Kamis, 17 September 2020

Sekda DKI Meninggal, Berapa Lama Virus Corona Bertahan di Permukaan Benda?

Setelah berjuang melewati masa kritis karena terjangkit virus Corona, Sekretaris Daerah atau Sekda DKI Jakarta, Saefullah, meninggal dunia pada Rabu (16/9/2020). Sebelum wafat, Saefullah sempat menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.
"Mohon doakan .. Bagi semua .. segerakan ambil air wudhu dan siang ini kita semua selenggarakan sholat ghaib utk almarhum," tulis Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dikonfirmasi anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Naufal Firman Yursak.

Meninggalnya Sekda DKI Jakarta, Saefullah, menjadi pengingat bahwa virus corona dan pandemi COVID-19 bisa menginfeksi siapa saja dan masih menjadi musuh bersama. Selain karena kontak dengan penderita COVID, seseorang bisa saja tertular ketika menyentuh benda atau permukaan yang terkontaminasi virus Corona.

Dikutip dari situs badan kesehatan dunia WHO, virus corona bertahan di permukaan benda namun tidak diketahui berapa lama. "Virus corona bertahan di permukaan benda dengan kisaran waktu dua jam hingga sembilan hari. Daya tahan bergantung pada beberapa faktor misal tipe permukaan, suhu, nilai kelembaban relatif, dan strain khusus dari virus tersebut," tulis WHO.

Dikutip dari Web MD, berikut perkiraan berapa lama virus corona bertahan di permukaan benda. Perkiraan ini bisa menjadi panduan dan motivasi untuk melakukan pencegahan COVID-19, sehingga bisa menekan risiko infeksi dan total kasus yang bisa terjadi.

1. Logam

Contoh: pegangan pintu, perhiasan, dan perlengkapan perak

Virus corona kira-kira bertahan lima hari

2. Kayu

Contoh: furniture, penghias rumah

Virus corona kira-kira bertahan empat hari

3. Plastik

Contoh: berbagai kemasan produk, tempat duduk di fasilitas umum, dan tombol di lift

Virus corona kira-kira bertahan 2-3 hari

4. Stainless steel

Contoh: refrigerator, perlengkapan makan dan memasak

Virus corona kira-kira bertahan 2-3 hari

5. Kardus

Contoh: kotak kemasan

Virus corona kira-kira bertahan 24 jam

6. Tembaga

Contoh: uang receh, perlengkapan minum teh, dan memasak

Virus corona kira-kira bertahan 4 jam

7. Aluminium

Contoh: kaleng soda, botol

Virus corona kira-kira bertahan 2-8 jam

8. Kaca

Contoh: gelas, cermin, jendela

Virus corona kira-kira bertahan lebih dari lima hari

9. Keramik

Contoh: piring, peralatan tanah liat, dan mug

Virus corona kira-kira bertahan lima hari

10. Kertas

Contoh: koran, kertas surat

Bergantung strain virus dengan variasi beberapa menit hingga lebih dari lima hari

Informasi ini menjadi pengingat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar setiap hari. Upaya ini bisa dilakukan dengan menyemprotkan larutan disinfektan untuk mengurangi risiko terinfeksi virus corona.

Larutan disinfektan untuk mencegah virus corona bisa diperoleh dengan mencampur cairan pemutih atau karbol dengan air biasa. Selanjutnya, larutan disemprotkan pada permukaan benda.

Begini Cara Hailey Baldwin Bantu Justin Bieber Atasi Jerawat Dewasa

 Justin Bieber sempat jadi sorotan karena perubahan pada penampilannya. Banyak fans mengkritik penyanyi asal Kanada tersebut karena dianggap jadi kurang terawat. Justin memang kerap terlihat jerawatan. Diakui sang istri Hailey Baldwin Bieber, Justin memang pernah mengalami masa jerawatan parah yang dipengaruhi oleh penyakit Lyme. Sebagai pecinta skincare, Hailey pun membantu Justin mengatasi masalah kulitnya.
Sebelumnya Hailey pernah mengungkap bahwa Justin masih bergelut dengan masalah jerawat dewasa. Wanita yang dinikahi Justin dua tahun lalu itu pun meminta orang-orang untuk tidak menghakiminya karena beberapa bulan ini mereka pun sedang rutin mengunjungi dermatologis untuk mengobatinya.

Dalam sebuah sesi wawancara terbaru, Hailey pun bercerita mengenai kondisi kulit suaminya yang mulai membaik. Wanita tahun itu membagi tentang bagaimananya ia membantu Justin mengatasi masalah jerawat. Kepada Dr Barbara Sturm di siaran TikTok, Hailey mengaku jika ia mencari obat jerawat yang bisa menghidrasi karena kulit Justin jadi kering karena perawatan wajahnya.

"Justin melalui masalah jerawat dewasa yang sangat parah selama beberapa bulan. Aku mencari apa yang bisa cocok dengannya dan mungkin selama empat atau lima bulan lalu dia minum Roaccutane untuk membantu (mengobati jerawat) dan obat itu sangat membuat kering jadi aku mencoba menolongnya selama proses itu,"

"Dia menggunakan salep untuk kulitnya karena dia merasa kulitnya seperti terkelupas jadi aku membantunya mencari produk-produk apa yang akan menghidrasi tanpa membuatnya berminyak. Kami menemukan kombinasi yang cocok untuknya. Sekarang kulitnya terlihat bagus dan bersinar," ungkap Hailey.
https://kamumovie28.com/anomalisa/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar