Kamis, 03 September 2020

Vitamin Penambah Nafsu Makan untuk Kamu yang Nggak Doyan Makan

Kehilangan nafsu makan bisa berakibat kekurangan gizi karena kurangnya asupan nutrisi. Nafsu makan hilang bisa disebabkan berbagai faktor. Akibat stres, sakit flu dan pilek atau kondisi mental seperti depresi hingga cemas.
Kekurangan vitamin juga bisa menyebabkan nafsu makan hilang. Jika tiba-tiba kamu tidak punya nafsu makan hingga berat badan turun drastis, bisa jadi karena asupan vitamin sangat minim.

Vitamin apa yang bisa menambah nafsu makan? Berdasarkan hasil studi Mayo Clinic, vitamin B12 dan folat merupakan vitamin penambah nafsu makan. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan anemia atau kurangnya sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Dalam sehari, tubuh dengan kondisi normal membutuhkan 2,4 mcg per hari. Sementara ibu hamil 2,6 mcg dan ibu menyusui 2,8 mcg per hari. Vitamin penambah nafsu makan seperti B12 bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan.

Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin penambah nafsu makan dari ikan-ikanan laut dalam seperti sarden, salmon dan tuna. Kebutuhan vitamin B12 juga bisa dipenuhi dengan konsumsi daging sapi, susu sapi, yoghurt, telur dan daging ayam.

Selain vitamin, sejumlah nutrisi atau suplemen lain juga bisa dikonsumsi untuk menambah nafsu makan. Seperti dilansir Health Line, berikut ini nutrisi dan vitamin penambah nafsu makan yang perlu kamu asup setiap hari.

Zinc
Kekurangan zinc bisa membuat indra pengecap dan nafsu makan berubah. Jika nafsu makan hilang dan sudah cukup mengkhawatirkan, cobalah mengonsumsi suplemen zinc atau multivitamin yang mengandung zinc.

Thiamine, Vitamin Penambah Nafsu Makan
Thiamine juga dikenal sebagai vitamin B-1. Kekurangan vitamin ini bisa mengurangi nafsu makan dan menyebabkan penurunan berat badan. Konsumsi suplemen vitamin B-1 penambah nafsu makan jika diperlukan, namun akan lebih aman, jika kamu berkonsultasi dengan dokter. Terutama jika vitamin ini akand diberikan pada anak kecil.

Minyak Ikan
Minyak ikan bisa membantu menambah nafsu makan sekaligus meningkatkan kesehatan pencernaan. Konsumsi minyak ikan juga bisa mengurangi rasa kembung pada perut yang menyebabkan kamu tidak nafsu makan.

Tapi sebelum mengonsumsinya dalam bentuk kapsul atau emulsi, sangat disarankan memeriksa terlebih dahulu apakah kamu ada alergi terhadap ikan.

Demikian serba-serbi tentang vitamin penambah nafsu makan. Begitu pula rekomendasi nutrisi lainnya untuk bantu meningkatkan nafsu makan.

Sakit Autoimun, Bintang Reality Show Cantik Ini Gunduli Rambut

 Bintang reality show Ex On The Beach ZaraLena Jackson memutuskan untuk menggunduli rambutnya. Keputusannya tersebut terpaksa dilakukannya karena saat ini Zaralena berjuang dengan alopecia atau penyakit autoimun yang menyerang folikel rambut.
Alopecia areata menyebabkan kerontokan rambut parah yang membuat kulit kepala mengalami pitak. Hal tersebut yang dialami oleh Zaralena yang rambutnya rontok hanya dalam waktu lima minggu setelah dokter mengatakan bahwa dia memiliki penyakit autoimun.

Zaralena sebelumnya memiliki rambut panjang hingga pinggang. Pada unggahan terbarunya, Minggu (30/8/2020) wanita 28 tahun itu menunjukkan penampilan barunya dengan kepala botak ke 203 ribu followers Instagramnya.

"Botak itu cantik. Jadi, pada Jumat aku memutuskan untuk menggundulinya," tulisnya di keterangan fotonya.

"Rambutku rontok selama lima minggu dan sudah waktunya untuk menghadapinya. Masih belum diketahui penyebab pastinya tapi tampaknya menyerang sistem imunku yang menyerang diriku," tambahnya.

Mengalami alopecia nyatanya sempat membuat Zaralena stres. Meski begitu, dia tidak ingin penyakitnya itu membuatnya jadi terpuruk.

Zara pun menyemangati orang-orang yang juga mengalami kondisi sama seperti dirinya. Ia berpesan bahwa kondisi ini hanyalah ujian. Dengan adanya ujian bisa membuat seseorang bisa lebih menghargai dirinya sendiri.

"Segala sesuatunya masuk ke perspektif saat kamu diuji dengan tantangan seperti ini, tapi ini hanyalah ujian dan aku berharap ini membuatku lebih kuat. Aku berterima kasih masih diberi kesempatan untuk menunjukkan pertarungan yang mentah/nyata bagi siapa saja yang melihat unggahan ini," ungkapnya.
https://kamumovie28.com/parasyte-part-1/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar