Selasa, 14 Juli 2020

Jenis Makanan dan Minuman Pantangan Asam Urat Supaya Selalu Sehat

 Tiap makanan dan minuman sejatinya mengandung nutrisi yang menjaga tubuh selalu sehat. Namun konsumsi berlebihan mengakibatkan makanan dan minuman meningkatkan risiko penyakit. Misalnya penyakit asam urat.
Risiko makin meningkat dengan pengolahan makanan serta minuman dengan gula, garam, dan lemak berlebih, plus pola hidup yang buruk. Akibatnya makanan dan minuman tertentu harus dihindari demi tubuh yang selalu sehat, seperti yang terjadi pada pasien asam urat.

Berikut Makanan dan minuman pantangan asam urat
Dikutip dari Mayo Clinic, ini makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari orang dengan asam urat adalah:

1. Organ dalam atau jeroan
Hati dan ginjal adalah asupan tinggi purin yang dikhawatirkan meningkatkan kandungan asam urat dalam darah. Demi tubuh yang selalu sehat, jeroan sebaiknya jangan dikonsumsi pasien asam urat.

2. Daging merah
Konsumsi daging merah sebetulnya bukan tidak boleh sama sekali, namun harus dibatasi demi menjaga kesehatan. Sebelum mengkonsumsi daging merah sebaiknya konsultasi lebih dulu dengan dokter, untuk menekan risiko terburuk yang bisa terjadi pada pasien asam urat.

3. Makanan laut atau seafood
Beberapa jenis makanan laut sebaiknya jangan dikonsumsi pasien asam urat karena memiliki kandungan purin yang tinggi. Jenis seafood ini adalah lobster, udang, sarden, ikan teri, tuna, kerang, dan mackerel. Sedangkan seafood lain bisa dikonsumsi namun harus dengan konsultasi dokter lebih dulu.

4. Alkohol
Asupan minuman keras berkaitan dengan peningkatan risiko dan kembalinya serangan asam urat. Beberapa kasus memang melaporkan tidak ada peningkatan risiko usai konsumsi minuman anggur yang tidak terlalu banyak. Namun sangat disarankan tidak konsumsi minuman beralkohol untuk menjaga kondisi tubuh, atau konsultasi ke dokter lebih dulu.

5. Asupan yang mengandung banyak gula
Makanan dan minuman pantangan asam urat berikutnya adalah yang mengandung banyak gula. Demi menjaga kesehatan tubuh sangat disarankan memilih makanan dan minuman yang tidak mengandung gula tambahan. Asupan gula cukup berasal dari bahan asal makanan dan minuman tersebut.

Konsumsi sayur, buah, dan air putih secara umum lebih baik daripada makanan dan minuman pantangan asam urat. Pengolahan sayur dan buah tidak perlu diberi terlalu banyak gula, garam, dan lemak yang mungkin berisiko bagi kesehatan.

Selain menghindari makanan dan minuman pantangan asam urat, rajin konsultasi ke dokter juga menjadi sarana menjaga kesehatan tubuh. Konsultasi memungkinkan pasien tahu jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi dan pola hidup sehat lain yang membantu tetap produktif setiap hari.

Pertama di Dunia, Rusia Klaim Berhasil Selesaikan Uji Klinis Vaksin Corona

 Rusia menjadi negara pertama yang dikabarkan berhasil menyelesaikan uji coba klinis vaksin virus Corona COVID-19 pada manusia.
Dikutip dari laman Forbes, kepala peneliti untuk Pusat Penelitian Obat-obatan Klinis Rusia di Sechenov University, Elena Smolyarchuk, mengatakan vaksin COVID-19 sudah berhasil teruji aman pada relawan.

"Penelitian telah selesai dan hasil penelitian membuktikan bahwa vaksin aman. Tim peneliti juga akan menyelesaikan kontrak dengan relawan dalam dua tahap, pada 15 Juli dan 20 Juli nanti," ujar Elena.

Meski demikian, belum ada informasi yang pasti kapan vaksin ini akan memasuki produksi komersial.

Uji coba vaksin ini melibatkan dua kelompok relawan dalam dua tahap. Yang pertama, terdiri dari 19 relawan dan yang kedua, melibatkan 20 relawan.

Peneliti memberikan vaksin secara injeksi kepada relawan. Setelah mendapatkan suntikan, relawan tetap diminta mengisolasi diri di rumah sakit selama 28 hari.

Pemerintah Rusia sendiri telah mengizinkan uji klinis terhadap vaksin virus Corona potensial. Uji coba dilakukan oleh Pusat Penelitian Nasional Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya.

Hingga saat ini, Rusia melaporkan 719.449 kasus virus Corona COVID-19. Sekitar 11.188 dinyatakan meninggal akibat komplikasi COVID-19.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat telah ada 21 vaksin potensial yang tengah diuji coba di seluruh dunia. Setiap negara dan laboratorium mengambil pendekatan yang berbeda untuk menemukan solusi yang tepat demi menghentikan laju penyebaran virus.
https://nonton08.com/consolation-of-a-married-woman-nurse/feed/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar