Sabtu, 21 Desember 2019

Sekilas Tentang Saigon, Tanah yang Dijanjikan dari Vietnam

Di Saigon atau Kota Ho Chi Minh, orang-orang terjebak dalam siklus kehidupan yang serba terburu-buru, semua bergegas, seperti berlari. Saya merasa beruntung mengunjunginya karena kota ini benar-benar berharga.
Ada pengalaman mencintai cara hidup dan cinta orang-orang Saigon. Keterbukaan, kedermawanan bersama mungkin merupakan ciri khas hubungan di antara warga Saigon.

Saigon hampir tidak pernah beristirahat, begitu banyak orang melihatnya sebagai tanah yang dijanjikan. Tapi, hanya mereka yang mengetahui, berupaya, belajar, bekerja dan berjuang yang akan menemukannya.

Masih Banyak Warga Jabodetabek Belum Tahu Kepulauan Seribu

Walau berlokasi dekat dari Jakarta, tapi nyatanya tak banyak wisatawan Jabodetabek yang tahu tentang Kepulauan Seribu. Ini sejumlah faktanya.

Berjarak dekat dari Jakarta tak selalu jadi indikasi kalau turis di ibu kota mengetahui atau pernah wisata ke Kepulauan Seribu di Utara Jakarta. Hal itu pun terungkap lewat survei yang dibuat oleh Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudinparbud) Kepulauan Seribu pada akhir tahun 2018 lalu.

Menggandeng konsultan riset, Sudinparbud Kepulauan Seribu yang digawangi oleh Cucu Ahmad Kurnia buka-bukaan datanya saat dihubungi detikcom, Jumat (27/9/2019).

"Respondennya adalah masyarakat Jabodetabek yang datang ke Kepulauan Seribu sejumlah 100 orang sebagai sampel," ujar Cucu.

Dijelaskan, sekitar 68% responden pernah ke Kepulauan Seribu, tapi masih lebih rendah ketimbang Puncak (94%), Borobudur/Solo/Yogyakarta (87%), Cimahi/Bandung (85%), Carita/Anyer (70%) dan Bali (70%).

Berdasarkan data tersebut, diakui Cucu kalau tingkat kunjungan ke Kepulauan Seribu masih tertinggal apabila dibandingkan daerah wisata lain di dekat Jabodetabek. "Hanya 32% responden mengatakan pernah ke Kepulauan Seribu dalam 12 bulan terakhir."

Cucu pun sadar, bahwa perlu ada perbaikan dan promosi untuk menarik wisatawan datang ke Kepulauan Seribu terlepas dari jaraknya yang dekat.

"Intinya masih perlu banyak perbaikan dari hasil riset itu, tapi saya berbicara di koridor yang bisa saya lakukan saja dan itu dalam waktu yang pendek. Di mana kita bisa memperbanyak wisatawan di waktu yang pendek ini," tutup Cucu.

Berdasarkan data tersebut, tercatat kalau tahun 2017 lalu Kepulauan Seribu didatangi sekitar 800 ribu wisatawan. Sedangkan untuk tahun 2018, jumlah turis mancanegara tercatat 28.963. Jumlahnya terus meningkat tiga tahun terakhir.

Jika ke Yogya Sempatkan ke Sini Ya!

Kesempatan libur di Yogyakarta jangan disia-siakan. Dan setelah menikmati keindahan pantai yang cantik, destinasi ini patut dikunjungi yakni Bukit Nglanggeran. 

Mari kita memanjat bukit, meski  bukit tapi tak kalah cantiknya. Di samping menghilangkan penat tapi juga menyehatkan. 
Gunung Api Purba Nglanggeran berlokasi di Kecamatan Patuk, Gunung Kidul. Tiket masuknya Rp 10 ribu per orang, anak di bawah 10 tahun bebas biaya.

Untuk yang membawa kendaraan pribadi harus membayar parkir Rp 5 ribu untuk mobil. Sedangkan untuk motor biaya parkirnya Rp 2 ribu,murah kan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar