Senin, 21 September 2020

Kenapa Ada Orang Indonesia Jalani Open Relationship? Ini Kata Psikolog

  Open relationship dianggap tabu di Indonesia. Oleh karena itu mereka yang menjalani jenis hubungan ini melakukannya secara diam-diam. Sementara di luar negeri, pasangan yang melakukan open relationship bisa dengan santainya terbuka pada pihak lain.

Bahkan tak sedikit artis dunia yang mengakui mereka menjalani open relationship. Salah satunya Gwyneth Paltrow dan Chris Martin semasa menikah dulu, sebelum mereka bercerai.


Open relationship sendiri artinya adalah hubungan yang memperbolehkan masing-masing pihak untuk bercinta atau berhubungan seks dengan orang lain selain pasangannya. Menurut psikolog Meity Arianty STP., M. Psi, hubungan jenis ini menjadi hal yang tabu di Indonesia yang menjunjung tinggi pernikahan.


"Hubungan ini akan membuat sebagian orang yang melakukan open relationship tidak akan terang-terangan kecuali atas persetujuan ke dua pihak," kata Meity.


Meity melihat fenomena open relationship pada orang Indonesia ini bisa jadi karena terpengaruh gaya hidup dunia barat. Karena open relationship menjujung kebebasan tanpa dibuat rumit dengan hal-hal yang menyangkut perasaan atau emosional.


"Orang yang melakukan ini sepertinya belum siap menikah dan berkomitmen dengan satu orang saja," tambahnya saat diwawancara Wolipop, Jumat (18/9/2020).


Pasangan yang menjalani open relationship ini menurut Meity pun tidak mempertimbangkan perasaan satu sama lain. Sebuah hubungan dianggap hanya sekadar fisik dan tidak berarti apa-apa.


"Pasangan yang melakukan ini mungkin merasa lebih nyaman, karena bebas dan tidak diribetkan dengan hubungan emosional," ujar psikolog yang juga dosen di Universitas Gunadarma itu.


Namun karena terlalu bebas tanpa memikirkan perasaan ini, Meity melihat open relationship bukanlah jenis hubungan tidak bisa bertahan lama. Apalagi cukup sulit untuk menjalani sebuah hubungan tanpa melibatkan perasaan.


"Menurut saya cepat atau lambat hubungan seperti ini tidak akan bertahan lama, entah salah satunya yang akhirnya main hati dengan orang lain, faktor risiko jadi lebih besar, terjadi kebosanan atau pada akhirnya sadar ada yang dirugikan," pungkasnya.

https://cinemamovie28.com/tom-and-jerrys-giant-adventure/


Penjualan Kebaya Menurun, Anne Avantie Banting Setir Bisnis Sambal


 Pandemi COVID-19 juga berdampak pada bisnis fashion desainer Anne Avantie. Penjualan kebaya menurun, ia pun banting setir berjualan sambal.

Beberapa minggu terakhir ini, akun Instagram Anne Avantie penuh dengan unggahan bertema kuliner. Foto-foto kebaya cantik yang biasa diunggahnya berganti sambal.


Desainer asal Semarang, Jawa Tengah, ini bukan sedang meng-endorse sambal kiriman orang lain. Sambal-sambal tersebut adalah produk bisnis terbarunya.


"Sehari bisa 1000 toples yang diproduksi untuk pesanan," ungkap Anne Avantie di ujung telepon kepada Wolipop, Sabtu (19/9/2020).


Meski hobi memasak, Anne Avantie tak pernah terpikirkan untuk terjun ke bisnis makanan. Namun, pandemi 'memaksa' dia untuk memanfaatkan hobi tersebut demi menyelamatkan karyawan-karyawannya dari PHK.


Mereka terancam kehilangan pekerjaan lantaran wabah virus Corona di Tanah Air membuat penjualan kebaya Anne menurun drastis. "Penurunannya sampai 70 persen," kata desainer langganan selebriti Indonesia dan pejabat itu.


Anne Avantie pun harus memutar otak agar para pekerjanya bisa tetap bertahan. Suatu ketika ia bertemu seorang petani di daerah pegunungan sekitar Semarang.


Diceritakan Anne, sang petani mengaku merugi akibat ulah tengkulak yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan di tengah pandemi.


"Saya kasihan sama pateni itu. Jadi saya beli saja hasil panennya buat bantu-bantu petani," ujarnya.


Lalu terbesit ide untuk menjual sambal dari hasil panen petani, walau sebetulnya Anne Avantie belum pernah melakoninya.


Ia paham cara membuat sambal tapi tak tahu soal pengemasan. Perempuan kelahiran Semarang, 54 tahun lalu, ini lantas mencari tahu teknik mengemas di YouTube.


Ia juga dibantu oleh putranya yang seorang chef. "Cuma sebatas bantu konsultasi saja, soalnya Ernest nggak doyan sambal. He-he-he," ungkap Anne Avantie.

https://cinemamovie28.com/lupin-the-third-vs-detective-conan-the-movie/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar