Sabtu, 18 Juli 2020

Pilpres AS Dibayang-bayangi Ancaman Serangan Hacker?

Pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) dibayang-bayangi ancaman serangan hacker yang dapat mempengaruhi hasil suara. Kekhawatiran ini mengguat setelah Joe Biden, kandidat calon presiden AS mengatakan ada musuh yang ingin kacaukan pilpres AS pada November mendatang.
Ia menerima informasi tersebut dari intelejen. Nama Rusia dan China kembali ikut terseret.

"Kita tahu dari sebelumnya, dan saya jamin saya mengetahuinya sekarang karena sekarang saya mendapat pengarahan lagi. Rusia masih terlibat, berusaha untuk melegitimasi proses pemilihan umum kita. Faktanya, China dan yang lainnya terlibat juga dalam kegiatan yang dirancang agar kita kehilangan kepercayaan pada hasil pilpres," kata Biden, dilansir The Associated Press (AP).

Isu ancaman hacker saat pilpres bukanlah barang baru. Dikutip dari Bloomberg, seorang hacker dapat memprogram ulang mesin pemungutan suara elektronik secara langsung, jika dibiarkan tidak dijaga, atau dari jarak jauh, dan jika terhubung ke internet.

Namun, sebagai catatan, melakukan hal itu tanpa terdeteksi dan pada skala yang cukup besar untuk memengaruhi hasil pemilihan, tidak akan mudah, karena ada ribuan yurisdiksi lokal dengan pemilihan berbeda metode dan peralatan.

Apa pernah hasil suara yang berubah karena ulah hacker?

Sulit untuk mengatakannya dengan pasti. Salah satu contoh yang sering dibahas adalah pemilihan presiden 2004 di Ukraina, di mana Perdana Menteri Viktor Yanukovych memenangkan pemilihan yang kemudian diklaim sebagai hasil dari fraud dan memicu 'Revolusi Oranye' untuk menjalankan pemilu ulang.

Mungkin tepatnya bukan pada hasilnya direkayasa atau tidak, akan tetapi lebih pada usaha untuk meretas pernah tercatat dalam sejarah. Diketahui ada beberapa hacker yang pernah mencoba mengacaukan pemilihan umum. Seorang hacker diduga mencoba menyabotase pemilihan demokratis pertama di Afrika Selatan pada tahun 1994, meningkatkan penghitungan suara untuk kandidat lainnya.

Pelanggaran itu ditemukan dan penghitungan suara tertunda. Hasil akhirnya, Nelson Mandela dinyatakan sebagai pemenang. Upaya berani untuk mengubah pemilihan presiden di Ukraina pada 2014 dikaitkan dengan kelompok peretasan pro-Moskow yang menyabotase komputer pemilihan pusat Ukraina beberapa hari sebelum pemungutan suara. Peretasan terkait pemilihan lainnya dikabarkan pernah terjadi di Bulgaria pada 2015 dan di Filipina pada 2016.

117 Emoji Baru Akan Hadir di Android 11

- Google akan merilis Android 11 versi final pada musim gugur tahun ini. Selain membawa banyak fitur baru, sistem operasi anyar ini juga akan membawa ratusan emoji baru.
Dikutip detikINET dari Cnet, Sabtu (18/7/2020) Google memamerkan desain karakter 117 emoji baru yang akan hadir di Android 11. Ada 62 karakter baru, serta 55 variasi warna kulit dan gender.

Karakter emoji yang baru meliputi hewan seperti bison, berang-berang dan beruang kutub. Ada juga emoji makanan dan minuman baru seperti tamale, minuman boba dan teko teh.

Agar terlihat lebih inklusif ada juga emoji yang memperlihatkan pria yang mengenakan tudung pengantin dan wanita yang mengenakan tuxedo. Ada juga emoji baru yang memperlihatkan wajah dengan senyuman kecil, dua orang berpelukan dan seseorang memberi makan bayi.

Beberapa emoji hewan lawas juga dipermak. Beberapa ada yang dibuat agar terlihat lebih ramah, dan beberapa dibuat agar terlihat lebih bagus di mode gelap.

Untuk membuat hewan-hewan ini terlihat lebih otentik, Google bahkan bekerjasama dengan Monterey Bay Aquarium dan Victoria Bug Zoo. Semua karakter emoji baru ini akan hadir pada musim gugur bersamaan dengan meluncurnya Android 11.

Tapi kalian tidak perlu menunggu lama untuk menjajal deretan emoji baru ini. Kalau ponsel kalian sudah menjalankan Android 11 Beta dan memiliki Gboard versi beta sudah bisa melihat dan mengirimkan emoji ini dengan mencarinya di daftar yang ada.

Dengan preview terbaru ini, Google juga menggulirkan emoji bar untuk akses lebih cepat di Gboard. Emoji bar ini muncul di atas strip saran dan prediksi dan menyediakan jalan pintar untuk mengakses emoji yang sering digunakan.
https://cinemamovie28.com/motel-acacia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar