antara latihan interval intensitas tinggi (HIIT), angkat beban, gymnastic, dan disiplin lainnya.

Ciri khas CrossFit lainnya adalah mengedepantan latihan fungsional. Artinya, gerakan-gerakan yang dilakukan adalah gerakan yang dalam kehidupan sehari-hari memang banyak dilakukan, seperti angkat beban, bergelantungan, dan tentu saja lari.

Bagaimana sejarah CrossFit?
Singkatnya, CrossFit didirikan oleh Greg Glassman. Mantan atlet senam yang juga personal trainer ini mendirikan CrossFit pertama kali di Santa Cruz, California pada 1995.

Di era 1990-an, program yang dibikin Grassman dipakai untuk melatih para polisi di Santa Cruz. Tidak heran bila gaya latihannya hingga saat ini mirip-mirip militer.

Benarkah rawan cedera?
Tentu saja sangat tergantung kondisi individual. Beberapa kritik memang menyebut adanya risiko cedera yang tinggi, mengingat ada banyak gerakan dan program yang terhitung ekstrem. Namun dalam praktiknya, seorang instruktur CrossFit selalu menawarkan regresi atau versi yang lebih mudah sesuai kemampuan.

Direktur Rumah Sakit di Wuhan Meninggal karena Terinfeksi Virus Corona

 Direktur salah satu rumah sakit yang memimpin penanganan wabah virus corona (COVID-19) di kota Wuhan, China, dikabarkan meninggal dunia. Liu Zhiming (51) dari Wuhan Wuchang Hospital meninggal akibat terinfeksi oleh virus.
Dikutip dari The Straits Times, tim medis dari Beijing turut membantu perawatan Liu. Ia dinyatakan meninggal pada Selasa (18/2/2020) pukul 10.54 waktu setempat.

Kematian Liu menambah deretan tenaga medis yang gugur saat menangani wabah virus corona di China. Belum lama dikabarkan seorang dokter 'whistle blower', Li Wenliang (33), yang pertama kali menemukan virus pada Desember 2019 lalu juga meninggal karena virus ini.

Seorang pejabat kesehatan senior di China beberapa hari lalu menyebut ada 1.716 tenaga kesehatan yang terinfeksi virus corona.

Sementara Hingga 17 Februari dilaporkan sudah ada lebih dari 72 ribu kasus virus corona di dunia dan sekitar 1.800 di antaranya meninggal dunia.

Meninggalnya Ashraf Sinclair, Waspada Serangan Jantung Diam-diam

Berita duka kembali datang dari dunia hiburan Tanah Air. Suami musisi sekaligus aktris ternama Bunga Citra Lestari (BCL), Ashraf Sinclair meninggal dunia. Menurut informasi yang beredar, aktor berumur 40 tahun ini meninggal sekitar pukul 04.51 WIB pagi tadi akibat serangan jantung.
Para kerabat dari Ashraf pun mengklaim bahwa Ashraf semasa hidupnya tidak memiliki riwayat penyakit jantung dan cenderung hidup sehat. Pertanyaannya apakah penyakit jantung bisa menyerang secara diam-diam tanpa menunjukkan gejala sakit jantung pada umumnya?

Dilansir dari website resmi Harvard Health Publishing, ternyata penyakit jantung bisa menyerang diam-diam tanpa disadari. Serangan jantung seperti ini disebut dengan Silent Myocardial Infarction (SMI) yang kebanyakan menyerang 45% pria dibandingkan dengan wanita.

Disebut menyerang diam-diam karena gejalanya tak terlihat seperti penyakit jantung. Pada penderita penyakit jantung biasanya mengalami nyeri pada dada dengan tekanan yang ekstrem, rasa menusuk dan sakit di lengan, leher atau rahang, napas yang pendek secara tiba-tiba, mudah berkeringat dan pusing.

"Gejala SMI biasanya sangat tidak terlihat dan singkat. Biasanya penderitanya tidak menyadari dan bingung makanya mereka mengabaikannya," kata Direktur Program Pencegahan Penyakit Pembuluh Darah Dr Jorge Plutzky dari Rumah Sakit Brigham yang berafiliasi dengan Harvard.
https://nonton08.com/private-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar