Sabtu, 21 Desember 2019

Begini Tradisi Ultah Anak-anak di Ujung Utara Indonesia

Balon, kue, dan ucapan selamat hadir ketika ulang tahun tiba. Tak beda jauh dengan Miangas, tradisi ulang tahun jadi hal yang penting di bangku sekolah.

Ulang tahun merupakan momen yang ditunggu setiap anak. Begitu pula dengan anak-anak di Miangas. Karena saat ulang tahun di sekolah, ada suatu tradisi yang akan dilakukan.

Tradisi ini dinamakan doa bersama seisi sekolah. detikcom yang melakukan ekspedisi dengan Bank BRI melihat tradisi ini secara langsung di SD Negeri Miangas.

Saat ada anak yang berulang tahun, guru akan datang ke tiap kelas untuk memberitahukan nama anak tersebut. Kemudian bel akan dibunyikan.

"Anak-anak, teman kita Matthew berulang tahun. Jika nanti ada bel 2 kali, kita semua kumpul ya di kelas 3," ujar Wensareawen SAR, guru di SD Negeri Miangas.

Ketika bel berbunyi, seisi sekolah akan berkumpul di kelas 3. Murid-murid akan berkumpul dan teman yang berulan tahun di depan kelas.

Setelah berkumpul semua, seorang guru akan memandu untuk memanjatkan doa. Ya, tradisi yang dilakukan adalah doa bersama seisi sekolah. Ini berlaku untuk semua murid sampai tingkat SMK.

"Iya ini sudah jadi tradisi, semua murid dan guru berkumpul untuk mendoakan teman yang berulang tahun," kata Wen.

Setelah berdoa, biasanya pihak keluarga yang berulang tahun akan menyiapkan kue atau makanan untuk dibagikan kepada seisi sekolah. Mereka bergiliran menyalami yang berulang tahun sambil mengambil makanan.

"Kalau tidak ada bingkisan makanan, paling kecil ya permen. Karena tidak semua orang tua mampu. Tidak memberi bingkisan juga tak apa," jelas Wen.

Tak ada yang tahu sejak kapan tradisi ini berlangsung. Namun yang pasti, ini tradisi yang sudah ada sejak lama. Mendoakan dan memberi ucapan bahagia ini membuat sesama murid akrab dan jauh dari permusuhan.

Untuk memudahkan kegiatan bertransaksi perlengkapan ulang tahun, masyarakat Miangas dibantu dengan hadirnya Bank BRI. Sejak tahun 2016, BRI menjadi satu-satunya bank di Miangas.

Ikuti terus berita tentang ekspedisi di pulau-pulau terdepan Indonesia di tapalbatas.detik.com!

Zamzam Tower, Bangunan Tinggi di Makkah yang Bikin Turis Penasaran

Kota suci Makkah punya bangunan ketiga tertinggi di dunia. Dikenal dengan sebutan Zamzam Tower atau Menara Jam Makkah. Apa saja ya fakta-faktanya?

Zamzam tower merupakan bagian dari komplek Abraj al Bait, yang terletak di depan Masjidil Haram. Selain menunaikan ibadah haji, umat muslim juga bisa berkunjung ke sini sebagai tempat wisata religi dan edukasi.

Penasaran seperti apa menara yang terkenal ini? Berikut ini beberapa fakta menarik mengenai Zamzam Tower yang dirangkum oleh detikcom.

1. Menara Tertinggi Ketiga di Dunia

Zamzam Tower adalah menara tertinggi ketiga di dunia, dengan posisi pertama dipegang oleh Burj Khalifa, Dubai dan posisi kedua ada Shanghai Tower.

Menara yang memiliki tinggi 601 meter dengan 76 lantai dan 858 kamar. Menara ini juga merupakan gedung menara jam tertinggi di dunia bahkan mengalahkan ketinggian menara jam The Big Ben, London. Hal ini dikarenakan Zamzam Tower 35 kali lebih besar dibanding Big Ben.

2. Salah Satu Ikon Kota Makkah

Gedung pencakar langit ini adalah salah satu ikon Kota Makkah karena Zamzam Tower dapat terlihat di penjuru kota terutama dengan fasilitas-fasilitas yang disediakan untuk para jamaah atau wisatawan.

Zamzam Tower ini memiliki puncak menara setinggi 128 meter dengan sabit emas setinggi 23 meter di atasnya sehingga dari menara ini akan terlihat keindahan kota Makkah dan keindahan Kabah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar