Kamis, 24 Desember 2020

Harapan Asosiasi Profesi Kesehatan untuk Menkes-Wamenkes yang Baru

 Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari Rabu (23/12/2020), resmi melantik Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono. Keduanya menggantikan Terawan Agus Putranto sebagai pemegang komando kebijakan bidang kesehatan di Indonesia.

Penunjukan Budi Gunadi Sadikin sempat menuai kontroversi karena dinilai tidak memiliki latar belakang profesi kesehatan. Namun, beberapa organisasi profesi kesehatan tetap menempatkan harapan pada Menteri Budi, yang merupakan lulusan fisika nuklir, dengan pengalamannya yang baru.


"Selalu ada harapan terobosan untuk Menkes yang baru, walaupun bukan dari kalangan medis," kata drg Ahmad Syaukani, SpOrt, dari Perhimpunan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan ketua cabang Jakarta Pusat.


"Harapannya kerja sama dapat dijalin baik dengan stake holders yang merupakan kunci penting untuk pembangunan kesehatan di Indonesia, terutama menghadapi pandemi COVID-19 ini," lanjutnya saat dihubungi detikcom pada Rabu (23/12/2020).


Sementara itu Dr Masdalina Pane, MSc, dari Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) berharap ada solusi terhadap masalah birokrasi di sistem kesehatan saat ini. Menkes Budi diharap dapat berani melawan mafia kesehatan.


"Yang mampu membuat terobosan dan berani melawan mafia industri kesehatan, ini susah," kata Dr Pane saat dihubungi secara terpisah.


Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) juga memberikan komentar lewat Wakil Ketua Keri L. Dandan. Duet Menkes Budi dan Wamenkes Dante diharap bisa mengatasi masalah kesehatan dari sisi hal yang mendasar (substansi) serta hal strategius (manajerial).


"Titip aja bisa mengakomodir semua elemen yang terlibat dalam sistem kesehatan nasional, terutama kalau dari saya mah apoteker. Peran apoteker dalam sistem kesehatan nasional," pungkasnya.

https://nonton08.com/movies/anak-perjanjian-syaitan/


Dante Saksono Diangkat Wamenkes, Budi Gunadi Sadikin Saja Tak Cukup?


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk ahli molekuler diabetes, Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan, dilantik pagi ini, Rabu (23/12/2020). Ahli menilai posisi ini memang diperlukan.

Seperti diketahui, Budi Gunadi Sadikin bisa dibilang merupakan Menteri Kesehatan pertama di Indonesia yang tidak memiliki latar belakang medis. Ia bukan dokter melainkan lulusan fisika nuklir yang berkarier di perbankan.


"Nah di situ perlunya ada pendamping yang memahami bahwa health care memang bukan komunitas dagangan seperti halnya layanan hotel, pariwisata, atau layanan jamu, ini berbeda," beber Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Prof Hasbullah Thabrany saat dihubungi detikcom Rabu (23/12/2020).


Soal Menkes yang bukan dokter, Prof Has menyebut tidak ada masalah. Urusan Menkes bukan cuma suntik-menyuntik, tetapi lebih bersifat manajerial sehingga tidak harus dijabat oleh seorang dokter.


Harapan yang sama juga datang dari Kabid Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia Dr Masdalina Pane, MSi. Ia berharap adanya Wamenkes bisa ikut membantu memperbaiki birokrasi di sistem kesehatan yang selama ini dinilai terlalu rumit.


"Yang mampu membuat terobosan dan berani melawan mafia industri kesehatan, ini susah," kata Dr Pane saat dihubungi secara terpisah.


Namun, di sisi lain Prof Hasbullah berharap masih ada staf khusus dan dirjen yang bisa memberikan masukan-masukan. Hal ini diharapkan agar setiap keputusan bisa berjalan dengan baik.


"Tapi pada umumnya spesialis tidak dididik untuk memahami kebijakan publik, oleh karena itu masih diharapkan ada tim di bawahnya entah itu staf khusus, atau para staf ahlinya atau para dirjen yang bisa memberikan masukan-masukan yang konsisten," pungkasnya.

https://nonton08.com/movies/the-tuxedo/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar