Selasa, 17 Desember 2019

Seharian di Kobe, Ini Rekomendasi Wisatanya

Kota Kobe jadi salah satu pilihan destinasi liburan di Jepang. Punya waktu seharian di Kobe, ini rekomendasi wisatanya. Dicatat ya!

Dari Osaka, Kobe bisa ditempuh sekitar 30 menit dengan kereta. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan selama satu hari di sini:

1. Makan kobe beef

Yang ini adalah wajib karena Kobe beef dikenal karena kelembutan dagingnya, bercita rasa tinggi yang berpadu dengan lemaknya. Bisa dinikmati sebagai steak, shabu-shabu atau sukiyaki. Namun cara paling enak menikmati Kobe beef adalah di teppanyaki dimana daging langsung dimasak di depan tamunya.

Kobe Beef bisa dinikmati di banyak restoran terutama di bagian depan Sannomiya Station. Harganya bervariasi mulai dari 3000 yen atau sekitar 300 ribu rupiah.

2. Melihat rumah besar bergaya Eropa di Kitano-cho

Di sinilah kita bisa merasakan suasana Eropa meskipun sedang berada di Jepang. Dengan rumah-rumah besar dan arsitektur bergaya Eropa, tak disangka kita sedang ada di Jepang.

Dikenakan biaya sekitar 550-750 yen untuk bisa masuk ke rumah-rumah yang kini dijadikan museum tersebut. Kawasan ini terletak 10-15 menit jalan kaki dari Sannomiya station.

3. Mengunjungi mesjid tertua Jepang, Mesjid Kobe

Merupakan mesjid tertua di Jepang yang dibangun tahun 1928 dan selesai tahun 1935. Didirikan karena semakin banyaknya muslim yang tinggal di Kobe di tahun 1920-an.

Diarsiteki seorang berkebangsaan Ceko, Jan Josef Svagr, mesjid ini bergaya Turki Ismani dengan satu kubah besar dan 2 menara kembar.

4. Chinatown

Terletak di pusat kota Kobe, dikenal sebagai Nankimachi. Kawasan ini dikenal sebagai lokasi wisata populer sekaligus pusat belanja dan makan. Restoran, kedai makanan menawarkan berbagai macam ramen, roti kukus, juga masakan Cina lainnya. Terletak 5 menit jalan kaki dari Motomachi station.

5. Kobe Motomachi

Merupakan jalan yang menjadi pusat perbelanjaan Kobe. Terdapat department store kelas atas, juga butik fashion Jepang. Terdapat juga tempat makan mulai dari bistro bergaya Perancis hingga ramen atau yakiniku.

Ini Tradisi Menangkap Ikan di Raja Ampat

Balobe, tradisi menangkap ikan yang dilakukan di Raja Ampat ini begitu menarik. Kegiatan ini biasa dilakukan saat bulan gelap.

Jika di Lamalera NTT ada tradisi berburu ikan paus, maka di Teluk Mayalibit Raja Ampat, Papua Barat ada tradisi balobe ikan lema (ikan Kembung). Jadi, bagi wisatawan yang ingin menyaksikan kegiatan Balobe, berkunjunglah ke Kampung Warsambin dan Kampung Lopintol Distrik Teluk Mayalibit.

Selain menyaksikan aktivitas Balobe pada malam hari, kita juga dapat menikmati lezatnya ikan lema bakar ditemani Ubi rebus dan sagu. Pada siang harinya, kita dapat mengeksplorasi spot-spot wisata seputar Teluk Mayalibit, ada Kali Biru dengan airnya berwarna biru, Batu Kelamin, Puncak Indar dengan pemandangannya mirip Piayinemo, dan batu wajah/stone face.

Balobe adalah khazanah kearifan lokal dalam mengelola sumber daya perikanan di perairan Teluk Mayalibit. Kegiatannya sangat unik dan menarik, mudah dan hasilnya sangat memuaskan.

Tradisi ini biasa dilakukan pada saat bulan gelap. Dengan menggunakan peralatan sederhana, perahu yang diterangi lampu petro gas didayung ke tengah perairan yang berada di depan Kampung Lopintol dan Kampung Warsambin.

Cahaya lampu petro gas menarik perhatian segerombolan ikan lema dan ikan jenis lainnya untuk datang mengerumuni sumber cahaya pada bagian depan perahu yang diterangi lampu petro gas. Setelah melihat sudah banyak ikan berkumpul, perahu kemudian didayung secara perlahan menuju ke tepi perairan dangkal, segerombolan ikan lema yang asik bermain di bawah mengikuti cahaya, lalu terjebak di tepi perairan dangkal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar