Jumat, 18 September 2020

Hati-hati, Risiko Ini Mengintai Jika Masih Nekat Minum Boba 5 Liter

  Bubble tea atau boba kembali jadi perbincangan. Bagaimana tidak, belakangan ini viral boba challenge yakni minum bubble tea 5 liter dalam waktu singkat.


Mengonsumsi boba memang sudah jadi tren beberapa tahun terakhir. Tentu saja bukan tak boleh minum boba, hanya saja kamu harus perhatikan risikonya apabila masih nekat minum boba 5 liter.


"Gulanya kan tinggi. Suatu saat kalau kadar gula sudah terlalu jenuh akan menyebabkan resistensi insulin lama-lama produksi pankreas menurun sehingga dia akan menderita kencing manis," kata ahli pencernaan dari RS Ciptomangunkusumo (RSCM), dr Ari Fahrial Syam, kepada detikcom.


Belum lagi kandungan karbohidratnya yang tinggi sehingga membuat pankreas bekerja keras dan berisiko mengakibatkan gangguan di organ tersebut. Jangan lupa risiko tersedak kalau langsung menelan boba tanpa dikunyah.


"Saran saya kalau makan boba dikunyah dulu jangan langsung ditelan. Kalau ditelan langsung, kerja lambung akan lebih berat," sebut dr Ari.


Ada banyak risiko apabila mengonsumsi boba terlalu berlebihan. Diabetes, obesitas, sangat erat kaitannya dengan konsumsi bubble tea kebanyakan.


Masih pengin ikut-ikutan tren boba challenge? Sedikit saran, mending nggak usah.

https://cinemamovie28.com/dil-se/


Terpopuler Sepekan: 51 Pasien Virus Corona Membaik dan Dinyatakan Sembuh


 Awal pekan lalu, media China Xinhuanet, menyebut 51 pasien positif virus corona jenis baru atau 2019-nCoV dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan dari rumah sakit tempat mereka menjalani perawatan. Salah satu pasien yang didiagnosis pneumonia novel coronavirus (2019-nCoV) yang berhasil sembuh berasal dari Provinsi Jiangxi, China Timur.


Lainnya adalah seorang pria berusia 37 tahun yang merupakan penduduk asli kota Wuhan. Sebelumnya dia diiagnosis mengidap 2019-nCoV pada 21 Januari lalu.


Disebutkan bahwa virus corona jenis baru ini masih belum ada obatnya. Namun bukan berarti tidak ada penanganan yang diberikan pada pasien.


Spesialis paru dr Frans Abednego Barus, SpP dari RS OMNI Pulomas, mengatakan kesembuhan pasien terletak pada ketahanan atau imunitas mereka. Bila sistem imun dalam kondisi baik maka tubuh bisa bertahan dari serangan virus.


"Virusnya memang self limiting disease, mati setelah lima sampai tujuh hari," sebut dr Frans kepada detikcom.


Karenanya, pasien yang terinfeksi virus corona biasanya hanya diberikan perawatan pendukung untuk gejala. Selebihnya menjaga asupan nutrisi, cairan tubuh, dan istirahat, jadi kunci menjaga kekuatan imun tubuh.


"Selama ini tata laksananya suportif dan awasi kegawatan. Suportif misalnya obat antipanas, obat batuk atau sesak, oksigenasi, dan hidrasi saja," pungkas dr Frans.


Ini Proses Melahirkan Normal, Calon Ibu Harus Tahu!


 Ibu akan melahirkan normal dalam waktu dekat? Sebelum mengetahui proses melahirkan normal, ada baiknya untuk membaca artikel berikut.

Ibu yang akan melahirkan normal juga wajib mengetahui tips-tips berikut seperti membicarakan kepada dokter kandungan tentang keinginan untuk melahirkan normal. Dokter yang mengetahui riwayat kesehatan ibu dan janin akan dapat memberitahukan apakah ibu dapat menjalani persalinan normal.


Yakinkan diri bahwa metode melahirkan normal dipilih demi kebaikan ibu dan janin. Ingatlah keuntungan-keuntungan yang akan ibu dapatkan dari melahirkan normal, seperti antara lain proses pemulihan yang cepat setelah melahirkan. Mintalah dukungan dari suami untuk terus menyemangati menjelang hari persalinan.


Terakhir, ketahui risiko melahirkan normal. Selalu ada risiko pada setiap jenis persalinan. Komplikasi melahirkan bisa saja terjadi jika janin berada dalam posisi sungsang. Karena itu selalu ikuti petunjuk dokter.


Berikut proses melahirkan normal:


1. Kontraksi Rahim


Tahap pertama pada proses melahirkan normal dimulai dengan kontraksi rahim. Kontraksi rahim ketika akan melahirkan jaraknya semakin pendek yaitu hingga setiap 5 menit sekali.


2. Pembukaan


Proses melahirkan diawali dengan pembukaan. Pembukaan ditandai dengan keluarnya lendir bercampur darah karena serviks mulai membuka dan mendatar.

https://cinemamovie28.com/boboiboy-the-movie/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar