Minggu, 12 Juli 2020

Kisah Pasien Singapura Saat Berjuang Sembuh dari Virus Corona

Pada Rabu pekan lalu, seorang pasien asal Singapura membagikan kisahnya menjadi pasien virus corona COVID-19. Karyawan Gereja Grace Assembly of God yang berusia 34 tahun ini menjadi kasus ke 48 di negara tersebut. Setelah dipastikan positif virus corona, ia mulai menghindari orang-orang yang dicintainya agar tidak menginfeksi mereka juga.
Saat itu, ia hanya diberikan waktu kurang dari satu jam untuk berkemas sebelum ambulan menjemputnya. Ia dibawa dari rumahnya di Bukit Batok ke Pusat Penyakit Menular Nasional (NCID), tempatnya akan diisolasi.

Pasien yang tidak disebutkan namanya itu menceritakan keadaanya saat diisolasi di NCID. Akses keluar masuk ruang isolasi harus melewati pintu kaca, untuk mencegah kontaminasi dan penularan virus.

Makanan dan obat diantar melalui lubang yang ada di dinding, bahkan untuk berkomunikasi dengan para perawat harus melalui telepon. Para staf medis pun diwajibkan menggunakan pakaian pelindung sebelum kontak langsung dengan pasien.

"Saya merasa seperti penderita kusta bahkan tahanan dan merasa bersalah. Karena mungkin keluarga saya berisiko tertular, bahkan dikaitkan dengan kasus ini," tuturnya yang dikutip dari Asia One.

Namun, setelah menjalani dua kali tes swab di rumah sakit tersebut, akhirnya ia dipastikan negatif dari virus corona. Dokter berjalan ke ruang isolasinya tanpa pakaian pelindung dan memperbolehkannya pulang.

"Saya sangat senang diperbolehkan pulang. Tubuh yang telah berjuang melawan virus itu sekarang sudah selamat dari COVID-19," katanya.

Sampai di rumah, ia kembali bisa memeluk keluarganya dan berterima kasih atas doa dan dukungan yang diberikan.

Yuk Dicoba! Ada Peluang Ternak Lele di Tengah Wabah Corona

Penyebaran COVID-19 di Indonesia telah mengganggu roda perekonomian. Bahkan, sejumlah perusahaan telah merumahkan para pegawai untuk menekan biaya operasional. Tapi jangan khawatir detikers, selalu ada peluang di setiap tantangan yang ada, misalnya ternak lele.
CEO Simbiofish Donny Pasaribu menjelaskan saat ini beternak lele bisa jadi salah satu pilihan para pegawai yang sedang work from home atau dirumahkan. Karena lele bisa memberikan penghasilan jika ditekuni dengan serius.

Melalui aplikasi Simbiofish yang bisa diunduh di Google Playstore, Donny mengatakan semua orang bisa menjadi peternak lele. "Simbiofish itu untuk membantu masyarakat urban yang misalnya pengangguran agar bisa ternak dan supaya ada pekerjaan dan mengatasi perbaikan gizi," kata Donny saat dihubungi detikcom, Kamis (23/4/2020).

Dia mengungkapkan, dalam aplikasi Simbiofish akan ada panduan untuk memulai ternak lele ini. Mulai dari persiapan kolam, penaburan bibit, pemberian pakan hingga perawatan.

Donny menjelaskan, calon peternak tidak harus membeli bibit di Simbiofish dan bisa membeli di luar. Namun, Simbiofish juga menyediakan bibit dengan garansi, jika bibit tersebut sudah besar dan umur panen Simbiofish bisa membeli kembali.

"Kami membeli kembali lele yang bibitnya beli di kami, kami prioritaskan itu. Terutama untuk peternak di Jabodetabek," imbuh dia.

Dia menjelaskan saat ini banyak orang yang berpikiran jika beternak lele adalah hal yang mudah. Padahal sama seperti bisnis lainnya dibutuhkan usaha yang serius agar bisa mendapatkan cuan.

Peternak juga harus memperhatikan makanan yang diberikan untuk lele. Misalnya, lele yang makanannya baik, akan menghasilkan daging yang baik pula.

"Untuk menekan harga pelet, biasanya kami kasih tips lele dikasih makan sayuran-sayuran yang jelek dan tidak dijual itu. Jadi ketika lele usianya sudah 2 bulan dan siap panen dikasih makannya sayuran terus," kata dia.

Lele yang diternak oleh mitra Simbiofish dilarang keras menggunakan pakan limbah ayam, seperti kotoran ayam, ayam tiren. Seluruh makanan harus bersih dan higienis, jika ketahuan menggunakan makanan yang jelek, maka Simbiofish akan memutus mitra tersebut.

"Karena kita juga sudah kerja sama dengan jaringan pecel lele di Jabodetabek. Mereka selalu minta lele yang makanannya bersih, karena dagingnya lebih garing dan tidak benyek," imbuhnya.
https://nonton08.com/behind-a-mask-3/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar