Senin, 07 September 2020

Tak Cuma di Pernapasan, Virus Corona Kini Ditemukan Juga di Feses

 Semenjak muncul akhir Desember 2019 lalu, wabah virus corona semakin menyebar. Tidak hanya pada saluran pernapasan, untuk pertama kalinya 2019-nCov ditemukan di dalam feses pria berusia 35 tahun, yang dirawat di Pusat Medis Regional Providence Everett di Washington.
Sebelumnya, hal ini ternyata sudah diteliti oleh para ilmuwan. Mereka memperkirakan, virus corona sama dengan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) yang dapat ditemukan di usus atau saluran pencernaan.

"Virus SARS dan corona sama-sama mengikat reseptor protein dalam tubuh. Itu terjadi dikeluarkan melalui paru-paru dan usus. Itu sebabnya kedua organ itu bisa menyebarkan virus tersebut," kata Fang Li, seorang profesor ilmu kedokteran hewan dan biomedis di Universitas Minnesota yang dikutip dari Bloomberg.

John Nicholls profesor patologi klinis di Universitas Hong Kong memperkirakan penyebaran virus corona melalui feses ini disebabkan oleh toilet di China, yang umumnya tidak memiliki penutup.

"Selain itu, bisa juga menular dari kebiasaan tidak mencuci tangan dengan air dan sabun setelah keluar dari kamar mandi," kata Nicholls.

Menanggapi hal ini, wakil direktur jenderal Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, Zi Jian Feng mengungkapkan ada beberapa kasus virus corona yang tidak menampakan gejala khas. Gejalanya seperti demam, batuk, dan pneumonia.

"Fokus awal untuk mendeteksi pasien virus ini dengan demam dan pneumonia. Tapi, kami sekarang mengerti, bahwa ada beberapa pasien yang mungkin mengalami gejala (virus) gastrointestinal hingga diare," jelasnya.

Scott Lindquist, ahli epidemiologi negara untuk penyakit menular di Departemen Kesehatan Washington mengatakan, hal ini menjadi penemuan baru yang sangat menarik dan menambah pengetahuan tentang virus corona.

Stres Kerja Melulu? Kata Dokter, Bersepeda Bisa Bikin Happy

Sering bersepeda tak hanya membuat badan menjadi bugar. Nyatanya olahraga ini juga bisa menurunkan tingkat stres pada seseorang.
Dokter spesialis anestesi, dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi, dr Henny Widyastuti, SpAn, MKes, mengatakan bersepeda bisa memicu tubuh untuk memproduksi hormon endorfin lebih banyak.

"Jadi menurunkan tingkat stres," kata dr Henny, di dalam acara Gobar Milad Kahiji Paguyuban Pesepeda Bogor Raya (PPBR), akhir pekan lalu.

dr Henny juga mengatakan umumnya olahraga bersepeda lebih bisa membuat seseorang menjadi bahagia.

"Ini terus terang lho, orang yang bersepeda biasanya lebih happy dan olahraga yang ada komunitas biasanya lebih happy," pungkasnya.

Viral Buku Iqro Prediksi Virus Corona, Ini Penjelasannya

Media sosial heboh soal buku Iqro yang biasa dipakai belajar bahasa Arab disebut memprediksi virus corona. Istri Opick, Bebi Silvana, termasuk salah satu yang membagikan informasi ini dan belakangan meminta maaf karena keliru dan sudah menimbulkan kehebohan.
Terkait hal tersebut virus corona sendiri sebetulnya sudah diidentifikasi oleh peneliti sejak tahun 1930-an. Menurut buku kedokteran Medical Microbiology edisi ke-18 oleh Joseph S.M. Peiris, virus corona ini awalnya ditemukan pada ayam ternak.

"Virus corona pada manusia (HCoV) pertama kemudian ditemukan di tahun 1960-an," tulis Josep.

Sementara itu dikutip dari halaman Lembaga Koordinasi Gerakan Taman Pendidikan Al-Quran, buku Iqro jilid 1 yang memuat tulisan arab berbunyi "qorona" baru ditulis oleh KH As'ad Humam pada tahun 1990-an. Dengan demikian anggapan penulis Iqro memprediksi virus corona sudah terbantahkan.

Lebih jauh situs media berbahasa Arab seperti Al Jazeera juga tidak menggunakan kata qo, ra, dan na untuk menyerap istilah virus corona. Al Jazeera menggunakan huruf kaf, wau, ra, wau, dan nun.
https://nonton08.com/force-of-nature/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar