Rabu, 23 Desember 2020

3 Titah Jokowi buat M Lutfi yang Ditunjuk Jadi Mendag

 Presiden Joko Widodo telah melantik Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan yang baru. Lutfi menggantikan Agus Suparmanto di pos kepemimpinan Kementerian Perdagangan.

Ditemui usai melakukan serah terima jabatan di Kantor Pusat Kemendag, Jakarta Pusat, Lutfi memaparkan 3 pesan khusus dari Jokowi setelah ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan.


Pesan yang pertama adalah Lutfi diminta menjaga kestabilan harga barang, utamanya menjaga angka inflasi tidak tinggi.


"Jadi waktu dipanggil pak Jokowi, pak Jokowi pesan 3 hal, hal itu adalah menjaga kestabilan harga terutama inflasi," ujar Lutfi di Kantor Pusat Kemendag, Rabu (23/12/2020).


Pesan yang berikutnya adalah Lutfi diminta untuk membantu bisnis para pengusaha UMKM. Dia mengatakan, Jokowi meminta UMKM lebih banyak bisa melakukan ekspor barang.


"Kedua beliau titip pesan bahwa mesti dibantu UMKM, pasar ekspor diperbaiki strukturnya kalau-kalau perlu panggil konsultan dari Balai Latihan Ekspor," kata Lutfi.


Yang terakhir, Lutfi menjelaskan Jokowi meminta agar perdagangan internasional Indonesia bisa merangsek ke pasar-pasar negara non tradisional. Dia diminta lebih banyak menekan perundingan Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).


"Yang ketiga adalah bagaimana kita menembus pasar non tradisional dengan perundingan Comprehensive Economic Partnership Agreement. Tahun ini kita susah tanda tangan beberapa yang penting. Kami juga melihat opportunity-opportunity atau peluang menegosiasikan pasar non tradisional," jelas Lutfi.


Misalnya mendorong perdagangan ke negara-negara Afrika hingga Amerika Selatan. "Seperti negara Afrika dan South America jadi ini bagian utama yang akan dipelajari sesuai keinginan pak Presiden," sebut Lutfi.


Seperti diketahui ini bukan kali pertama Lutfi diangkat menjadi Menteri Perdagangan. Sebelumnya, Lutfi pernah diangkat menjadi Menteri Perdagangan di zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.


Lutfi menjabat sejak 14 Februari hingga 20 Oktober 2014. Dirinya juga sempat menjadi Kepala BKPM selama 4 tahun mulai dari 16 Mei 2005 hingga 22 Oktober 2009.

https://movieon28.com/movies/rambo/


Pertama di Indonesia, OJK dan BI Setujui Kolaborasi BRI-Alipay


 PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mengumumkan telah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia untuk dapat menerima dan memproses transaksi Alipay wallet di Indonesia sebagai acquirer. Bank BRI menjadi bank pertama di Indonesia yang bekerjasama dengan Alipay untuk mengoperasikan metode pembayaran melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Direktur Konsumer BRI Handayani menyampaikan saat ini perseroan terus berupaya meningkatkan ekspansi sistem transaksi nontunai (cashless) di tengah masyarakat melalui metode pembayaran QRIS.


"Salah satu upaya BRI adalah menjalin kerja sama dengan Alipay sebagai penyedia aplikasi atau instrumen pembayaran dari luar negeri sehingga dapat bertransaksi di Indonesia melalui QRIS BRI," ujar Handayani dalam keterangan tertulis, Rabu (23/12/2020).


Kerja sama ini memungkinkan pengguna Alipay yang berkunjung ke Indonesia melakukan transaksi pembayaran menggunakan QRIS di merchant BRI, dan menikmati pengalaman pembayaran digital yang nyaman dan lancar dari ponsel mereka. Dalam kerja sama ini, BRI juga bermitra dengan PT. QFPay Technology Indonesia sebagai penyedia pendukung (system integrator) untuk mengintegrasikan sistem BRI dan Alipay.


Mengutip data Badan Pusat Statistik pertumbuhan wisatawan China ke Indonesia dari tahun 2009 ke tahun 2019 tumbuh signifikan sekitar 450%. Berdasarkan data tersebut, BRI melihat potensi pasar yang besar terkait kerja sama dengan Alipay. Jumlah wisatawan dan pengeluaran per kunjungan yang meningkat dari tahun ke tahun menjadi potensi bisnis besar bagi Fee Based Income (FBI) BRI.


Sebagai langkah awal kerja sama ini, BRI akan fokus pada penetrasi akseptasi Alipay di wilayah kerja BRI se-Indonesia yang banyak dikunjungi oleh turis China, seperti Bali, Batam dan Manado. Di luar area tersebut, BRI akan melakukan roll out akseptasi Alipay di seluruh jaringan merchant Bank BRI yang menggunakan QRIS.


"Peluncuran kerja sama ini masih dalam rangka ulang tahun BRI ke-125, dimana BRI ke depan akan terus berkomitmen untuk mendorong cashless payment society demi kemajuan UMKM dan ekonomi Indonesia," pungkas Handayani.

https://movieon28.com/movies/rambo-iii/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar