Senin, 02 Desember 2019

Banyak Tumbuh Kutil di Leher dan Puting Payudara, Apa Penyebabnya?

Dok ketika saya hamil anak pertama di leher saya banyak tumbuh kutil. Sebelum menikah hanya beberapa saja, tapi sekarang jadi banyak kutil yang tumbuh di sekitar leher. Ada juga yang tumbuh di dekat puting.

Apa saya terkena penyakit berbahaya atau parasit berbahaya? Bagaimana pengobatannya dan apa obatnya? Mohon bantuannya.

Aulia Andriani (Wanita, 42 tahun)

Jawaban

Skin tags (Kutil pada kulit) muncul karena adanya pertumbuhan kulit berlebihan terutama daerah lipatan, contohnya leher. Pada ibu hamil, karena pengaruh hormonal dan peningkatan berat badan, kadang kutil tumbuh lebih banyak.  http://nonton08.com/kinbaku-chapter-moon/

Terapi yg saat ini efektif bagi kutil adalah dengan melalukan terapi listrik dengan nama elektrokauter. Tetapi pada ibu hamil, terapi ini sebaiknya dihindari terutama pada trimester kedua dan ketiga untuk menghindari efek samping yg tidak diinginkan, salah satunya kontraksi rahim selama tindakan.

Bawang Putih Bisa Mengobati Kutil Kelamin, Benarkah?

Kutil atau warts tidak hanya muncul di tangan, kaki, atau wajah, kutil juga bisa muncul di kelamin yang merupakan penyakit infeksi menular seksual (IMS). Kutil kelamin ini disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV).

Banyak informasi yang beredar di internet bahwa salah satu pengobatan kutil kelamin yang bisa dilakukan sendiri adalah dengan bawang putih yang disebut-sebut mengandung senyawa allicin yang ampuh dalam membunuh bibit-bibit penyakit.

Benarkah bawang putih bisa mengobati kutil kelamin? Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Dian Pratiwi, SpKK, FINSDV, FAADV dari Klinik Pramudia mengatakan bahwa hal tersebut belum terbukti secara ilmiah.

"Kalau sebagai dokter saya tidak merekomendasikan untuk mencoba itu," ujarnya kepada detikHealth saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2019).

"Pengobatan tradisional seperti bawang putih dan lain-lain perlu pembuktian medis yang lebih jauh. Saya merekomendasikan pengobatan-pengobatan yang sudah terstandarisasi secara medis dan sudah dalam penelitian terbukti bisa mengeradikasi si virusnya dengan baik," lanjut dr Dian.

Menurutnya, pengobatan tradisional yang salah satunya dengan menggunakan bawang putih tersebut justru bisa memperburuk kondisi kutil kelamin, misalnya dengan mengoleskan bawang putih justru bisa memicu iritasi pada kulit yang diolesi.

"Itu malah bisa mengiritasi kulit area yang ditempel, apalagi area kelamin yang cenderung lebih sensitif, malah mengiritasi atau terbakar ringan kalau ditempel terlalu lama yang artinya malah memperparah kondisi yang ada," jelas dr Dian.

11 Jenis Penyakit Kulit yang Rentan Menyerang Tubuh

Ada banyak jenis penyakit kulit yang sering diderita oleh banyak orang. Biasanya penyakit kulit disebabkan oleh jamur, bakteri, maupun virus.

Kulit merupakan bagian terluar tubuh yang menerima berbagai paparan sehingga mudah mengalami gangguan. Gangguannya pun dapat ringan ataupun berbahaya yang berpotensi mengancam nyawa. Berikut ini macam-macam penyakit kulit yang rentan terjadi:

1. Eksim (Dermatitis)

Penyakit kulit eksim akan menimbulkan rasa gatal berlebih yang dibarengi dengan kulit memerah, bersisik, serta pecah-pecah. Selain itu juga akan muncul gelembung-gelembung kecil yang mengandung air atau nanah.

Biasanya penyakit eksim terjadi pada bagian tangan, lipatan paha, dan telinga. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh alergi karena adanya rangsangan kimia seperti detergen, sabun, obat-obatan, atau kosmetik. Biasanya penyakit ini sering menyerang orang-orang yang memiliki kencenderungan terhadap alergi.  http://nonton08.com/street-society/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar