Senin, 28 September 2020

Terlalu Banyak Makan Permen, Pria Ini Serangan Jantung Lalu Tewas

  Seorang pria di Massachusetts meninggal karena terlalu banyak makan permen black licorice. Dalam porsi besar, permen tersebut ternyata memberikan efek toksik yang mematikan.

Pria 54 tahun ini tengah berada di restoran fast food saat tiba-tiba tersedak, lalu tidak sadarkan diri. Tim medis mendapati pria ini mengalami ventricular fibrillation, yakni gangguan denyut jantung yang mematikan.


Pertolongan CPR (Cardiopulmonary Resuscitation) diberikan saat itu juga sebelum pria tersebut dibawa ke rumah sakit. Meski sempat tersadar, pria tersebut akhirnya meninggal sesampainya di rumah sakit.


Dari keluarganya, terungkap pria ini punya kebiasaan buruk makan 1-2 kantong permen setiap hari. Beberapa pekan sebelumnya, ia beralih dari permen rasa buah berwarna merah ke permen rasa black licorice atau akar manis.


Dikutip dari Live Science, black licorice mengandung senyawa glycyrrhizin yang berasal dari akarnya. Terlalu banyak mengonsumsi bahan ini bisa menyebabkan tubuh kehilangan banyak potassium atau kalium. Kondisi ini memicu tekanan darah tinggi dan gangguan ritme jantung.


Kematian akibat overdosis black licorice terbilang langka. Namun para pakar mengingatkan untuk tidak berlebihan karena asupan black licorice berlebih dalam jangka panjang bisa memicu gangguan jantung, terlebih di usia 40 tahun ke atas.

https://indomovie28.net/robin-hood-2/


5 Makanan Penangkal Bau Mulut Saat Seharian Harus Pakai Masker


Seharian pakai masker kerap memicu bau mulut tidak sedap. Karena tak percaya diri, akhirnya masker jadi sering dilepas. Wah, jadi rawan penularan COVID-19 dong!

Untuk sekadar menangkal bau mulut, kamu tidak harus melepas masker kok. Ada banyak cara lain untuk mengatasinya. Asupan tertentu bisa menetralkan bau mulut yang tak sedap ketika mulut seharian tertutup masker.


Beberapa di antaranya sebagai berikut.


1. Jahe

Jahe mengandung senyawa yang disebut 6-gingerol. Senyawa ini dapat merangsang enzim di dalam air liur yang membantu memecah senyawa penyebab bau mulut.


2. Melon dan jeruk

Buah melon dan jeruk sangat kaya akan vitamin C. Vitamin ini berfungsi untuk membantu mencegah radang gusi yang menyebabkan bau mulut dan masalah kesehatan mulut lainnya.


3. Buah dan sayuran mentah

Buah dan sayuran mentah memiliki tekstur yang renyah bila dikunyah. Oleh sebab itu, makanan ini sangat membantu memproduksi air liur, sehingga dapat membersihkan bakteri penghasil bau mulut. Rajinlah konsumsi apel, pir, selada, dan kemangi, sehingga dapat menetralkan bau mulut yang tak sedap.


4. Ceri

Ceri dapat menghilangkan bau metil merkaptan atau gas penyebab bau mulut yang terjadi secara alami dalam makanan. Oleh sebab itu, sangat direkomendasikan untuk makan ceri usai kamu mengkonsumsi keju dan bawang yang merupakan makanan penyebab bau mulut.


5. Permen karet

Mengunyah permen karet membantu menghilangkan makanan dan sel-sel mati yang terdapat pada selipan gigi, sehingga membuat mulut menjadi bau. Namun, permen karet yang mengandung kadar gula tinggi, tentu dapat menyebabkan kerusakan gigi. Karena itu, cobalah mengunyah permen karet yang dimaniskan dengan pemanis alami, seperti Xylitol (pemanis pengganti gula).

https://indomovie28.net/13-hours-the-secret-soldiers-of-benghazi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar