Sabtu, 05 September 2020

7 Tahun Jomblo dan Menikmati Kesendirian, Apakah Bisa Bertemu Jodoh?

Tahun ini saya berusia 31 tahun, karena dulu saya sering gonta ganti pacar, akhirnya sejak 7 tahun lalu saya tidak pernah berkomitmen dengan siapa-siapa. Saya hanya menikmati kesendirian dan jalan dengan beberapa pria namun tanpa status apa-apa. Apakah masih ada kemungkinan saya bertemu jodoh?
(Lydia)

Jawab:

Kartu yang terbuka adalah Anchor, Snake, Birds, Clouds dan Letter. Kartu pertama mencerminkan kondisi Anda yang ingin menetap dan "ajeg" dengan keadaan. Sedangkan situasi saat ini memang ada orang-orang dengan mulut pedas dan omongannya menyakitkan. Namun biarkanlah burung-burung berkicau, yang penting Anda sekarang ini jelas dan jernih dengan apa yang Anda mau. Kemudian sampaikan "pesan" tersebut dengan gestur, tingkah laku dan praktek yang sesuai. Jika Lydia benar-benar serius menerapkan hal ini maka tidak akan lama akan mulai terbuka jalannya.

7 Ciri-ciri CV Fresh Graduate yang Tidak Akan Dilirik oleh HRD

Belakangan mencari pekerjaan memang bukan sesuatu yang mudah, terlebih untuk para fresh graduate yang belum punya banyak pengalaman atau kenalan. Meski begitu kamu yang sedang mencari kerja tetap perlu berusaha maksimal. Salah satunya adalah dengan membuat Curriculum Vitae (CV) yang paling tidak menarik untuk dilihat perekrut kerja. Untuk para fresh graduate yang sedang mempersiapkan CV, pelajari beberapa kesalahan yang bikin dokumen kamu tidak dilirik HRD ini.
1. Terlalu Umum
Pandemi Corona memang membuat cari kerja jadi lebih susah. Kamu mungkin sudah membuat beberapa kopian CV untuk ditujukan ke berbagai perusahaan tapi pastikan jangan buat isinya sama atau umum. Meski lowongan yang ditawarkan perusahaan-perusahaan itu hampir sama kamu tetap perlu membuat personalisasi.

Misalnya dengan menuliskan mengapa kamu mau bekerja di perusahaan tersebut dan apa yang kamu tahu mengenai budaya atau produknya. Dengan begitu, perekrut atau HRD lebih tertarik untuk memanggil kamu.

2. Banyak Bumbu-bumbu
Kesalahan umum lain yang sering dibuat fresh graduate dalam CV adalah kalimat yang terlalu berbumbu. Ingin terkesan berkualitas, banyak pelamar malah seperti membual ketika mendeskripsikan diri mereka. Tak jarang pula, para pemula ini menggunakan deskripsi yang ketinggalan zaman sehingga membuat HRD kurang tertarik membaca selengkapnya.

Misalnya saat pelamar mengatakan bahwa mereka pekerja keras atau bermotivasi tinggi. Dari pada itu, coba tonjolkan keunikan kamu, seperti bisa multitasking atau mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan. Kemampuan itu lebih masuk akal untuk dipercaya HRD.

3. Banyak Typo
Jangan sampai Curriculum Vitae (CV) yang kamu berikan banyak salah eja, apalagi terkait hal-hal penting seperti jabatan yang dilamarkan, nama orang, atau perusahaan. Kemampuan menulis sekaligus ketelitian adalah beberapa hal dasar yang banyak dicari perusahaan. Tak heran jika HRD atau calon manajer akan langsung mendiskualifikasi lamaran bahkan jika sebenarnya kamu termasuk pelamar potensial.

4. Format Berantakan
Sebelum menulis CV ada baiknya untuk melihat berbagai referensi terlebih dulu. Apalagi untuk kamu yang masih belum familiar dengan bagaimana contoh CV fresh graduate yang baik dan benar. Jika bisa kamu buatlah Curriculum Vitae dengan format yang singkat, runtut, dan tidak kuno. Belakangan HRD atau perekrut lebih suka dengan CV yang pendek namun memuat semua potensi si pelamar. Tapi pastikan jangan tampak seperti CV 'template' yang ada di internet.

5. 'Celah' yang Tidak Dijelaskan
Beberapa orang mungkin punya 'gap' dalam kariernya karena alasan tertentu. Meski CV seharusnya dibuat singkat, sebaiknya pelamar menjelaskan mengapa ia sempat berhenti kerja untuk waktu yang cukup lama. Jangan sampai perekrut atau HRD menganggapnya sebagai hal yang negatif. Apalagi jika alasan kamu berhenti bekerja apalagi jika karena hal-hal baik, seperti voluntir atau melanjutkan studi.
https://cinemamovie28.com/mali-of-purpose-in-life-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar