Jumat, 17 Juli 2020

Penyandang Diabetes Masih Boleh Konsumsi Manis? Cek Faktanya

Diabetes atau kencing manis menjadi salah satu penyakit yang menimpa banyak orang. Penyakit ini sering kali dikaitkan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula secara berlebih, sehingga makanan dan minuman tinggi gula acap kali jadi musuh para penyandang diabetes. Benarkah demikian?
Faktanya, dilansir dari Jurnal National Diabetes Education Program, penderita diabetes harus mengontrol pola makan harian guna menjaga keseimbangan kadar gula darah. Namun, bukan berarti diabetesi harus menghindari makanan dan minuman manis secara total.

Diabetes masih dapat mengonsumsi gula selama jumlahnya dibatasi sesuai anjuran, dan tidak melupakan pola makan sehat. Konsumsi gula harus dihitung sebagai total asupan karbohidrat, sehingga pola makan harian perlu disesuaikan.

Berdasarkan Jurnal American Diabetes Association bahwa makanan dan minuman yang mengandung gula tersebut cenderung tinggi kalori namun rendah kandungan gizinya. Ada baiknya memilih alternatif rasa manis yang lebih sehat seperti buah.

Konsumsi berbagai jenis buah yang bervariasi, seperti apel, pir, dan strawberry, yang bermanfaat melengkapi kebutuhan nutrisi harian. Namun, pilihlah buah segar atau produk olahan buah lain yang tidak ditambahkan gula.

Sebagai informasi, untuk menambahkan rasa manis pada makanan atau minuman favorit, diabetesi dapat menggunakan Tropicana Slim Sweetener Honey, pemanis yang mengandung kalori lebih rendah namun dengan kemanisan yang sama, sehingga tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara signifikan.

Tak lupa, selalu jaga pola makan harian dengan:

Utamakan memilih makanan yang memiliki indeks glikemik rendah seperti sayuran dan produk bijian utuh
Batasi konsumsi gorengan
Batasi konsumsi makanan tinggi gula, karbohidrat, dan lemak
Pilih sumber protein rendah lemak seperti ikan, telur, susu rendah lemak, dan kacang-kacangan
Konsumsi sayuran, terutama sayuran hijau
Konsumsi buah sebanyak 2-3 porsi.

Berapa Kadar Gula Darah Normal dan Bagaimana Menjaganya?

Menjaga kadar gula darah tetap normal menjadi hal yang penting dilakukan. Sebab, jika kadar gula darah terlalu rendah atau terlalu tinggi bisa berisiko buruk bagi kesehatan.
Kadar gula darah terlalu tinggi yang disebut hiperglikemia menunjukkan kadar gula darah lebih dari 200 mg/dL. Kadar gula darah terlalu tinggi berbahaya terutama bagi pengidap diabetes.

Begitu juga dengan kadar gula darah yang terlalu rendah. Ciri-cirinya bisa ditandai dengan mudah lemas, kulit pucat, kelelahan, gelisah, hingga sulit konsentrasi. Agar terhindar dari kondisi serius karena kadar gula darah terlalu tinggi atau rendah, catat 3 fakta soal kadar gula darah seperti berikut dirangkum detikcom dari berbagai sumber.

Berapa kadar gula darah normal seharusnya?
Kadar gula darah normal bagi yang tidak mengidap diabetes jenis apapun berada di 70-130 mg/dL, tetapi angkanya bisa berubah tergantung waktu makan. Menurut data American Diabetes Association, kisaran kadar gula darah normal pagi hari di bawah 100 mg/dL. Satu jam setelah makan sekitar 90-130 mg/dL.

Dua jam setelah makan sekitar 90-110 mg/dL dan lima jam setelah makan sekitar 70-90 mg/dL.

Apa yang menyebabkan gula darah tinggi?
Kadar gula darah tinggi atau hiperglikema adalah kondisi ketika kadar glukosa di dalam darah naik. Stres, infeksi, kurang olahraga, terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, atau melakukan aktivitas fisik yang cukup berat di saat tingkat insulin rendah juga dapat menjadi pemicu gula darah tinggi.

Apakah kadar gula darah yang tinggi bisa normal kembali?
Kadar gula darah tinggi sebenarnya bisa kembali normal tergantung dengan jenis makanan yang dikonsumsi dan beberapa faktor gaya hidup lainnya. Untuk orang-orang tanpa diabetes, gula darah mereka kembali ke kisaran normal sekitar 1-2 jam setelah makan sebagai akibat dari efek insulin.

Bagaimana menjaga kadar gula darah tetap normal?
Mengatur gaya hidup lebih sehat seperti rutin berolahraga. Hindari stres dan selalu memastikan asupan karbohidrat tidak lebih dan kurang dari yang seharusnya. Selain itu, kamu juga wajib makan tepat waktu.
https://nonton08.com/4-tahun-tinggal-di-rumah-hantu-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar