Minggu, 01 Desember 2019

Polri Pastikan Situasi Papua Aman Jelang HUT OPM

Polri memastikan situasi di Papua masih aman menjelang hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM), yang jatuh pada 1 Desember. Polri menyebut patroli pengamanan di wilayah Papua juga ditingkatkan.

"Menjelang 1 Desember situasi di Papua aman dan kondusif. Hal ini ditandai aktivitas masyarakat dan sentra ekonomi semua berjalan dengan tertib sebagaimana sehari-hari normal. Kemudian TNI-Polri dan Pemda bekerja sama melakukan upaya preventif dan imbauan. Patroli ditingkatkan menjaga kondisi di Papua," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra, di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (28/11/2019).

Asep mengatakan pihaknya juga mengajak warga beribadah karena 1 Desember bertepatan dengan hari Minggu. Selain itu, polisi tetap meningkatkan pengamanan untuk hari Natal dan tahun baru di Papua.

"Tanggal 1 Desember kan kebetulan hari Minggu di mana hari ibadah umat Nasrani yang mayoritas agamanya di Papua, Pemda seperti biasa menggelorakan semangat ibadah sehingga semuanya berfokus ibadah rutin. Namun, tanggal 1 Desember, kita siapkan kegiatan pengamanan Natal dan tahun baru di Papua. Karena kegiatan Natal di sana mendapatkan perhatian khusus masyarakat Papua," ujarnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat ini masih berada di Papua. Terbaru, keduanya mengunjungi Wamena, yang saat ini kondisinya juga kondusif.

"Untuk segi keamanan kita lihat di sini sampai kemarin pun kita lihat kondusif ya, tidak ada masalah dan tetap masyarakat beraktivitas, perekonomian mulai meningkat dan semua masyarakat pun kelihatan di masyarakat beraktivitas seperti biasa," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono kepada wartawan di Timika, Jumat (29/11).

Demo di Depan Kemenko Polhukam, Massa Bawa Spanduk 'Tolak HUT OPM'  http://kamumovie28.com/airlift-2016/

Sejumlah massa yang mengatasnamakan rakyat Papua Jakarta menggelar demonstrasi di depan Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Jakarta Pusat. Mereka meminta Menko Polhukam Mahfud Md memberi arahan agar aparat menjaga kondisi di Papua tetap kondusif.

Pantauan di depan Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (29/11/2019), massa mulai berkumpul sekitar pukul 10.15 WIB. Tampak massa membawa beberapa spanduk yang bertuliskan 'Papua Aman Damai Bersama Indonesia', 'Tolak Propaganda OPM, Tolak HUT OMP' dan 'Masyarakat Papua Cinta NKRI'.

Sejumlah massa terlihat mengenakan pakaian adat Papua. Ada pula yang membawa Bendera Merah Putih.

Salah seorang orator, Jhon Numeri, meminta Mahfud mendengarkan aspirasi mereka agar aparat mengamankan HUT OPM. Dia berharap tidak terjadi kekerasan pada 1 Desember di Papua.

"Untuk itu siang hari ini kami datang menyampaikan Pak Menteri Mahfud sebagai Menko Polhukam untuk bisa mendengarkan aspirasi Papua melihat ke depan perayaan 1 Desember nanti jangan ada terjadi kekerasan di tanah Papua," kata Jhon.  http://kamumovie28.com/buppha-rahtree-haunting-japan-2016/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar