Senin, 27 Juli 2020

Australia 'Waspadai' Pendatang RI Soal Corona, Kemenkes: Silakan Saja

Departemen Kesehatan negara bagian Victoria akhir pada (15/2/2020) memberikan peringatan pada pendatang-pendatang dari luar negeri. Mengutip ABC, beberapa pendatang yang dilakukan pengetesan klinis berasal dari negara Hong Kong, Jepang, Singapura, Thailand, dan Indonesia.
Menanggapi Indonesia termasuk salah satu negara yang dikategorikan 'people under observation', dr Achmad Yurianto, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan mengaku tak keberatan. Menurutnya, silahkan saja jika Indonesia merasa perlu dicurigai.

"Iya kalau soal itu karena mereka nggak percaya sama kita kan," tegasnya saat ditemui di Lantai 5, Jiexpo International, Jakarta Pusat, Rabu (18/2/2020).

Ia tidak akan menanggapi lebih lanjut kecurigaan tersebut, karena sampai saat ini Indonesia memang benar-benar belum memiliki kasus virus corona COVID-19. Dicurigai oleh negara orang menurutnya bukan suatu hal yang perlu diperhatikan.

"Iya enggak apa-apa, mengatakan mereka dicurigai karena nggak yakin gapapa, silahkan saja bagi saya nggak ada ruginya dicurigai," katanya kembali menegaskan.

Kenali Gejala Sakit Jantung yang Seringkali Disangka Nyeri Lambung

Beredar pesan yang menyebut penyebab meninggalnya Ashraf Sinclair disebabkan oleh GERD atau nyeri lambung yang menekan jantung sehingga organ tersebut tidak berfungsi lagi.
Meski telah diungkap bahwa kedua hal tersebut tidak memiliki keterkaitan, beberapa pasien memang terkadang salah mengartikan sakit lambung dengan gejala serangan jantung.

"Pasien keluhannya nyeri ulu hati, keringat dingin, dan dia bilang dia sakit lambung. Nah tapi dari EKG dan pemeriksaan enzim jantung arah diagnosisnya malah ke arah serangan jantung," kata spesialis jantung dari RS Siloam Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP, kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Selain gejalanya sulit dibedakan, serangan jantung bagian bawah memang bisa terasa seperti sakit lambung misalnya begah atau kembung karena letaknya berdekatan.

"Sakit lambung saja harusnya tidak menyebabkan kematian mendadak. Orang bisa meninggal mendadak secara alami penyebabnya antara serangan jantung, stroke atau diseksi aorta," terang dr Vito.

Munculnya rasa sakit di ulu hati, kejang-kejang dan keringat dingin memang umumbya tanda serangan jantung. Saat pasien mengalami nyeri yang disebabkan penyakit jantung, ia juga bisa mengalami gejala penyerta yang lain seperti tubuh tiba-tiba berkeringat.

Kemenkes Pastikan Kondisi 3 WNI Positif di Kapal Pesiar Jepang Stabil

Sebanyak 3 WNI di kapal pesiar Jepang Diamond Princess dinyatakan positif terkena virus corona COVID-19. Ketiga WNI tersebut saat ini tengah ditangani oleh otoritas kesehatan Jepang.
Menanggapi hal ini, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Pengakit (P2P) Kementerian Kesehatan, dr Achmad Yurianto, menjelaskan ketiga WNI tersebut dalam kondisi stabil. Ia memercayakan penuh otoritas kesehatan Jepang dalam menangani ketiga WNI yang positif COVID-19.

"Kondisinya stabil, dan kita tidak meragukan kapasitas yang dimiliki oleh otoritas kesehatan jepang untuk melakukan pelayanan ini," jelasny saat ditemui di Lantai 5 Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (18/2/2020).

Ketiga WNI ini disebut sudah dirawat di RS Jepang. Namun Kemenkes menegaskan identitas dan tempat RS tidak bisa diungkap, karena terkait dengan persoalan etika.

"Bukan menutupi, etikanya seperti itu, identitas, dan nama rumah sakitnya tidak bisa diketahui. Ini untuk menjaga agar masyarakat nantinya tidak takut (datang) ke RS itu, nanti kan sepi, kasian," lanjutnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, hal ini juga diberlakukan pada WNI yang positif terkena COVID-19 di Singapura. Identitas dan nama rumah sakit terkait pasien tersebut tidak dijelaskan.

"WNI ini sakitnya di hari ke-10," ungkapnya.
https://nonton08.com/sokola-rimba/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar