Senin, 27 Juli 2020

Kenali Gejala Sakit Jantung yang Seringkali Disangka Nyeri Lambung

Beredar pesan yang menyebut penyebab meninggalnya Ashraf Sinclair disebabkan oleh GERD atau nyeri lambung yang menekan jantung sehingga organ tersebut tidak berfungsi lagi.
Meski telah diungkap bahwa kedua hal tersebut tidak memiliki keterkaitan, beberapa pasien memang terkadang salah mengartikan sakit lambung dengan gejala serangan jantung.

"Pasien keluhannya nyeri ulu hati, keringat dingin, dan dia bilang dia sakit lambung. Nah tapi dari EKG dan pemeriksaan enzim jantung arah diagnosisnya malah ke arah serangan jantung," kata spesialis jantung dari RS Siloam Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP, kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Selain gejalanya sulit dibedakan, serangan jantung bagian bawah memang bisa terasa seperti sakit lambung misalnya begah atau kembung karena letaknya berdekatan.

"Sakit lambung saja harusnya tidak menyebabkan kematian mendadak. Orang bisa meninggal mendadak secara alami penyebabnya antara serangan jantung, stroke atau diseksi aorta," terang dr Vito.

Munculnya rasa sakit di ulu hati, kejang-kejang dan keringat dingin memang umumbya tanda serangan jantung. Saat pasien mengalami nyeri yang disebabkan penyakit jantung, ia juga bisa mengalami gejala penyerta yang lain seperti tubuh tiba-tiba berkeringat.

Kemenkes Pastikan Kondisi 3 WNI Positif di Kapal Pesiar Jepang Stabil

Sebanyak 3 WNI di kapal pesiar Jepang Diamond Princess dinyatakan positif terkena virus corona COVID-19. Ketiga WNI tersebut saat ini tengah ditangani oleh otoritas kesehatan Jepang.
Menanggapi hal ini, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Pengakit (P2P) Kementerian Kesehatan, dr Achmad Yurianto, menjelaskan ketiga WNI tersebut dalam kondisi stabil. Ia memercayakan penuh otoritas kesehatan Jepang dalam menangani ketiga WNI yang positif COVID-19.

"Kondisinya stabil, dan kita tidak meragukan kapasitas yang dimiliki oleh otoritas kesehatan jepang untuk melakukan pelayanan ini," jelasny saat ditemui di Lantai 5 Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (18/2/2020).

Ketiga WNI ini disebut sudah dirawat di RS Jepang. Namun Kemenkes menegaskan identitas dan tempat RS tidak bisa diungkap, karena terkait dengan persoalan etika.

"Bukan menutupi, etikanya seperti itu, identitas, dan nama rumah sakitnya tidak bisa diketahui. Ini untuk menjaga agar masyarakat nantinya tidak takut (datang) ke RS itu, nanti kan sepi, kasian," lanjutnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, hal ini juga diberlakukan pada WNI yang positif terkena COVID-19 di Singapura. Identitas dan nama rumah sakit terkait pasien tersebut tidak dijelaskan.

"WNI ini sakitnya di hari ke-10," ungkapnya.

Nyeri Dada karena GERD atau Serangan Jantung? Ini Bedanya

Nyeri dada merupakan salah satu tanda paling umum pada serangan jantung. Namun faktanya tak semua rasa sakit yang timbul di dada itu disebabkan oleh serangan jantung.
GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau oleh orang awam kerap disebut asam lambung, juga bisa memicu nyeri dada. Ini yang sering membingungkan, sehingga gejala serangan jantung susah dibedakan dengan asam lambung.

Dampaknya, penanganan serangan jantung kerap terlambat. Alih-alih dibawa ke rumah sakit, karena disangka cuma asam lambung akhirnya cuma diberi minum teh hangat untuk meredakan nyeri.

Seperti dikutip dari Mayo Clinic, segera cari pertolongan bila nyeri dada yang dirasakan disertai gejala berikut, karena kemungkinan berhubungan dengan masalah jantung.

Gejala serangan jantung:
- Timbul rasa sesak, nyeri, dan dada terasa seperti diremas.
- Mual, pencernaan terganggu, mulas atau sakit perut.
- Sesak napas.
- Keringat dingin.
- Kelelahan.
- Mendadak sakit kepala.

Meski tetap harus waspada, nyeri dada dengan gejala seperti ini mungkin lebih berhubungan dengan GERD atau asam lambung.

Gejala asam lambung:
- Timbul sensasi seperti terbakar yang berasal dari perut dan naik ke atas
- Umumnya terjadi akibat langsung berbaring atau membungkuk setelah makan.
- Tidur sebelum 2 jam setelah makan juga dapat memicu asam lambung.
- Mulut terasa asam, terutama ketika berbaring.
- Isi perut terasa naik ke atas hingga ke tenggorokan.
- Dapat reda dengan meminum antasida.
https://nonton08.com/three-minute-partner/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar