Minggu, 01 Maret 2020

Sisi Tak Tersentuh Islandia

Tiap negara di dunia, rasanya punya tempat yang seolah tersembunyi. Seperti Westfjords, inilah sisi tak tersentuh di Islandia.

Islandia mungkin menjadi destinasi impian para traveler. Ada aurora, perbukitan hijau, lanskap gunung es dan masih banyak beragam destinasi yang mencuri hati. Akan tetapi belum banyak traveler yang tahu nama ini, Westfjords.

Dilansir detikTravel dari BBC Travel, Jumat (8/2/2019) Westfjords merupakan wilayah semenanjung di bagian barat Islandia. Luas wilayahnya mencapai 22 ribu km persegi, yang penduduknya hanya sekitar 7.000 orang.

Terdapat 15 kota di Westfjords, dengan Isafjorour sebagai kota utamanya yang dihuni 2.000 penduduk. Bagi orang-orang Islandia, Westfjords disebut sebagai wilayah terpencil dan tidak tersentuh.

Tak ayal, jarak dari Reykjavík ke Westfjords sekitar 450 km. Jika naik mobil ke sana, hanya bisa dari bulan Mei sampai Oktober alias saat musim panas. Sebab ketika musim dingin, saljunya begitu tebal dan cukup berbahaya.

Sebenarnya ada penerbangan domestik Air Iceland, dari Reykjavík ke Isafjorour. Hanya saja, terbangnya dua kali sehari dan tergantung dengan cuaca.

Ada apa di Westfjords?

Lebih banyak air terjun dibanding penduduknya, begitu kata orang-orang Islandia tentang Westfjords. Bentang alam di sana sungguh indah dan sungguh menawarkan petualangan liar. Terang saja sih, wilayah seluas itu penduduknya cuma sedikit.

Latrabjarg merupakan salah satu tebing paling besar di Eropa. Panjangnya 14 kilometer dengan ketinggian 400-an meter. Di sini, traveler juga bisa bertemu Burung Puffin yang menggemaskan.

Hornbjarg pun menarik dikunjungi. Suatu padang rumput yang konturnya melengkung seperti huruf 'U'. Inilah lokasi trekking yang unik, karena di depannya langsung lautan.

Meski didominasi wilayah tebing-tebing curam yang langsung berhadapan dengan laut, nyatanya ada pantai cantik juga di Westfjords. Namanya Raudisandur, pantai dengan pasir kecokelatan yang luas kawasannya. Bahkan banyak yang mengira, kalau pantai itu bak gurun pasir saja!

Dynjandi disebut sebagai salah satu air terjun tercantik di Islandia. Ditambah tidak ada penghuni di sekitar air terjun ini, benar-benar menghipnosis traveler. Terbawa suasana yang begitu syahdu.

Westfjords menawarkan aktivitas wisata alam yang lengkap. Sebut saja dari trekking, mendaki gunung es, main kano, berburu potret aurora dan masih banyak lagi. Selama bulan Juni sampai Agsutus, traveler yang datang bisa merasakan fenomena 'midnight sun' alias fenomena matahari tidak tenggelam.

Ada banyak operator tur di Islandia yang menjual paket wisata ke Westfjords. Rata-rata durasinya paling sebentar 3 hari.

Asyiknya, penduduk di Westfjords terbuka dengan turis. Mereka bersikap ramah dan dengan senang hati menyapa turis yang datang. Asal tahu saja, penduduk di Westfjords usut punya usut adalah keturunan langsung bangsa Viking. Selama ratusan tahun, mereka tidak pernah pergi merantau dan hanya tinggal di Westfjords.

Westfjords merupakan sisi tak tersentuh Islandia. Mungkin barangkali, kamu berminat suatu hari ke sana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar