Senin, 28 Desember 2020

Apple Car Diprediksi Meluncur Paling Cepat Tahun 2025

 Belum lama ini Reuters melaporkan Apple berencana meluncurkan mobil listrik otonom pada tahun 2024. Tapi menurut analis dari TF International Ming-Chi Kuo, Apple Car kemungkinan paling cepat baru akan meluncur tahun 2025-2027.

Dalam catatan penelitiannya, Kuo mengatakan spesifikasi Apple Car masih belum final. Ia juga menambahkan ada kemungkinan jadwal peluncuran mobil ini akan diundur hingga tahun 2028 atau setelahnya.


"Karena perubahan di pasar EV/self-driving dan standar kualitas Apple yang tinggi, kami tidak akan terkejut jika jadwal peluncuran Apple Car diundur ke 2028 atau setelahnya," kata Kuo, seperti dikutip detikINET dari MacRumors, Senin (28/12/2020).


Kuo mengatakan sejak rumor ini beredar pasar menjadi terlalu optimis dengan jadwal peluncuran Apple Car. Ia pun mengimbau investor untuk tidak membeli saham terkait Apple Car untuk saat ini.


Kuo tidak meragukan bisnis mobil Apple akan sukses, tapi ia tidak yakin akan sekompetitif apa produsen iPhone ini di pasar mobil listrik/otonom karena sudah tertinggal cukup jauh di bidang deep learning atau kecerdasan buatan.


"Jika Apple Car ingin sukses di masa depan, faktor sukses kuncinya adalah big data/AI, bukan hardware," kata Kuo.


"Salah satu kekhawatiran terbesar kami tentang Apple Car adalah ketika Apple Car diluncurkan, merek mobil otonom saat ini sudah mengumpulkan setidaknya big data selama lima tahun dan kondusif untuk deep learning/AI. Bagaimana Apple, pendatang terlambat, mengatasi kesenjangan ini," sambungnya.


Seperti diberitakan sebelumnya, Reuters melaporkan mobil otonom Apple akan menggunakan desain baterai 'monocell' yang lebih irit tempat dan bisa meningkatkan jarak tempuh kendaraan dalam sekali pengisian.


CEO Tesla Elon Musk baru-baru ini juga merespon rumor Apple Car di Twitter. Ia mengklaim bahwa teknologi baterai monocell merupakan sesuatu yang secara elektrokimia tidak mungkin.


Musk juga mengungkap bahwa saat produksi Model 3 sedang terpuruk, ia sempat ingin menjual Tesla ke Apple. Tapi CEO Apple Tim Cook menolak bertemu untuk membahas hal tersebut.

https://movieon28.com/movies/betty-blue/


HarmonyOS 2.0 Beta dari Huawei Ternyata Masih Berbasis Android


Huawei merilis HarmonyOS 2.0 beta pada awal Desember lalu, dan ternyata OS ini masih berbasis pada Android.

Hal ini diketahui dari seorang developer yang mencoba untuk meneliti sistem operasi ini lebih dalam. Ternyata, dari percobaannya itu, Harmony OS (setidaknya di versi 2.0 beta), masih 'sangat Android'.


Pertama-tama ia mencoba membuat aplikasi sederhana, yaitu 'Hello World', yang sebenarnya ditujukan untuk Android 4.4 KitKat. Saat aplikasi tersebut dijalankan di HarmonyOS 2.0 beta, aplikasinya memicu pesan yang serupa pada kedua platform tersebut.


Perbedaan antara keduanya adalah tulisan Android-nya diubah menjadi HarmonyOS, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Senin (28/12/2020).


Ia pun kemudian membuat system partition, dan dari situ ia menemukan fakta yang mendukung teorinya. Yaitu HarmonyOS, setidaknya pada versi yang saat ini, berbasis pada framework Android.


Huawei sendiri sebelumnya pernah menyebut kalau Android Open Source Project (AOSP) memang akan menjadi batu loncatan bagi HarmonyOS. Jadi HarmonyOS versi 2.0 beta ini memang mungkin masih berbasis Android.


Namun mungkin ke depannya, HarmonyOS akan diubah menggunakan framework buatan Huawei sendiri.


Sebelumnya diberitakan, HarmonyOS akan tersedia untuk semua ponsel Huawei mulai tahun depan. Saat ini, para developer pengguna seri Huawei P40 atau Mate 30 dapat mendaftar untuk berpartisipasi dalam pengujian.


Beberapa developer yang sudah menjajalnya lewat akses ke emulator telah memposting sejumlah screenshot dari aplikasi yang berjalan di Harmony OS 2.0 di halaman Huawei Developer Community.


Sekilas, seperti dilihat dari contoh screenshot yang diposting, Harmony OS tampak sangat mirip dengan EMUI 11 berbasis Android di Huawei P40. Berdasarkan dokumen developer, aplikasi ini diberi kode di Java dan tata letaknya ditentukan dalam file XML, mirip dengan Android.

https://movieon28.com/movies/the-tit-and-the-moon/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar