Selasa, 14 Juli 2020

Akhirnya Trump Pakai Masker, Ternyata Ini Alasannya

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengenakan masker untuk pertama kalinya di depan publik saat mengunjungi Rumah Sakit Militer Nasional Walter Reed, Sabtu (11/7). Dia terbang dengan helikopter ke rumah sakit untuk bertemu dengan tenaga medis yang merawat pasien COVID-19.
"Ketika Anda berada di rumah sakit, terutama ... Saya pikir Anda diharapkan untuk memakai masker," tutur Trump sesaat sebelum meninggalkan Gedung Putih, dikutip dari AP News.

Trump tidak mengenakan masker ketika ia turun dari helikopter. Ia baru mengenakannya di lorong rumah sakit pada awal kunjungan.

RS Militer Walter Reed memang mengharuskan pengunjung untuk mengenakan masker. RS juga merekomendasikan penggunaan masker di tempat-tempat umum.

"Pengunjung diharapkan mengenakan penutup wajah yang menutupi mulut dan hidung mereka saat memasuki area (RS), di ruang tunggu, atau ketika tidak mampu menjaga jarak sosial," tulis situs web rumah sakit tersebut.

Pada tanggal 3 April, CDC mengeluarkan pedoman untuk mengenakan penutup wajah di depan umum untuk menghentikan penyebaran virus corona. Tetapi Trump menolak mengenakannya selama konferensi pers dan acara publik lainnya.

Satu-satunya momen langka Trump mengenakan masker adalah ketika melakukan tur pribadi di Ford, Michigan.

4 Etika Batuk dan Bersin yang Baik agar Terhindar Virus Corona

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui adanya potensi penularan virus Corona COVID-19 di udara. Para ahli menjelaskan ini karena percikan liur berukuran ekstra kecil (mikrodroplet) bisa tidak langsung jatuh ke tanah, bertahan lama di udara sehingga berisiko terhirup orang lain.
Mikrodroplet ini diketahui bisa dihasilkan seseorang saat berbicara, bersin, batuk, atau bernyanyi.

Terkait hal tersebut, yuk ketahui etika batuk dan bersin yang baik agar bisa saling menjaga tidak menularkan penyakit ke orang lain:

1. Jangan lepas masker
Tujuan memakai masker adalah untuk menutupi hidung dan mulut sehingga meminimalisir kemungkinan kuman penyakit menyebar jauh atau terhirup. Namun, tampaknya ada sebagian dari kita yang memiliki kebiasaan melepas masker saat bersin atau batuk-batuk.

"Pakai masker. Pas bersin maskernya malah dibuka. Habis itu dipakai lagi. Sayang maskernya biar nggak kotor katanya," ujar spesialis paru di RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet, dr Jaka Pradipta, SpP, yang menyoroti kebiasaan tersebut.

dr Jaka menyarankan agar orang-orang selalu menyiapkan masker cadangan daripada melepas masker saat bersin atau batuk karena takut kotor.

"Kalau kita lepas, artinya kita membahayakan orang lain," kata dr Jaka pada detikcom beberapa waktu lalu.

2. Buang tisu atau benda yang terkontaminasi
Saat sedang tidak memakai masker, maka usahakan sebaik mungkin tutup mulut dan hidung setiap batuk atau bersin. Bisa dengan tisu, lengan bagian atas, atau benda lain.

Hanya saja ingat langsung buang ke tempat sampah tisu atau benda sekali pakai yang digunakan untuk menutup mulut.

3. Segera cuci tangan
Etika bersin atau batuk yang baik adalah segara cuci tangan usai mengalaminya. Ini bertujuan untuk meminimalisir risiko tangan kita menyebarkan kuman penyakit yang mungkin menempel di tangan ke permukaan benda sekitar.

4. Hindari menyentuh wajah
Menyentuh wajah seperti mengelus pipi, menggosok hidung dan mengucek mata sebaiknya dikurangi agar terhindar dari infeksi virus.
https://nonton08.com/director/angga-dwimas-sasongko/feed/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar